Saat ini, pemasaran melalui digital marketing semakin marak digunakan. Namun, di sisi lain, masih banyak pula perusahaan yang masih menggunakan metode pemasaran konvensional seperti telemarketing. Selain efektif, strategi pemasaran ini juga dianggap berperan dalam menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan potensial.
Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai apa itu telemarketing, tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan, hingga berbagai keterampilan yang perlu dikuasi jika ingin menjadi seorang telemarketing profesional. Mari simak!
Apa Itu Telemarketing?
Telemarketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan sarana telekomunikasi untuk menghubungi calon pelanggan dengan tujuan mempromosikan produk, layanan, atau memberikan penawaran khusus.
Di beberapa perusahaan, penerapan strategi telemarketing dapat berbeda-beda, mulai dari pendekatan yang sangat persuasif hingga lebih mendalam yang berorientasi pada pemberian informasi.
Terlepas dari itu semuanya, tujuan utama dari strategi telemarketing ini adalah untuk menciptakan komunikasi langsung dengan pelanggan agar bisa meningkatkan minat serta tindakan positif terhadap produk maupun layanan yang ditawarkan.
Tugas dan Tanggung Jawab Telemarketer
Tugas utama seorang telemarketer adalah melakukan promosi dan penawaran menarik kepada pelanggan tetap maupun calon pelanggan. Di samping itu, seorang telemarketer juga bertanggung jawab dalam melakukan sejumlah pekerjaan seperti:
1. Menjalin hubungan dengan pelanggan
Seorang telemarketer bertanggung jawab dalam menjalin hubungan baik dengan para pelanggannya. Ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta mengurangi risiko terjadinya churn rate (pelanggan yang meninggalkan produk atau layanan).
2. Menyelesaikan keluhan pelanggan
Selanjutnya, telemarketer juga bertanggung jawab dalam menyelesaikan berbagai bentuk keluhan yang mungkin muncul saat proses penjualan maupun setelah proses pembelian.
Jika seorang telemarketer mampu menyelesaikan berbagai keluhan ini, maka nantinya akan berdampak pada peningkatan pelayanan serta menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya.
3. Memberikan penjelasan tentang produk
Pekerjaan telemarketer yang tidak kalah penting adalah harus mampu memberikan penjelasan tentang produk atau layanan dengan baik. Penjelasan yang diberikan tidak hanya lengkap tapi juga harus jelas, simpel, dan menarik, agar pelanggan berminat untuk menggunakan produk atau layanannya.
4. Melakukan penjualan
Bisa dibilang ini merupakan tugas pokok dari seorang telemarketing, yaitu melakukan penjualan produk maupun layanan. Tidak heran jika seorang telemarketer harus siap memenuhi target yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
5. Membuat database pelanggan
Telemarketer juga bertanggung jawab dalam membuat database pelanggan. Database ini akan memuat informasi mengenai detail pelanggan, reaksi pelanggan, dan langkah-langkah yang mungkin diambil oleh pelanggan. Database pelanggan ini akan dijadikan sebagai bahan analisis dan evaluasi perusahaan guna meningkatkan strategi pemasaran.
Keterampilan yang Harus Dimiliki Telemarketer
Untuk menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawab seperti yang sudah disebutkan di atas, seorang telemarketer dituntut memiliki sejumlah keterampilan guna membantunya dalam berinteraksi langsung dengan pelanggan. Keterampilan-keterampilan itu meliputi:
1. Komunikasi yang baik
Pekerjaan telemarketing mengharuskan berbicara sopan, jelas, dan percaya diri. Pasalnya, telemarketer harus mampu menyampaikan informasi dengan baik agar mudah dipahami oleh pelanggan.
2. Kemampuan mendengarkan
Keterampilan lain yang dibutuhkan telemarketing adalah memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Ya, seorang telemarketer harus dapat menjadi pendengar yang aktif agar dapat membantu memahami kebutuhan dan preferensi calon pelanggan.
3. Problem solving
Dalam beberapa kasus, pelanggan mungkin memiliki keluhan berbagai terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, telemarketer dituntut memiliki keterampilan problem solving untuk memberikan solusi yang memuaskan.
4. Pengetahuan terhadap produk dan layanan
Pekerjaan telemarketing menuntut pekerjanya untuk memiliki pemahaman yang mendalam mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Sebab, hal tersebut akan membantu telemarketer dalam memberikan informasi yang akurat dan relevan kepada calon pelanggan.
Itulah sejumlah keterampilan yang harus dikuasai oleh telemarketer. Apakah perusahaan Anda berminat untuk membuka posisi telemarketing?