Seiring dengan semakin maraknya strategi marketing yang menggunakan media sosial, peran KOL (Key Opinion Leader) dalam sebuah bisnis tidak bisa dielakkan lagi. Sebab, KOL tidak hanya dapat meningkatkan brand awareness saja, tapi juga sales growth perusahaan. Yuk, simak lebih jauh peran KOL management dalam tim marketing perusahaan.
Apa itu KOL management?
Secara sederhana, KOL management dapat dipahami sebagai cara perusahaan untuk mengatur, menangani, serta bekerja sama dengan para KOL. Adanya KOL ini adalah untuk membantu mempromosikan atau memasarkan produk agar sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
Dalam digital marketing, KOL management dapat membentuk kepercayaan publik terhadap perusahaan dan KOL. Itulah sebabnya, perusahaan tidak boleh sembarangan dalam menjalin hubungan kerjasama dengan Key Opinion Leaders. Karena, jika KOL memiliki citra yang buruk, maka akan berdampak buruk pula pada brand yang dipromosikan.
Lebih jauh lagi, KOL management juga mengacu pada siklus lengkap yang terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari identifikasi, pemetaan, segmentasi, perencanaan, pelibatan, dan interaksi dengan KOL.
Tahapan-tahapan ini saling berkaitan antara satu dengan yang lain, sehingga apabila dijalankan dengan benar dapat memberikan kontribusi penting bagi keseluruhan sistem KOL management.
Peran KOL management dalam perusahaan
Dalam tim marketing perusahaan, KOL management memegang beberapa peran penting yang meliputi:
1. Mengenal audiens KOL
Peran KOL management pertama adalah mengenali siapa yang akan menjadi target audiens dari KOL (Key Opinion Leader) yang dipilih. Ini akan memudahkan perusahaan mengetahui apakah audiens dari KOL tersebut cocok dengan target market yang ingin dituju.
Apabila audiens KOL sudah sesuai dengan produk yang akan dipromosikan, barulah perusahaan akan berkolaborasi dengan Key Opinion Leader untuk merencanakan content sebagai bentuk marketing communication.
2. Memahami relevansi KOL dengan brand perusahaan
Adanya KOL management juga membantu perusahaan dalam mengetahui Key Opinion Leader yang dipilih apakah relevan dengan brand atau produk yang akan dipromosikan. Peran KOL management ini bisa diketahui dari konten-konten yang dibuat oleh KOL tersebut.
3. Mengatur campaign dengan KOL
Peran KOL management berikutnya adalah mengatur perencanaan campaign produk atau brand dengan para KOL. Oleh karena itu, tim marketing perusahaan perlu mengikutsertakan Key Opinion Leader dalam merencanakan campaign agar konten yang akan dipublikasikan tidak melenceng dari yang diinginkan oleh perusahaan.
4. Menghitung engagement rate followers dari KOL
Peran KOL management dalam tim marketing perusahaan lainnya adalah menghitung engagement rate followers. Hal ini penting juga diketahui oleh tim marketing perusahaan, sebab fokus pemasarannya ada pada postingan KOL terpilih.
Idealnya, engagement rate followers KOL yang bagus selalu ramai dengan feedback dari para pengikutnya, seperti Likes, Comment, atau Share of Voice.
Manfaat KOL management bagi perusahaan
Selain memiliki tugas yang lebih kompleks, adanya KOL management juga memberikan manfaat lebih bagi perusahaan yang menggunakannya. Wajar saja, jika banyak perusahaan yang mulai membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi KOL specialist guna mengatur KOL management.
Berikut adalah manfaat KOL management bagi perusahaan:
- Meningkatkan brand awareness
- Membuat sistem kerja KOL menjadi lebih terstruktur
- Membantu bisnis memiliki alur promosi yang lebih teratur
- Meningkatkan citra positif perusahaan
Melihat dari manfaatnya tadi, dapat disimpulkan bahwa management KOL dapat menjadi salah satu strategi digital marketing yang cukup efektif untuk membuat bisnis menjadi lebih bekembang dan maju. Karena itu pula, segera buat sistem KOL manajemen di perusahaan Anda agar bisnis yang sedang dijalankan dapat lebih eksis!