4 Jenis Brand Ambassadors untuk Bisnis Anda

Brand ambassador adalah peran yang sangat penting dalam strategi pemasaran. Tidak mengherankan, banyak perusahaan besar mempercayakannya pada public figure yang berintegritas tinggi namun tetap selaras dengan nilai-nilai perusahaan. 

Sebagai wajah dari sebuah merek, memilih brand ambassador bisa cukup tricky. Jadi sebelum melakukannya, ada baiknya Anda memahami apa makna brand ambassador yang sebenarnya.  

Apa Itu Brand Ambassador? 

Jika ditanya apa itu brand ambassador, bisa diartikan ini adalah seorang individu yang bertugas untuk mempromosikan suatu brand atau produk dengan tujuan meningkatkan penjualan dan kesadaran merek.  

Brand ambassador sering kali dianggap sebagai “wajah” dari brand yang mereka promosikan. Umumnya, peran ini dipilih dari kalangan selebriti, influencer, atau individu yang memiliki reputasi profesional di bidang tertentu.  

Tugas brand ambassador utamanya adalah untuk memperluas jaringan pasar dan meningkatkan nilai jual dari brand yang mereka representasikan. 

Manfaat Brand Ambassador untuk Bisnis 

Menggunakan brand ambassador dalam bisnis bisa memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Membantu menjaga reputasi bisnis 

Saat Anda memilih brand ambassador dari kalangan selebriti atau influencer terkenal, Anda bisa memperoleh manfaat yang sangat besar dari jumlah pengikut yang banyak. Mereka dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis Anda.  

Ketika brand ambassador menyuarakan dukungannya pada merek Anda, hal ini dapat memperkuat citra positif dari bisnis Anda di mata konsumen. Dengan reputasi yang baik, publik akan lebih percaya dan cenderung memilih produk atau layanan dari merek Anda. 

2. Mendekatkan brand dengan pelanggan 

Brand ambassador dapat membantu menciptakan koneksi yang lebih personal dan emosional dengan pelanggan. Kehadiran mereka di media sosial dan acara-acara merek dapat memberikan kesan bahwa merek Anda peduli dan ingin berinteraksi dengan konsumen. Interaksi yang lebih dekat seperti ini dapat membantu membangun loyalitas pelanggan untuk jangka panjang. 

3. Memberi review positif 

Jika Anda memilih brand ambassador dari kalangan ahli, review positif yang mereka berikan bisa sangat berarti. Review tersebut bahkan bisa membantu meyakinkan calon konsumen terkait kualitas dan manfaat dari produk Anda. 

4. Meningkatkan image brand 

Dengan memilih brand ambassador yang sesuai dengan nilai-nilai merek Anda, Anda dapat memperkuat citra dan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada audiens. Tentu saja, brand ambassador yang dipilih juga harus relevan dengan bidang atau industri Anda. 

Jenis-Jenis Brand Ambassador 

Ada berbagai jenis brand ambassador yang dapat Anda pilih untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Berikut jenis-jenisnya: 

1. Influencer 

Influencer merupakan individu yang memasarkan brand ataupun produk di media sosial. Mereka memiliki pengikut yang besar dan aktif di platform media sosial, seperti Instagram, YouTube, atau TikTok. Pengaruh influencer yang besar dan kemampuannya dalam menciptakan konten kreatif bisa membantu mempromosikan produk atau layanan Anda kepada pengikut mereka. 

2. Affiliate 

Brand ambassador jenis ini bekerja berdasarkan sistem afiliasi. Jadi, saat berhasil mengarahkan pelanggan untuk melakukan pembelian produk atau layanan melalui tautan afiliasi yang dibagikan, mereka menerima komisi.  

Sebagai sebuah profesi, affiliate brand ambassador jelas menguntungkan. Profesi ini juga bisa digeluti oleh siapa pun yang memang memiliki kemampuan. Tak mengherankan, banyak yang tertarik mencari cara menjadi brand ambassador affiliate

3. Informal 

Jenis brand ambassador yang satu ini bisa menjadi pelanggan setia sekaligus tenaga pemasaran yang bisa diandalkan. Mereka sangat bersemangat tentang merek Anda dan secara sukarela mempromosikannya kepada teman atau keluarga. 

4. College 

Sesuai namanya, college brand ambassador merupakan jenis brand ambassador yang beroperasi dalam lingkup antar siswa. Target brand ambassador ini umumnya pelajar sekolah hingga mahasiswa. 

Dengan memilih brand ambassador yang sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai bisnis Anda, Anda dapat meningkatkan visibilitas merek, memperluas jangkauan audiens, dan membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan. Saat memilih brand ambassador, pastikan untuk selalu memilih orang yang berintegritas dan memiliki reputasi baik. Dengan demikian, pesan yang disampaikan juga akan lebih kredibel dan mudah dipercaya audiens. 

Share

Related Article

ApaSaja 4 Konsep Pemasaran Holistik bagi Bisnis Anda?

Kemunculan internet dan perkembangan teknologi baru tidak hanya mengubah aspek kehidupan manusia. Lebih jauh lagi, perkembangan ini juga memengaruhi berbagai aspek lainnya, termasuk pemasaran. Hasilnya,

Keunggulan Mengetahui Share of Voice dalam Marketing

Dalam mengukur efektivitas promosi sebuah merek atau produk, metode share of voice (SOV) menjadi pilihan yang sangat relevan. Pasalnya dengan metode ini Anda dapat mengetahui

Kenali Konsep Golden Circle dalam Bisnis Anda 

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, menemukan cara untuk membedakan diri dengan para pesaing merupakan kunci kesuksesan jangka panjang. Dalam pencarian untuk menemukan esensi

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: