Bawa Startup Anda #GoTheExtraMiles Bersama Startup Studio Indonesia

Bawa Startup Anda #GoTheExtraMiles Bersama Startup Studio Indonesia

Pemerintah melalui Kementerian Kominfo terus berupaya memfasilitasi startup digital supaya berkembang. Kominfo membuat Startup Studio Indonesia (SSI) yang salah satu tujuannya agar perusahaan-perusahaan rintisan early-stage dapat scale up di masa depan, yang ditandai dengan bertambahnya jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan dari venture capital.

Bukan hanya soal mencari modal supaya mempercepat skala bisnis, Startup Studio Indonesia setidaknya memiliki fokus yaitu akselerasi produk dan tim, validasi strategi fundraising, validasi strategi produk, dukungan pengembangan teknologi, dan menajamkan kemampuan bisnis demi mendukung ekonomi digital Indonesia

Ini merupakan angin segar untuk dunia startup lokal di tengah gempuran perusahaan rintisan asing yang tengah berkembang di Indonesia. Terkadang, startup lokal sudah layu sebelum berkembang karena minimnya pendanaan maupun produk yang tidak dibutuhkan oleh pasar.

Startup Studio Indonesia kini pun hadir untuk menjadi jawaban terhadap sulitnya meraih sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis. Selain itu, SSI juga ingin memberikan wadah bagi startup yang telah di titik product market fit serta memiliki sosok pendiri potensial.

Salah satu hal yang menarik dari Startup Studio Indonesia adalah “more brainstorming, less classes”, yang berarti para peserta akan memiliki porsi lebih banyak dalam diskusi berbobot dengan para mentor ketimbang duduk di kelas. Selain soal mentoring, Kominfo juga menjanjikan pengembangan usaha dan menyiapkan talenta digital yang menjanjikan.

Startup Studio Indonesia (SSI): Akselerasi Pertumbuhan Startup di Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Startup Studio Indonesia digagas untuk mengakselerasi pertumbuhan startup Indonesia. Ini sejalan dengan mandat Presiden Joko Widodo yang ingin memprioritaskan transformasi digital.

Di masa tengah masa pandemi COVID-19, adanya startup seolah menjadi oase di gurun pasir karena berhasil memberikan solusi untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, meskipun sedang dilakukan pembatasan fisik besar-besaran.

Visi dari Startup Studio Indonesia sudah jelas yaitu untuk membuat ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya.  Para founder startup ini akan diberikan kemudahan akses terhadap sumber daya potensial supaya mudah dalam berinovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia.

Kemudian, Startup Studio Indonesia memiliki misi memfasilitasi akselerasi dari startup berkualitas dengan menyediakan sumber daya dan jejaring untuk mengembangkan skala usahanya.

Program SSI

SSI memiliki dua program intensif untuk startup lokal yaitu Founder’s Camp dan 1-on-1 Coaching. Program ini memiliki fokus pengembangan strategi produk, teknologi, tim, business skill, supaya memiliki produk yang pas dan dibutuhkan pasar.

Founder’s Camp adalah rangkaian brainstorming dengan para pelaku dan ahli industri, guna berdiskusi soal ilmu praktis yang perlu dimiliki para founder untuk mengembangkan skala usahanya.

Kemudian 1-on-1 Coaching merupakan sesi privat founder dengan para ahli dengan fokus utama strategi pengembangan produk untuk memiliki produk yang dibutuhkan masyarakat. Selain itu, sesi ini juga berfokus pada strategi pengembangan skala bisnis, strategi pendanaan dan strategi pengembangan teknologi.

Dengan nilai  “more brainstorming, less classes”, sederet keuntungan akan didapat para founder terutama mengenai brainstorming secara 1-on-1 dengan mentor. Setiap founder dipertemukan dengan mentor yang sesuai dengan tantangan-tantangan yang ditemui dalam pengembangan bisnis.

Hingga saat ini, sudah ada 15 startup  yang terpilih untuk mengikuti program-program dari di-batch kedua untuk #GoTheExtraMiles bersama SSI. Kehadiran SSI merupakan upaya untuk mendorong startup-startup di Indonesia agar berkembang dengan maksimal, mengingat perannya yang krusial untuk perekonomian nasional.

Bagi Anda, para founder startup yang ingin mengembangkan skala usahanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) memiliki program Startup Studio Indonesia (SSI).

SSI diselenggarakan untuk memfasilitasi startup digital yang sudah mencapai tahap product market fit dan memiliki founder yang potensial untuk menjawab masalah sulitnya mendapatkan sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis. Program ini diusung untuk menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya potensial yang bisa diakses para founder dalam berinovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia. Apakah Anda siap untuk #GoTheExtraMiles? Cek informasi lengkapnya di website SSI sekarang!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

market size

Pentingnya Mengukur Market Size Bagi Sebuah Startup

Market size menjadi salah satu pertimbangan dan hal yang sering ditanyakan oleh para investor, karena market size sangat membantu mereka untuk meninjau ulang apakah investasi

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: