Human resource atau HR adalah salah satu divisi penting yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Tanpa adanya divisi human resource, perusahaan tidak dapat menjalankan kegiatannya sebagaimana mestinya. Peran dari HR sendiri tidak terbatas pada mengurus payroll karyawan atau melakukan perekrutan saja. Lebih jauh lagi, divisi ini melakukan fungsi vital dalam sebuah perusahaan. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Apa itu Human Resource (HR)?
Secara umum, human resource (HR) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sumber daya manusia (SDM) adalah divisi yang terlibat langsung dalam mencari serta merekrut kandidat terbaik agar perusahaan memiliki SDM berkualitas sehingga bisa mencapai tujuan bisnisnya dengan baik.
Selain itu, HR juga memiliki tugas penting lain, salah satunya adalah mengembangkan keterampilan dan kemampuan karyawan. Tujuannya tidak lain mengembangkan tenaga kerja yang unggul sehingga karyawan dapat mencapai tujuan kerja mereka
Karena fungsi utamanya tadi, tidak heran jika ada sebuah perusahaan yang memiliki satu divisi khusus yang ditujukan untuk menjalankan kedua hal tersebut.
Apa Saja Fungsi Human Resource dalam Perusahaan?
Berikut adalah fungsi utama HR dalam sebuah perusahaan.
- Mencari dan merekrut karyawan
Bisa dibilang, ini merupakan fungsi yang paling dikenal dari divisi tersebut. Proses pencarian dan perekrutan ini dilakukan untuk mendapatkan karyawan terbaik untuk perusahaan.
Namun, tak sedikit pula HR yang lebih fokus pada tahap setelah perekrutan, misalnya saja mempertahankan karyawan baru agar tidak berpindah ke perusahaan lain atau bahkan ke kompetitor.
- Employee engagement
Fungsi HR selanjutnya adalah fokus pada employee engagement. Pada fungsi ini, HR akan memperhatikan kinerja seluruh karyawan sehingga mereka bisa memberikan reward atau bahkan training pada karyawan yang berprestasi.
Tugas dan Tanggung Jawab Human Resource
Adapun tugas dan tanggung jawab HR di sebuah perusahaan adalah sebagai berikut.
- Rekrutmen dan seleksi
Tugas ini dimulai saat ada kebutuhan terhadap suatu pekerjaan. Biasanya, head atau manajer akan memberikan deskripsi pekerjaan ke HR sebagai pedoman dalam proses perekrutan. Selanjutnya, HR akan menggunakan instrumen seleksi berbeda untuk menemukan kandidat terbaik, seperti wawancara, asesmen, pemeriksaan referensi, dan berbagai metode perekrutan lainnya.
- Pelatihan dan pengembangan
Setelah rekrutmen dan seleksi selesai, HR akan memberikan pelatihan dan pengembangan untuk membantu karyawan meningkatkan keterampilan yang berguna untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan jangka panjangnya. Biasanya, perusahaan sudah memiliki anggaran khusus untuk program pelatihan dan pengembangan ini.
- Pemberian kompensasi
Pemberian kompensasi yang adil merupakan kunci untuk memotivasi karyawan. Kompensasi karyawan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kompensasi primer dan kompensasi sekunder. Kompensasi primer berupa imbalan materiel yang dibayarkan untuk pekerjaan, seperti gaji. Sementara itu, kompensasi sekunder adalah imbalan non-materiel, seperti waktu kerja yang fleksibel, pemberian laptop perusahaan, hari libur, dan lain sebagainya.
- Mengurus keperluan administrasi karyawan
Tugas human resource lainnya adalah mengurus keperluan administrasi karyawan. Pengurusan administrasi ini penting untuk dijadikan sebagai database perusahaan terhadap karyawan yang bersangkutan. Adapun kegunaannya adalah untuk mengurus payroll, manajemen absensi, pencatatan cuti tahunan, hingga sistem kontrak kerja.
- Manajemen kinerja
Tugas HR yang satu ini bertujuan untuk membantu karyawan memperlihatkan kualitas terbaik di tempat mereka bekerja sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Biasanya, perusahaan menerapkan siklus manajemen kinerja tahunan yang melibatkan perencanaan, pemantauan, peninjauan, serta penghargaan kinerja untuk karyawan. Hasil dari manajemen kinerja ini akan membantu HR dalam menilai mana karyawan yang cocok untuk perusahaan dan yang tidak cocok.
Itulah fungsi serta tugas dan tanggung jawab dari human resource dalam sebuah perusahaan. Mengingat pentingnya tugas dari seorang HR, penting bagi para pemilik perusahaan untuk menggaet seorang HR yang memiliki kompetensi tinggi.