Elevator Pitch dan Cara Tepat dalam Membuatnya

Elevator Pitch dan Cara Tepat dalam Membuatnya | SSI

Elevator pitch merupakan pitching atau presentasi bisnis yang dilakukan secara singkat. Durasinya sama dengan waktu yang dibutuhkan oleh lift atau elevator untuk naik. Waktu singkat tersebut jadi tantangan sendiri bagi Anda yang hendak melakukan pitching ini.

Elevator pitch atau presentasi bisnis singkat biasanya dilakukan dalam durasi waktu sangat singkat, yaitu antara 30 detik sampai 10 menit. Jenis presentasi bisnis ini tentunya menjadi tantangan tersendiri karena dilakukan dengan singkat namun tetap dikemas semenarik mungkin untuk menarik perhatian calon investor atau klien.

Selain menarik, pitch yang dibuat pun harus mudah dihafal dan ringkas. Tak hanya itu, Anda perlu menjelaskan apa yang membuat perusahaan unik dan nilai plus produk atau jasa yang ditawarkan dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Kapan Harus Menggunakan Elevator Pitch?

Banyak orang yang berpikir jika elevator pitch hanya digunakan bagi tenaga sales atau marketing yang perlu mempromosikan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Padahal pitch ini dapat digunakan dalam situasi lain, seperti memperkenalkan bisnis kepada calon klien atau investor. Elevator pitch juga dapat digunakan untuk mempresentasikan ide baru kepada CEO atau karyawan lain.

Tips Agar Elevator Pitch Efektif dan Maksimal

Dibutuhkan keahlian yang mumpuni untuk melakukan elevator pitch hanya dalam waktu yang singkat namun mampu meyakinkan klien atau investor. Jika keahlian ini dipelajari dan sering dilakukan, menyiapkan pitch singkat bukanlah hal sulit. Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk melakukan pitching yang lebih efektif dan maksimal.

  • Percaya dan Bangga Terhadap Apa yang Anda Miliki

Karena dilakukan dengan singkat, Anda tidak memiliki waktu untuk ragu-ragu lagi dalam melakukan elevator pitch. Itu sebabnya Anda dituntut untuk percaya dan bangga akan persiapan yang telah dilakukan. Dengan menunjukan sikap tersebut, calon klien atau investor pun akan percaya terhadap perusahaan yang Anda bangun meskipun presentasi dilakukan secara singkat.

  • Tunjukan Apa yang Menjadi Daya Tarik

Langkah selanjutnya untuk membuat elevator pitch menjadi lebih efektif dan maksimal adalah dengan memamerkan apa yang telah perusahaan Anda kerjakan kepada klien atau investor. Mempresentasikan portofolio Anda secara singkat tentunya dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Jangan lupa tunjukan bahwa perusahaan tersebut telah berkembang dengan baik.

  • Tunjukan dengan Angka

Agar klien atau investor semakin tertarik, tips selanjutnya adalah menggambar dengan proporsi angka seperti peluang, pasar, dan juga keuntungan yang dihasilkan. Sebelum itu ada baiknya juga mempelajari klien atau investor yang akan ditemui karena diperlukan penyesuaian terhadap apa yang akan disampaikan.

  • Menjelaskan Secara Spesifik

Gambarkanlah perusahaan Anda secara spesifik. Artinya Anda tidak boleh bertele-tela dalam memperkenalkan perusahaan dengan metode elevator pitch. Calon klien atau investor hanya berfokus pada produk atau jasa dan pencapaian dari perusahaan Anda.

Maka dari itu, spesifikasikan penjelasan pada hal-hal tersebut. Jika telah mendapatkan lampu hijau dari calon klien atau investor untuk menjadwalkan pertemuan selanjutnya,  Anda bisa menjelaskan lebih terperinci.

Itulah tips-tips yang perlu diingat agar elevator pitch menjadi lebih efektif dan maksimal. Dengan tips tersebut, Anda bisa melaksanakan pitching yang singkat namun tetap menarik minat calon klien atau investor.

Keuntungan dari Elevator Pitch

Keuntungan yang akan didapatkan dari elevator pitch di antaranya:

  • Dapat meningkatkan jumlah klien dan investor pada perusahaan.
  • Memicu ketertarikan para klien baru untuk terlibat dengan perusahaan Anda.
  • Membantu meningkatkan keuntungan bagi perusahaan dengan begitu keuntungan-keuntungan yang didapat perusahaan akan melonjak tinggi dari sebelumnya.

Ketika melakukan elevator pitch, Anda dituntut untuk memperkenalkan perusahaan secara singkat namun dapat menarik minat calon klien atau investor. Bila dilakukan dengan tepat, perusahaan Anda pun dapat berkembang dengan pesat dan memiliki citra yang baik di mata klien.

Referensi:

glints.com/id/lowongan/cara-membuat-elevator-pitch/#.YYTpXWBBxPY

id.techinasia.com/5-tip-elevator-pitch-untuk-startup

bisnismuda.id/read/3599-myeong/elevator-pitch-cara-kenalkan-bisnismu-dengan-cepat-dan-menarik

ekrut.com/media/elevator-pitch-deskripsi-dan-cara-menguasainya

certrova.co.id/tips-membuat-elevator-pitch-yang-menarik/

dailysocial.id/post/4-tips-elevator-pitch-para-founder

Diakses pada: 21 November 2021

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

 Strategi Jitu Scale Up Bisnis Startup Anda

Setiap pelaku bisnis tentu ingin bisnisnya berkembang. Sayangnya, tidak semua hanya beberapa yang tahu kapan waktu yang tepat untuk membawa bisnis naik kelas atau scale

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: