Startup Studio Indonesia Batch 3: 15 Startup Terpilih

Industri startup

Startup Studio Indonesia (SSI) merupakan program yang diinisiasi oleh Kominfo RI untuk mendorong perkembangan industri startup dalam negeri. Program ini dibuat untuk membantu para founder startup potensial mendapatkan akses ke sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis.

Sejak pendaftaran dibuka pada 15 Juli – 15 Agustus 2021, Startup Studio Indonesia batch 3 mendapat respons yang luar biasa dari para pegiat industri startup. Proses seleksi dilakukan mulai tanggal 2 – 3 September 2021 oleh para ahli di dunia startup.

Dari total 5.723 startup yang mendaftar, terpilih 15 startup yang akan mengikuti program mentoring dan learning session bersama coaches terkemuka. Berikut profil ke-15 startup yang berhasil lolos seleksi.

1. AturKuliner

Aturkuliner merupakan startup foodtech SaaS yang menyediakan solusi bagi bisnis UMKM F&B untuk mengkalkulasi food cost yang terintegrasi dengan rantai suplai food industry.

2. AyoBlajar

AyoBlajar adalah platform belajar online siswa-siswi tingkat SMP dan SMA. Dengan prinsip “membuat belajar lebih mudah dan lebih fokus”, AyoBlajar menyediakan konten pembelajaran yang mudah dipahami dan terjangkau.

3. Bicarakan.id

Bicarakan.id merupakan layanan konseling online yang menghubungkan siapapun yang membutuhkan bantuan psikolog yang terpercaya untuk membicarakan masalah dalam hidup.

4. Bolu

Bolu adalah platform dan komunitas bagi para penjual online untuk belajar dan berbagi tentang dunia bisnis online. Selain itu, Bolu juga menyediakan layanan pendidikan dan mentorship untuk para entrepreneur.

5. Eateroo

Eateroo merupakan social discovery marketplace untuk food lover dan komunitas F&B Indonesia. Di Eateroo, pengguna bisa menemukan dan membeli produk makanan dari ribuan konten video dari dapur maupun F&B brand favorit.

6. Finku

Finku adalah aplikasi finansial yang fokus membantu penggunanya untuk mengatur keuangan, baik melalui integrasi otomatis, rekomendasi yang dipersonalisasi, budgeting dan masih banyak lagi.

7. Fishlog

Fishlog merupakan marketplace B2B yang berfokus pada solusi value chain pasca panen dengan membangun proses yang transparan, efisien dan transaksi perdagangan yang adil.

8. Gajiku

Gajiku membantu para karyawan untuk mengakses upah yang belum dibayarkan. Dengan Gajiku, karyawan dapat menarik uang muka gaji.

9. Imajin

Imajin merupakan marketplace manufaktur Indonesia yang didirikan untuk membantu pelaku industri membangun produk mulai dari desain hingga produksi masal.

10. Keyta

Keyta menyediakan solusi keyboard yang didesain khusus untuk para penjual online untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam operasional bisnisnya.

11. Powerbrain

Powerbrain merupakan perusahaan manajemen energi yang berfokus untuk membantu optimasi pemanfaatan energi dalam sebuah bangunan dengan memanfaatkan IoT dan teknologi otomatisasi.

12. Sgara

Sgara merupakan penyedia solusi end to end budidaya udang mulai dari pakan, monitoring hingga konsultasi tambak dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI).

13. Soul Parking

Soul Parking merupakan layanan parkir sepeda motor yang aman dan nyaman dengan berbagai kemudahan seperti permintaan early checkout, riwayat transaksi hingga pembayaran cashless.

14. Zi.Care

Zi.Care merupakan aplikasi penyedia layanan informasi kesehatan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan reservasi dokter, tele konsultasi, riwayat kesehatan yang terintegrasi hingga resume medis dari rumah sakit terpercaya Indonesia.

15. Samasta

Samasta merupakan solusi sewa rumah, apartemen, kios, ruko, gudang dan kantor Indonesia. Dengan fitur cari lokasi dan kategori, pengguna lebih mudah menemukan properti untuk disewa. Setiap startup yang lolos seleksi akan mendapatkan bimbingan dari mentor-mentor ternama Indonesia. Mentoring dan learning session dilakukan selama 4 bulan ke depan. Dengan adanya program ini, nantinya diharapkan startup-startup terpilih dapat mengembangkan skala bisnisnya untuk bisa turut mendukung transformasi digital di Indonesia.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

Customer needs

Beragam Jenis Customer Needs yang Perlu Diketahui

Memahami customer needs atau kebutuhan pelanggan merupakan hal penting yang harus dilakukan agar sebuah startup bisa membuat produk yang benar-benar bisa menjadi solusi bagi konsumen.

MVP prototype

Cara Tepat dalam Menentukan MVP Feature Set

MVP adalah istilah yang sekarang sangat familiar di dunia startup. Minimum Viable Product (MVP) merupakan salah satu tahap penting dalam proses pengembangan produk sebuah startup.

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: