Seiring dengan kemajuan teknologi dan transformasi digital yang kian masif, dunia pemasaran pun turut berevolusi. Dulu, bisnis umumnya mengandalkan metode pemasaran seperti iklan di koran, radio, dan televisi. Namun, dengan semakin meluasnya jaringan internet, metode pemasaran digital seperti internet marketing dan digital merketing pun semakin lazim digunakan.
Istilah internet marketing dan digital marketing memang sering digunakan secara berdampingan. Bahkan tidak sedikit yang menganggapnya sama. Padahal, ada perbedaan yang mendasar antara keduanya. Namun sebelum membahas itu semua, yuk cari tahu dulu tentang apa itu internet marketing.
Apa itu Internet Marketing?
Internet marketing adalah suatu pendekatan strategis dalam dunia pemasaran yang berfokus pada penggunaan internet sebagai media utama untuk berkomunikasi dengan target pasar.
Pendekatan internet marketing mencakup berbagai aspek, mulai dari website bisnis, mesin pencari, email, hingga media sosial. Teknik seperti search engine optimization (SEO), social media ads, pay per click (PPC), hingga pemasaran konten juga lazim digunakan dalam internet marketing.
Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing
Dalam dunia pemasaran, istilah-istilah seperti digital marketing dan internet marketing sering digunakan secara bergantian. Namun, penting untuk memahami perbedaan antara keduanya agar dapat memilih pendekatan yang tepat untuk strategi pemasaran Anda. Untuk itu, berikut perbedaan antara digital marketing dan internet marketing.
1. Internet Marketing
Istilah internet marketing sebenarnya lebih bersifat spesifik dan terfokus pada pemasaran yang dilakukan melalui platform-platform internet. Ini melibatkan semua upaya pemasaran yang terkait dengan internet dan hanya dapat dijalankan ketika Anda terhubung dengan jaringan internet.
Internet marketing mencakup berbagai macam taktik. Beberapa contoh internet marketing yang lazim digunakan diantaranya adalah website, media sosial, search engine optimization (SEO), dan search engine marketing (SEM).
Kelebihan utama internet marketing bisa dilihat dari kemampuannya dalam mencapai target audiens yang aktif di dunia digital. Hal ini dapat mempermudah pemasaran bisnis dalam menjangkau pelanggan potensial dengan mengikuti perilaku online mereka dan membuat konten yang relevan.
2. Digital Marketing
Sementara internet marketing fokus pada platform internet, digital marketing memiliki cakupan yang lebih luas. Digital marketing mencakup seluruh aspek pemasaran yang dilakukan menggunakan perangkat digital. Jadi, digital marketing tidak terbatas pada internet saja. Sebut saja seperti televisi digital, radio digital, papan iklan elektronik, email marketing, dan berbagai bentuk iklan digital lainnya.
Digital marketing menggabungkan berbagai media dan platform digital untuk mencapai audiens di berbagai saluran. Dengan cara ini, Anda bisa berinteraksi dengan konsumen di berbagai platform dan menciptakan pengalaman pemasaran yang lebih holistik.
Agar lebih jelas, berikut tabel perbedaan antara internet marketing dan digital marketing:
Aspek | Internet Marketing | Digital Marketing |
Koneksi Internet | Memerlukan koneksi internet | Tidak selalu memerlukan koneksi internet |
Jangkauan Konsumen | Jangkauan cenderung lebih terbatas pada platform internet seperti website dan media sosial. | Memiliki potensi jangkauan yang lebih luas, termasuk platform-platform digital di luar internet seperti televisi digital dan radio digital. |
Media Pemasaran | Lebih terfokus pada platform-platform internet seperti website, media sosial, dan SEO. | Melibatkan berbagai media digital termasuk platform-platform non-internet seperti iklan TV digital, radio digital, dll. |
Fokus Pemasaran | Lebih berfokus pada promosi produk atau brand kepada konsumen. | Memperhatikan aspek membangun hubungan pelanggan dan kesadaran merek selain promosi. |
Manfaat Internet Marketing untuk Bisnis
Agar tetap kompetitif, pemanfaatan teknologi menjadi salah satu kunci bagi pemilik bisnis. Dalam hal ini, internet marketing mampu membuka peluang baru dengan menawarkan manfaat yang signifikan, baik bagi pelaku bisnis maupun konsumen.
Dari sisi konsumen, mereka bisa berbelanja kapan saja tanpa terkendala waktu dan jarak dan bertransaksi lebih cepat. Bagi pelaku bisnis, Anda berpeluang lebih besar untuk meningkatkan penjualan.
Sebagai pelaku bisnis, Anda juga bisa menghemat biaya marketing dengan memanfaatkan platform digital secara efisien. Bisnis pun dapat tumbuh lebih cepat, menjangkau pasar yang lebih luas, dan mengoptimalkan pendapatan dengan biaya yang lebih terkontrol.