Konsumen menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan suatu bisnis. Oleh karena itu, melakukan riset konsumen atau customer research adalah cara yang tepat untuk mengenal mereka lebih dalam.
Jantung dari setiap bisnis atau perusahaan adalah konsumen mereka sendiri. Agar perusahan bisa bertumbuh secara konstan, diperlukan pemahaman secara mendalam mengenai siapa saja orang-orang yang menggunakan produk Anda dan bagaimana perilaku mereka.
Apa yang Dimaksud Customer Research?
Customer research adalah praktik mengidentifikasi preferensi, motivasi, dan perilaku target konsumen. Terdapat banyak metode riset konsumen untuk mengumpulkan informasi-informasi tersebut. Karakteristik yang mirip di antara kelompok konsumen yang berbeda kemudian diidentifikasi dan dikategorikan ke dalam segmen konsumen atau persona.
Lalu digunakan untuk membuat iklan pemasaran yang menargetkan segmen atau persona tersebut. Riset konsumen adalah kunci untuk meningkatkan produk Anda. Wawancara, survei, dan banyak metode riset lainnya adalah beberapa alat terbaik dalam membantu perusahaan Anda meningkatkan kepercayaan konsumen.
Apa pentingnya Customer Research Bagi Sebuah Startup?
Suara perusahaan Anda harus merefleksikan suara konsumen Anda, dan produk Anda harus memenuhi kebutuhan mereka. Dengan menangkap suara dan pesan dari konsumen, sama artinya Anda berbicara langsung dengan mereka. Itu adalah ladang emas berharga untuk strategi pemasaran maupun perusahaan Anda secara keseluruhan.
Sebuah studi CoSchedule baru-baru ini mengungkapkan bahwa:
- Tim marketing yang memiliki performa tinggi memiliki kemungkinan melakukan riset konsumen sebesar 242% setidaknya sekali setiap kuartal.
- 56% tim marketing melakukan penelitian setidaknya sebulan sekali.
Selain itu, customer research memiliki peran krusial untuk pertumbuhan bisnis. Dengan memiliki hubungan erat dengan konsumen, Anda akan tahu apa yang mesti dilakukan dan bagaimana memecahkan masalah yang mereka hadapi. Kepuasan konsumen juga bisa diukur melalui metode Net Promoter Score (NPS), yang memiliki korelasi erat dengan pertumbuhan bisnis.
Customer research, pada dasarnya merupakan elemen penting dalam perkembangan sebuah startup atau bisnis. Data yang dikumpulkan bisa menjadi basis dalam memahami pelanggan Anda, bagi pengembangan produk dan pemasarannya.
Bagaimana Melakukan Customer Research?
Customer research dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari catatan-catatan yang dimiliki tim Anda setiap harinya, hingga metode pengumpulan data yang lebih terencana dan terstruktur. Menentukan metode customer research untuk perusahaan Anda mungkin memerlukan beberapa kali trial-and-error, tetapi imbalannya jelas sangat sepadan. Jika memungkinkan, konsumen Anda harus dikelompokkan ke dalam segmen pelanggan untuk membantu Anda mencapai tujuan pengumpulan data.
1. Wawancara
Mewawancarai konsumen yang dimintai melewati berbagai tahap dengan produk Anda bisa sangat memakan waktu. Akan tetapi, wawancara dapat menjadi salah satu metode riset terbaik yang dapat dilakukan oleh startup Anda.
Wawancara bisa memberikan Anda masukan-masukan terbaik dengan detail spesifik tentang kebutuhan, keinginan, dan motivasi konsumen yang berkaitan dengan produk Anda. Informasi ini sangat berharga untuk setiap startup, tetapi tidak selalu mudah diperoleh.
Biasanya, data yang dikumpulkan dari wawancara dapat digunakan di semua aspek strategi pemasaran Anda selama periode 12 bulan. Setelah periode tersebut, Anda harus memulai proses wawancara lagi untuk memperhitungkan perubahan dalam bisnis Anda dan perubahan pada basis konsumen Anda.
2. Survei
Survei merupakan metode riset konsumen yang paling umum digunakan. Survei tidak selalu menawarkan tingkat wawasan yang sama dengan wawancara, tetapi survei jauh lebih mudah untuk membuat konsumen berpartisipasi dan memberikan masukan-masukan karena sifatnya yang sederhana.
Survei bisa dilakukan dengan berbagai cara dengan tingkat efektivitas yang berbeda-beda. Tetapi secara umum, tingkat respons untuk survei jauh lebih tinggi daripada wawancara. Survei juga memiliki ukuran sampel yang lebih besar, sehingga memudahkan startup untuk mengenali karakteristik dan pola yang sama di antara konsumen.
Beberapa metode survei yang paling umum adalah melalui email, panggilan telepon, face-to-face, di aplikasi atau situs web, dan bahkan melalui pesan singkat di smartphone. Berikut beberapa jenis survey yang bisa Anda lakukan:
- Survei konsumen baru;
- Survei konsumen lama/sudah ada;
- Survei konsumen yang sudah pergi;
- User testing;
- Net Promoter Score (NPS).