Dalam menjalankan bisnis, strategi marketing harus direncanakan dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu strateginya adalah dengan mengincar target pasar yang tepat dan berpotensi menjadi pelanggan bisnis Anda. Untuk membantu Anda menentukan target pasar ini, customer segmentation dapat menjadi solusi yang tepat.
Apa Itu Customer Segmentation?
Customer segmentation adalah pengelompokan pelanggan berdasarkan kebutuhan yang mereka miliki. Hal ini dilakukan untuk lebih memahami pelanggan dan mencari tahu apa yang sebenarnya mereka butuhkan dari produk yang ditawarkan.
Proses pengelompokan bisa dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Setelah kelompok-kelompok pelanggan dibuat, pelaku usaha bisa tahu ke kelompok mana produknya bisa ditawarkan dan bagaimana cara memasarkannya dengan tepat.
Manfaat Customer Segmentation untuk Bisnis
Customer segmentation membantu pelaku bisnis dan tim marketing untuk merancang strategi pemasaran yang tepat. Namun di samping itu, customer segmentation juga menawarkan beberapa manfaat yang tidak kalah menguntungkan bagi bisnis.
- Mendukung Strategi Pemasaran
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, customer segmentation membantu perusahaan untuk lebih memahami siapa pelanggannya. Apa yang mereka butuhkan? Siapa saja yang sekiranya membutuhkan produk yang Anda miliki? Informasi seperti ini dapat membantu pelaku bisnis dan tim marketing merancang strategi pemasaran yang tepat.
- Mendukung Pengembangan Produk
Di era sekarang, inovasi sudah menjadi suatu kebutuhan. Tanpa inovasi, bisnis akan mati tergilas kompetisi. Salah satu bahan baku inovasi adalah informasi. Dalam hal ini, perusahaan perlu memahami potensi produk yang dimiliki sekaligus kebutuhan pelanggan di masa depan.
Customer segmentation tidak hanya berguna untuk membantu perusahaan menciptakan strategi pemasaran. Dengan memahami pelanggan, Anda juga bisa melihat apa saja yang bisa dikembangkan dari produk Anda.
- Optimasi Harga
Pricing bisa cukup menantang. Sebagai pelaku usaha, Anda tentu ingin memperoleh keuntungan sebanyak mungkin. Namun memasang harga yang terlalu tinggi jelas bukan keputusan yang bijak. Di sisi lain, bersaing dengan membuat harga serendah mungkin juga berisiko membuat bisnis sulit berkembang.
Customer segmentation bisa menjadi alat bantu untuk menentukan harga yang paling ideal. Dengan memahami pelanggan, Anda bisa tahu berapa kapasitas pelanggan Anda dan seberapa banyak mereka mau membayar atas produk yang Anda tawarkan.
- Pengembangan Bisnis
Bisnis tidak hanya sebatas menjual produk atau jasa dan mendapatkan keuntungan dari sana. Untuk mendapatkan keuntungan lebih besar, Anda juga perlu memikirkan bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis yang tengah Anda jalankan. Sebenarnya ada banyak untuk mengembangkan bisnis. Namun apapun caranya, Anda tidak mungkin bisa melakukannya sebelum memahami pelanggan Anda.
Di sinilah peran customer segmentation dalam membantu pengembangan bisnis. Memahami pelanggan berarti banyak hal bagi sebuah perusahaan. Anda jadi bisa lebih memahami potensi produk yang masih bisa dikembangkan dan menemukan pelanggan yang mungkin bersedia membayar lebih tinggi untuk solusi yang lebih baik. Hal-hal seperti inilah yang nantinya berkontribusi besar dalam pengembangan bisnis.
Manfaat customer segmentation yang begitu besar tentu sayang jika dilewatkan. Meski demikian, membuat segmentasi pelanggan juga harus dilakukan dengan cermat. Anda perlu tahu jenis-jenis customer segmentation dan bagaimana cara membuatnya.
Ada beberapa jenis customer segmentation yang perlu diketahui. Beberapa diantaranya adalah segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi perilaku dan segmentasi psikografis. Di sini Anda bisa fokus ke salah satu atau menggunakan lebih dari satu segmentasi. Dengan kombinasi segmentasi pelanggan yang tepat, Anda juga akan lebih berpeluang untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.