Apa Saja Manfaat Sales Plan dalam Membantu Bisnis?

Bagaimana cara Anda memulai sebuah bisnis itu penting. Anda mungkin bisa mengikuti arus di awal. Namun, untuk melangkah lebih jauh, rencana jelas sangatlah penting. Dengan sales plan yang solid dan terstruktur, bukan tidak mungkin bisnis Anda bisa terus mencetak penjualan secara stabil. 

Apa Itu Sales Plan? 

Sales plan merupakan rencana strategis untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Di dalamnya, semua informasi dan langkah-langkah terkait bagaimana cara mencapai target penjualan dirinci, termasuk tujuan bisnis, strategi penjualan, target market, hingga potensi dan risiko yang mungkin terjadi nanti. 

Manfaat Sales Plan dalam Membantu Bisnis 

Ada alasan kenapa setiap perusahaan besar memiliki sales plan. Jika melihat manfaat berikut ini, Anda akan mengerti kenapa bisnis Anda juga memerlukannya. 

1. Identifikasi Strategi Penjualan 

Salah satu manfaat utama dari sales plan adalah membantu bisnis dalam mengidentifikasi strategi penjualan yang efektif. Anda dapat memanfaatkannya untuk menganalisis pasar, pesaing, dan pelanggan potensial untuk mengembangkan pendekatan yang tepat.  

2. Menekan Risiko dalam Bisnis 

Tidak ada yang pasti dalam dunia bisnis. Untungnya, risiko tersebut dapat diantisipasi, atau setidaknya ditekan dengan pendekatan tertentu.  

Sales plan bisa membantu mengendalikan risiko dalam bisnis. Dengan menganalisis pasar dan pesaing, Anda dapat mengidentifikasi ancaman potensial yang mungkin mempengaruhi bisnis Anda. 

3. Mengukur Hasil Kinerja Tim 

Sales plan memungkinkan Anda untuk mengukur hasil kinerja tim sales. Dengan menetapkan tujuan penjualan yang spesifik, Anda dapat memantau pencapaian tim secara teratur.  

Hal yang Dibutuhkan dalam Sales Plan 

Sales plan hanya akan berfungsi jika semua komponen di dalamnya saling bersinergi. Setidaknya, hal-hal berikut ini harus dipertimbangkan saat membuat sales plan

1. Tim 

Pastikan Anda memiliki tim penjualan yang terampil dan terlatih. Merekalah yang nantinya melaksanakan strategi penjualan yang telah ditetapkan dalam sales plan

2. Target Market 

Identifikasi dan pahami target market Anda. Ketahui siapa pelanggan potensial Anda, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka. 

3. Sumber Daya dan Peralatan 

Pastikan Anda memiliki sumber daya dan peralatan yang diperlukan untuk mendukung strategi penjualan Anda. Ini termasuk sistem penjualan, perangkat lunak, dan pelatihan yang sesuai. 

4. Strategi Marketing 

Sales plan harus mencakup strategi pemasaran yang akan digunakan. Apakah ingin menggunakan strategi promo atau cara lain? Begitu juga dengan media yang digunakan, misalnya baik itu melalui iklan televisi atau social media ads

5. Positioning Produk 

Tentukan posisi produk Anda di pasar. Berangkat dari sini, Anda bisa mengembangkan pesan penjualan yang tepat untuk membedakan bisnis Anda dari kompetitor. 

Cara Membuat Sales Plan 

Sejauh mana sales plan mampu membawa sebuah bisnis, semua tergantung bagaimana sales plan tersebut dibuat. Untuk membuat sales plan yang efektif, berikut langkah-langkah yang bisa Anda aplikasikan: 

  1. Tetapkan tujuan penjualan yang spesifik, terukur, dan realistis untuk bisnis Anda 
  1. Pilih dan latih tim penjualan yang akan menjalankan strategi penjualan Anda 
  1. Kenali dengan baik target market Anda, termasuk karakteristik demografis, kebutuhan, dan preferensi mereka 
  1. Identifikasi alat atau teknologi yang akan Anda gunakan untuk mendukung aktivitas penjualan, seperti perangkat lunak CRM atau sistem manajemen penjualan 
  1. Lakukan analisis pasar dan pesaing untuk memahami di mana posisi bisnis Anda dan bagaimana Anda dapat bersaing secara efektif 
  1. Buat strategi pemasaran yang mencakup taktik dan media yang akan digunakan untuk menjangkau pelanggan potensial 
  1. Rencanakan pendekatan penjualan yang akan digunakan oleh tim penjualan untuk mengonversi prospek menjadi pembeli 
  1. Susun langkah-langkah konkret yang harus diambil untuk mencapai tujuan penjualan 
  1. Tetapkan target penjualan jangka pendek dan jangka panjang yang terukur dan lakukan evaluasi secara berkala 
  1. Tentukan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan aktivitas penjualan dan alokasikan sumber daya yang ada secara efisien 

Perlu diingat, bisnis yang sukses adalah hasil dari perencanaan yang matang dan eksekusi yang tepat. Berbekal sales plan yang solid, Anda akan mendapatkan keuntungan kompetitif untuk memenangkan persaingan. 

Share

Related Article

brd

Apa Saja Konten dari Business Requirement Document?

Keberhasilan suatu proyek sangat bergantung pada perencanaan dan pemahaman tentang apa yang ingin dicapai. Untuk alasan inilah, business requirement document atau BRD dibutuhkan.  Business Requirement

value stream mapping

Fungsi Value Stream Mapping dalam Manajemen Produksi

Efisiensi produksi tidak mungkin bisa dicapai tanpa mengetahui di mana titik permasalahan dan pemborosan itu terjadi. Untuk mengidentifikasinya, Anda membutuhkan alat yang tepat. Inilah saat

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: