Customer acquisition cost (CAC) atau biaya akuisisi pelanggan merupakan biaya yang dibutuhkan untuk menarik prospek menjadi pelanggan atau customer Anda. Biaya ini termasuk biaya pemasaran, penjualan, biaya iklan, biaya kampanye hingga upah yang dibayarkan pada karyawan untuk mendapatkan pelanggan baru. Baik CAC dan customer lifetime value (CLV) dianggap sebagai penentu apakah model bisnis yang dijalankan berjalan dengan sukses atau tidak.
Untuk mendapatkan jumlah customer acquisition cost yang tepat, Anda perlu melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus CAC. Perhitungan tersebut perlu dilakukan penyesuaian dan evaluasi agar perhitungan yang dihasilkan dapat menguntungkan bisnis Anda.
Pentingnya Customer Acquisition Cost Bagi Startup
Perhitungan CAC sangat penting bagi startup. Nilainya akan menunjukan bagaimana perusahaan mampu memaksimalkan pengeluaran, khususnya dari segi marketing, untuk mendapatkan pelanggan. Ketika membangun startup, Anda dituntut untuk mengalokasikan dana secermat mungkin. Apalagi bila dana yang dialokasikan adalah dana internal perusahaan. CAC juga dapat membantu dalam mengukur kinerja divisi marketing.
Umumnya, bila Anda mampu mengurangi biaya untuk mendatangkan konsumen, tentunya keuntungan yang diraih akan lebih banyak. Sebaliknya, bila biaya yang diperlukan lebih besar dibanding pendapatan, maka ada yang perlu diperbaiki dari cara perusahaan menjalankan strategi pemasaran.
Selain penting untuk pihak internal perusahaan, customer acquisition cost pun berperan penting bagi investor yang mengalokasikan dana untuk startup Anda. Investor menggunakan CAC sebagai metrik untuk mengetahui profit yang dihasilkan dan pengeluaran untuk mendapatkan pelanggan.
Cara Menghitung Customer Acquisition Cost
Biasanya CAC dihitung dengan rumus:
CAC = Biaya tersebut meliputi seluruh biaya penjualan dan pemasaran yang nantinya dibagi menjadi:
CAC = (M+E+P+S+ST+O) / CA
Keterangan:
- CAC (Customer Acquisition Cost).
- M (Biaya Pemasaran); total biaya pemasaran, termasuk biaya iklan, untuk mendapatkan pelanggan.
- E (Gaji Karyawan); gaji yang berkaitan dengan penjualan dan pemasaran.
- P (Biaya Profesional); biaya yang dikeluarkan untuk layanan profesional seperti konsultasi dan desain.
- ST (Biaya Perangkat Lunak dan Alat); semua biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan, membeli, serta mengoperasikan perangkat lunak dalam proses penjualan dan pemasaran.
- O (Biaya Lainnya); overhead tambahan yang berkaitan dengan proses penjualan dan pemasaran dan dialokasikan untuk karyawan yang terlibat dalam proses tersebut.
- CA; total pelanggan yang didapatkan.
Tips Meningkatkan Customer Acquisition Cost
Kinerja CAC bisa ditingkatkan asalkan startup Anda menerapkan strategi yang tepat. Beberapa strategi berikut ini bisa membantu Anda meningkatkan customer acquisition cost:
- Memaksimalkan Pelanggan yang Sudah Ada
Suatu bisnis dikatakan berhasil jika mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Mereka tidak ragu untuk terus kembali dan mempercayakan bisnis Anda untuk memberikan solusi terhadap masalah mereka.
Anda bisa mendapatkan loyalitas pelanggan dengan menawarkan produk terbaru untuk dicoba secara gratis, memberikan upgrade membership, menawarkan voucher atau hadiah, dan undang mereka ke event khusus.
- Tingkatkan Konversi
Meningkatkan konversi via website atau media sosial bisa dilakukan dengan berbagai cara. Di website, Anda bisa mengupayakan untuk membuatnya lebih user-friendly dan mengubah tampilannya jadi lebih menarik. Melalui media sosial, Anda bisa menggunakan tombol tertentu untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi atau menghubungi Anda.
- Terapkan Customer Relationship Management
Untuk meningkatkan customer acquisition cost, Anda perlu menerapkan customer relationship management (CRM). Dengan adanya CRM, pelanggan akan merasa lebih dekat dan dihargai oleh bisnis Anda. Mereka pun tidak akan ragu untuk memilih kembali produk atau jasa yang Anda tawarkan nantinya. Manfaatkan newsletter atau konten informatif lainnya untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
Customer acquisition cost berperan sebagai metrik untuk mengukur kesuksesan suatu bisnis. Startup pun memerlukan CAC untuk memastikan dana yang mereka alokasikan untuk mendapatkan pelanggan tersalurkan dengan tepat dan cermat.
Referensi:
accurate.id/marketing-manajemen/customer-acquisition-cost/
glints.com/id/lowongan/customer-acquisition-cost-adalah/#.YYT7WmBBxPY
buattokoonline.id/rumus-customer-acquisition-cost-untuk-perusahaan-ecommerce/
bekerja.id/cara-analisa-pelanggan-menggunakan-costumer-acquisition-cost-cac/
medium.com/@venturaofficialmedia/costumer-acquisition-cost-cac-f49f69c1c324
harmony.co.id/blog/customer-acquisition-cost-cac
toffeedev.com/blog/customer-acquisition-cost-adalah/#Tingkatkan_Kinerja_Customer_Acquisition_Cost_dengan_Strategi_yang_Tepat
Diakses pada: 21 November 2021