5 Kunci Capai Fase Product-Market Fit Startup

Kunci-Capai-Fase-Product-Market-Fit-Startup

Product-market fit (PMF) dianggap sebagai fase penting bagi sebuah startup.Jika sudah mencapai fase tersebut, berarti produk yang telah dijual dapat diterima oleh masyarakat luas. Akan tetapi, untuk mencapai PMF bukanlah suatu hal yang mudah. Karena itulah dibutuhkan tips yang tepat untuk para owner startup untuk mencapai fase tersebut.

Apa Itu Product-Market Fit?

Product-market fit ini biasa digambarkan sebagai fase startup di mana konsumen dapat melakukan pembelian, menggunakan produk atau layanan, hingga membagikan atau memberitahu masyarakat luas mengenai produk tersebut dengan jumlah yang cukup besar.

Hal ini pastinya dapat membantu untuk meningkatkan penjualan juga pertumbuhan sebuah startup. Konsep atau fase product-market fit dikembangkan oleh Marc Andreessen dari Amerika Serikat. Menurutnya, fase startup ini merupakan kondisi pada saat perusahaan sudah ada di pasar dan sudah memiliki sasaran pelanggan yang tepat dengan produk yang ditawarkan.

Salah satu contoh ketika sebuah startup telah mencapai fase PMF yaitu pelanggan secara tidak langsung menjadi sales person untuk produk yang telah ditawarkan. Pengalaman ini bisa didapatkan ketika pelanggan sudah mendapatkan manfaat dari penggunaan produk tersebut.

Pentingnya Sebuah Startup Mencapai Product-Market Fit

Product-market fit merupakan salah satu bagian yang penting untuk pengembangan suatu perusahaan, khususnya startup. Sebab Anda tidak akan pernah tahu apakah produk yang digunakan tersebut dapat mengatasi masalah yang diperlukan masyarakat luas atau tidak sebelum mencapai fase startup ini.

Bila sebuah startup tidak mencapai fase ini, kemungkinan besar mereka menawarkan produk di pasaran tanpa mengetahui kebutuhan masyarakat di luar sana. Secara tidak langsung hal ini dapat menyebabkan kerugian besar karena terus menerus mengeluarkan dana akan tetapi tidak menghasilkan keuntungan besar.

5 Kunci Utama Untuk Mencapai Product-Market Fit

Untuk mencapai fase startup product-market fit, Anda perlu mengetahui lima kunci utama berikut:

  1. Melakukan Uji Pasar Secepat Mungkin 

Kesalahan yang paling fatal bagi sebuah startup adalah terlalu lama menguji apakah pasar akan menerima produk yang ditawarkan. Padahal fase PMF tidak akan tercapai jika terlalu lama melakukan uji pasar.

Jika model bisnis startup yang Anda kembangkan adalah basis langganan, maka yang harus dilakukan adalah tawarkan biaya langganan yang ideal kepada pelanggan dan jangan lupakan untuk mengevaluasi feedback yang pelanggan berikan.

  1. Lakukan A/B Testing

Dengan menghadirkan fitur-fitur baru dengan harapan untuk semakin menarik banyak pelanggan merupakan suatu hal yang penting untuk perkembangan sebuah produk. Akan tetapi, hal ini juga dapat menyebabkan distraksi dari tawaran utama sebuah perusahaan startup. Itulah mengapa A/B testing sangat diperlukan untuk menghitung dampak nyata dari fitur-fitur sebuah produk agar fase PMF mudah untuk dicapai.

  1. Dengarkan Feedback Dari pengguna

Untuk mencapai fase startup product-market fit, maka salah satu jalan yang paling tepat adalah dengan memahami target pengguna. Ketahui dan pahami apa saja kebutuhan, keinginan, dan harapan mereka dari produk yang Anda tawarkan kemudian analisa feedback tersebut.

  1. Adaptasi Produk

Bangunlah fitur-fitur baru yang dapat melengkapi solusi utama pelanggan melalui adaptasi produk. Bila terdapat update dari produk yang Anda tawarkan, pelanggan akan lebih sering mengaksesnya. Hal ini juga menjadi salah satu indikator bahwa startup Anda telah mencapai fase startup product-market fit.

  1. Fokus Mengembangkan Power User

Sangat penting untuk mengenali siapa power user (pelanggan setia). Setelah mengetahui siapa saja power user tersebut, fokuslah untuk memperluas segmen ini dengan membangun produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas. Dengan begitu fase PMF akan segera tercapai.

Mengingat pentingnya fase product-market fit, lima kunci di atas akan membantu Anda sebagai founder untuk mencapai fase PMF tersebut. Dengan mencapai fase PMF, maka Anda bisa terus mengembangkan startup Anda dan terlebih, Anda bisa menyediakan solusi yang tepat bagi masyarakat.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

 Strategi Jitu Scale Up Bisnis Startup Anda

Setiap pelaku bisnis tentu ingin bisnisnya berkembang. Sayangnya, tidak semua hanya beberapa yang tahu kapan waktu yang tepat untuk membawa bisnis naik kelas atau scale

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: