Flash sale bukan lagi menjadi sebuah ide baru. Gagasan ini bahkan seakan sudah menjadi rutinitas di beberapa platform marketplace. Bagi konsumen, flash sale jelas menguntungkan. Namun, bagaimana dengan perusahaan?
Meniru sebuah strategi tanpa memahaminya jelas sangat berisiko. Jadi sebelum menerapkan flash sale, ada baiknya Anda mengenal apa itu flash sale terlebih dahulu.
Apa itu Flash Sale?
Bisa dibilang flash sale adalah salah satu strategi marketing yang sangat populer di dunia bisnis. Ide strategi ini adalah menjual produk atau layanan dengan harga potongan yang sangat besar dalam jangka waktu yang terbatas.
Dalam periode singkat tersebut, konsumen memiliki kesempatan untuk membeli barang dengan diskon besar-besaran. Biasanya, flash sale ini berlangsung hanya dalam hitungan jam atau bahkan menit.
Bagaimana Flash Sale Bisa Memengaruhi Konsumen?
Flash sale punya dampak kuat terhadap perilaku konsumen. Beberapa hal yang menjadikan flash sale begitu efektif dalam memengaruhi konsumen di antaranya adalah:
1. Sense of urgency
Waktu yang terbatas menciptakan kesan mendesak. Konsumen pun merasa harus segera mengambil keputusan agar tidak melewatkan kesempatan mendapatkan produk dengan harga yang murah.
2. Perasaan eksklusif
Konsep flash sale memberi kesan eksklusif kepada orang yang berhasil mendapatkan barang yang dijual dengan cara ini. Hanya mereka yang mengetahui informasi dan siap mengambil tindakan dengan cepat sajalah yang bisa menikmati penawaran yang dikemas dalam konsep flash sale.
3. Stimulasi impulsif
Diskon besar dan waktu terbatas dapat merangsang pembelian impulsif. Bahkan meski belum membutuhkan barangnya, konsumen akan tergoda untuk memanfaatkan kesempatan ini tanpa pertimbangan yang lebih mendalam.
Kelebihan Flash Sale
Mengadakan flash sale bisa memberi beberapa manfaat bagi bisnis. Berikut beberapa kelebihannya:
1. Meningkatkan penjualan
Flash sale dapat meningkatkan volume penjualan secara signifikan. Konsumen cenderung lebih banyak membeli ketika ada diskon besar dalam jangka waktu terbatas.
2. Menarik perhatian
Strategi flash sale mampu menarik perhatian dari calon konsumen. Tentu saja, hal ini membantu meningkatkan visibilitas merek Anda.
3. Membersihkan stok
Stok yang menumpuk karena sulit laku bisa membuat cash flow terganggu. Jika Anda memiliki produk yang menumpuk di gudang, flash sale bisa menjadi cara cepat untuk menjual stok tersebut.
Kerugian Flash Sale
Meski flash sale punya banyak manfaat, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa kerugian yang mungkin saja timbul. Berikut beberapa di antaranya:
1. Mengurangi profit margin
Diskon besar-besaran pada flash sale bisa menyebabkan Anda menjual produk di bawah harga pokok. Dengan kata lain, margin keuntungan jelas akan berkurang.
2. Menurunkan nilai sebuah merek
Jika flash sale terlalu sering dilakukan, konsumen dapat mengasosiasikan merek Anda dengan harga murah. Akibatnya, mereka tidak mau membayar harga penuh di lain waktu.
Tips Flash Sale agar tidak Rugi
Untuk memaksimalkan manfaat flash sale dan menghindari kerugian yang tidak diinginkan, Anda perlu cermat dalam mengatur strategi. Berikut tips yang bisa Anda pertimbangkan:
1. Rencanakan dengan matang
Siapkan strategi flash sale secara teliti. Tentukan produk apa yang akan ditawarkan, harga diskon yang tepat, hingga durasi flash sale.
2. Beri informasi yang jelas
Pastikan konsumen tahu flash sale Anda dengan jelas. Anda bisa menggunakan berbagai saluran komunikasi untuk melakukannya, seperti email, media sosial, atau situs web.
3. Batasi jumlah produk yang dapat dibeli
Hindari pembelian dalam jumlah besar dengan membatasi jumlah produk yang bisa dibeli oleh satu konsumen. Dengan membeli batasan, Anda juga bisa mengurangi penyusutan margin keuntungan yang timbul sebagai efek samping flash sale.
4. Hitung laba rugi dengan cermat
Pertimbangkan bagaimana flash sale akan mempengaruhi margin keuntungan Anda. Selain itu pastikan Anda tetap mendapatkan keuntungan yang layak.
5. Pantau persediaan
Pastikan Anda memiliki persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan selama flash sale. Meski demikian, Anda juga harus memastikan bahwa setelah flash sale selesai stok yang tersisa tidak terlalu banyak.
Flash sale adalah strategi. Agar strategi ini memberi hasil sesuai ekspektasi, eksekusinya juga harus penuh perhitungan dan maksimal.