Apa Itu Telemarketing? Kenali Lebih Jauh di Sini!

telemarketing

Saat ini, pemasaran melalui digital marketing semakin marak digunakan. Namun, di sisi lain, masih banyak pula perusahaan yang masih menggunakan metode pemasaran konvensional seperti telemarketing. Selain efektif, strategi pemasaran ini juga dianggap berperan dalam menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan potensial.  

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai apa itu telemarketing, tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan, hingga berbagai keterampilan yang perlu dikuasi jika ingin menjadi seorang telemarketing profesional. Mari simak! 

Apa Itu Telemarketing? 

Telemarketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan sarana telekomunikasi untuk menghubungi calon pelanggan dengan tujuan mempromosikan produk, layanan, atau memberikan penawaran khusus. 

Di beberapa perusahaan, penerapan strategi telemarketing dapat berbeda-beda, mulai dari pendekatan yang sangat persuasif hingga lebih mendalam yang berorientasi pada pemberian informasi.  

Terlepas dari itu semuanya, tujuan utama dari strategi telemarketing ini adalah untuk menciptakan komunikasi langsung dengan pelanggan agar bisa meningkatkan minat serta tindakan positif terhadap produk maupun layanan yang ditawarkan. 

Tugas dan Tanggung Jawab Telemarketer 

Tugas utama seorang telemarketer adalah melakukan promosi dan penawaran menarik kepada pelanggan tetap maupun calon pelanggan. Di samping itu, seorang telemarketer juga bertanggung jawab dalam melakukan sejumlah pekerjaan seperti: 

1. Menjalin hubungan dengan pelanggan 

Seorang telemarketer bertanggung jawab dalam menjalin hubungan baik dengan para pelanggannya. Ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta mengurangi risiko terjadinya churn rate (pelanggan yang meninggalkan produk atau layanan). 

2. Menyelesaikan keluhan pelanggan 

Selanjutnya, telemarketer juga bertanggung jawab dalam menyelesaikan berbagai bentuk keluhan yang mungkin muncul saat proses penjualan maupun setelah proses pembelian.  

Jika seorang telemarketer mampu menyelesaikan berbagai keluhan ini, maka nantinya akan berdampak pada peningkatan pelayanan serta menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya. 

3. Memberikan penjelasan tentang produk 

Pekerjaan telemarketer yang tidak kalah penting adalah harus mampu memberikan penjelasan tentang produk atau layanan dengan baik. Penjelasan yang diberikan tidak hanya lengkap tapi juga harus jelas, simpel, dan menarik, agar pelanggan berminat untuk menggunakan produk atau layanannya. 

4. Melakukan penjualan 

Bisa dibilang ini merupakan tugas pokok dari seorang telemarketing, yaitu melakukan penjualan produk maupun layanan. Tidak heran jika seorang telemarketer harus siap memenuhi target yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. 

5. Membuat database pelanggan 

Telemarketer juga bertanggung jawab dalam membuat database pelanggan. Database ini akan memuat informasi mengenai detail pelanggan, reaksi pelanggan, dan langkah-langkah yang mungkin diambil oleh pelanggan. Database pelanggan ini akan dijadikan sebagai bahan analisis dan evaluasi perusahaan guna meningkatkan strategi pemasaran. 

Keterampilan yang Harus Dimiliki Telemarketer 

Untuk menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawab seperti yang sudah disebutkan di atas, seorang telemarketer dituntut memiliki sejumlah keterampilan guna membantunya dalam berinteraksi langsung dengan pelanggan. Keterampilan-keterampilan itu meliputi: 

1. Komunikasi yang baik 

Pekerjaan telemarketing mengharuskan berbicara sopan, jelas, dan percaya diri. Pasalnya, telemarketer harus mampu menyampaikan informasi dengan baik agar mudah dipahami oleh pelanggan. 

2. Kemampuan mendengarkan 

Keterampilan lain yang dibutuhkan telemarketing adalah memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Ya, seorang telemarketer harus dapat menjadi pendengar yang aktif agar dapat membantu memahami kebutuhan dan preferensi calon pelanggan. 

3. Problem solving 

Dalam beberapa kasus, pelanggan mungkin memiliki keluhan berbagai terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, telemarketer dituntut memiliki keterampilan problem solving untuk memberikan solusi yang memuaskan. 

4. Pengetahuan terhadap produk dan layanan 

Pekerjaan telemarketing menuntut pekerjanya untuk memiliki pemahaman yang mendalam mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Sebab, hal tersebut akan membantu telemarketer dalam memberikan informasi yang akurat dan relevan kepada calon pelanggan. 

Itulah sejumlah keterampilan yang harus dikuasai oleh telemarketer. Apakah perusahaan Anda berminat untuk membuka posisi telemarketing? 

Share

Related Article

brd

Apa Saja Konten dari Business Requirement Document?

Keberhasilan suatu proyek sangat bergantung pada perencanaan dan pemahaman tentang apa yang ingin dicapai. Untuk alasan inilah, business requirement document atau BRD dibutuhkan.  Business Requirement

value stream mapping

Fungsi Value Stream Mapping dalam Manajemen Produksi

Efisiensi produksi tidak mungkin bisa dicapai tanpa mengetahui di mana titik permasalahan dan pemborosan itu terjadi. Untuk mengidentifikasinya, Anda membutuhkan alat yang tepat. Inilah saat

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: