5 Hal Penting sebelum Menerapkan Strategi Pemasaran Produk

Tujuan dari bisnis adalah memperoleh keuntungan sebanyak mungkin. Keuntungan tersebut diperoleh dari produk barang atau jasa yang diadakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produk tersebut tentunya harus dikenal terlebih dahulu oleh target pelanggan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menentukan strategi pemasaran produk yang akan diterapkan untuk menyokong bisnis Anda. Pertanyaannya adalah apakah Anda sudah menerapkan strategi pemasaran produk yang maksimal? Penting untuk mengetahui dasar strategi pemasaran produk.

Strategi pemasaran produk sangat penting karena bisa membantu Anda memiliki produk yang tepat sasaran di pasar. Inilah yang bisa mendongkrak daya saing produk Anda dengan kompetitor lainnya. Untuk melakukan pemasaran produk yang baik, berikut strategi yang bisa Anda terapkan:

  1. Media Sosial

Setidaknya ada tiga fungsi media sosial yang bisa Anda manfaatkan sebagai media promosi. Pertama adalah media sosial sebagai sumber informasi soal bisnis, lalu media sosial sebagai etalase produk, dan terakhir media sosial untuk saluran komunikasi Anda sebagai pemilik bisnis dengan konsumen.

  1. Blog dan SEO

Strategi pemasaran selanjutnya adalah melalui tulisan blog dan SEO. Ini penting untuk mendapatkan konsumen yang datang dari mesin pencari. Dengan blog dan SEO, Anda bisa secara “halus” mendidik calon konsumen melalui informasi-informasi yang berguna untuk mereka.

  1. Influencer atau Key Opinion Leader (KOL)

Cari influencer atau Key Opinion Leader (KOL) mana yang kira-kira cocok dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda juga bisa mengurut influencer atau KOL apa yang cocok dengan kebutuhan promosi produk. Ada beberapa jenis influencer atau KOL mikro atau makro, brand ambassador, dan evangelist/brand advocate.

  1. Program Afiliasi

Cara ini adalah sebuah program yang memungkinkan konsumen mempromosikan produk Anda ke target-target konsumen potensial. Model ini sedang meningkat pesat di Indonesia. Sebagai partner program, konsumen akan mendapatkan komisi yang menarik.

Karena strategi pemasaran produk sangatlah penting, untuk melakukannya tidak boleh sembarangan. Ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan supaya strategi yang diterapkan bisa berhasil sehingga produk atau jasa yang ditawarkan laris di pasaran.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menyusun strategi pemasaran yang baik. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Menyiapkan Budget Pemasaran

Anda harus membuat budget atau anggaran khusus untuk pemasaran produk. Sekilas promosi di media sosial sangat terjangkau, bahkan bisa saja Anda membuat website secara cuma-cuma.

Akan tetapi, apabila Anda terlalu menekan budget yang terjadi bisa saja pemasaran yang Anda lakukan stagnan. Oleh karena itu, dibutuhkan anggaran khusus supaya strategi pemasaran yang dilakukan membuahkan hasil maksimal.

  1. Mengenali Target Audience/Konsumen

Anda perlu mengenali konsumen Anda secara detail karena merekalah yang menjadi sasaran penjualan produk atau jasa Anda. Untuk mengenal lebih jauh, lakukanlah survey misalnya terkait layanan apa yang mereka butuhkan, apa metode pembayaran yang disukai, dan lain sebagainya.

  1. Memilih Channel yang Tepat

Iklan bisa dilakukan di media apa pun. Akan tetapi, tidak semua channel akan memiliki hasil maksimal yang merata. Oleh karena itu, Anda lebih baik hanya memilih channel pemasaran tertentu yang mudah dijangkau oleh konsumen potensial.

  1. Mengetahui Kekuatan Kompetitor

Penting untuk mengetahui seberapa jauh kekuatan dan kelemahan kompetitor di pasar. Dengan demikian, Anda bisa fokus untuk membuat produk yang benar-benar cocok untuk konsumen. Dan jika produk atau layanan Anda memiliki faktor pembeda atau ciri khas, konsumen akan lebih mudah mengenali produk Anda.

  1. Target/Tujuan Pemasaran yang Realistis

Prinsip marketing SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant, dan Time-bound) harus terpenuhi saat Anda mengeksekusi program pemasaran. Dengan mempunyai target yang terukur dan realistis, strategi marketing yang Anda miliki akan menjadi lebih terarah.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, pemasaran produk menjadi hal penting yang dapat menentukan keberlangsungan sebuah bisnis startup. Selain itu, era digital pun memberikan banyak pilihan bagi sebuah bisnis dalam menjalankan strategi pemasaran produknya.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

 Strategi Jitu Scale Up Bisnis Startup Anda

Setiap pelaku bisnis tentu ingin bisnisnya berkembang. Sayangnya, tidak semua hanya beberapa yang tahu kapan waktu yang tepat untuk membawa bisnis naik kelas atau scale

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: