Sebelum memasarkan produk sebuah bisnis, Anda harus paham dulu dengan produk yang akan ditawarkan. Tanpa pemahaman yang cukup, sangat sulit untuk meyakinkan orang agar mau membeli. Itulah kenapa setiap sales representative harus memiliki bekal product knowledge yang memadai.
Apa Itu Product Knowledge?
Jika dilihat dari terjemahan katanya, product knowledge dapat diartikan sebagai pengetahuan akan suatu produk. Jika diartikan secara lebih luas, product knowledge dapat dipahami sebagai pengetahuan terkait seluk beluk sebuah produk, mulai dari karakter produk, kelebihan, kekurangan, dan harga.
Manfaat Product Knowledge Bagi Bisnis
Product knowledge bukan hanya sebatas pemahaman akan sebuah produk. Di balik pemahaman tersebut, terdapat beragam manfaat yang bagi perusahaan.
1. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri
Manfaat product knowledge yang paling utama adalah meningkatkan kemampuan sales dalam mengkomunikasikan produk. Dengan pengetahuan produk yang lebih baik, sales pun jadi lebih percaya diri dan lancar dalam menjelaskan produk yang ditawarkan kepaada calon pelanggan.
2. Meningkatkan kepercayaan dan keyakinan pelanggan
Konsumen atau pelanggan butuh untuk diyakinkan bahwa produk yang Anda tawarkan memang mampu menjawab kebutuhan dan ekspektasi mereka. Product knowledge yang baik memudahkan Anda untuk melakukan hal tersebut. Kepercayaan dan keyakinan pelanggan pasti akan meningkat jika Anda bisa menjawab keraguan tersebut.
3. Mendongkrak penjualan
Ada korelasi kuat antara product knowledge yang baik dengan angka penjualan. Dipadu dengan sikap peka, Anda bisa memahami apa yang menjadi concern konsumen dan menjawab concern tersebut dengan berbekal product knowledge yang telah dipahami. Hasilnya, penjualan pun akan ikut terdongkrak.
4. Meningkatkan identitas brand
Saat berusaha untuk lebih memahami produk sendiri, Anda juga akan terdorong untuk mengetahui produk dari kompetitor. Hal ini mendorong pengembangan produk ke tingkat yang lebih tinggi. Saat produk berkembang jadi lebih baik, identitas brand pun turut meningkat.
Jenis-Jenis Product Knowledge
Product knowledge dibagi menjadi beberapa jenis. Setidaknya ada 3 jenis product knowledge yang perlu diketahui. Berikut penjelasan ketiganya.
1. Pengetahuan akan karakter dan spesifikasi produk
Jenis product knowledge yang satu ini juga kerap disebutkan. Jika sebuah produk berupa mobil, konsumen biasanya akan memperhatikan kapasitas mesin, desain body hingga fitur-fitur yang ada di dalamnya.
2. Pengetahuan akan manfaat produk
Dalam banyak kasus, konsumen umumnya lebih peduli dengan manfaat yang dapat diberikan oleh sebuah produk. Jika produk tersebut tidak mampu memberikan manfaat yang dibutuhkan atau diinginkan oleh konsumen, orang juga jarang yang melirik, bahkan meski spesifikasinya mumpuni.
3. Pengetahuan akan kepuasan pelanggan
Jenis product knowledge yang satu ini baru bisa diketahui jika produk sudah digunakan pelanggan dan dilakukan survei kepuasan pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan sendiri tidak hanya bergantung pada kualitas produk. Penjelasan terkait cara menggunakan dan manfaat produk juga membantu pelanggan agar tidak berekspektasi melebihi apa yang bisa diberikan produk tersebut.
Cara Meningkatkan Product Knowledge
Untuk meningkatkan product knowledge, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut cara untuk meningkatkan product knowledge.
1. Sosialisasi secara rutin
Sosialisasikan seluk beluk produk kepada semua anggota tim. Ini penting dilakukan agar setiap anggota tim memahami karakteristik hingga manfaat produk yang ditawarkan.
2. Pahami jenis product knowledge
Setiap anggota tim harus memahami ketiga jenis product knowledge atas produk yang akan mereka tawarkan, mulai dari spesifikasi, manfaat, dan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, sales akan lebih mudah meyakinkan konsumennya.
3. Berpikir kreatif
Untuk meningkatkan product knowledge, mulailah berpikir lebih kreatif untuk jangka panjang. Pahami produk sendiri dan produk kompetitor. Begitu juga dengan pergerakan pasar. Dengan cara ini, pengembangan produk pun jadi lebih optimal.
Berbekal product knowledge yang baik, pintu pengembangan bisnis akan terbuka lebih lebar. Jadi, seberapa luas pengetahuan Anda tentang produk Anda sendiri?