Jenis Startup di Indonesia yang Berkembang Pesat

Jenis startup di indonesia

Euforia startup di Indonesia seakan masih belum menunjukkan kata berhenti. Perkembangannya begitu cepat dengan jumlah pemain yang cenderung terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jenis startup di Indonesia juga semakin beragam. Namun dari beberapa jenis startup yang ada, hanya sebagian saja yang benar-benar berhasil menunjukkan eksistensi dan mencetak keuntungan.

Startup E-Commerce

Bisa dibilang startup e-commerce adalah jenis startup yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Sebagian besar startup yang sukses mencapai nilai valuasi tinggi umumnya juga berasal dari industri yang satu ini. Startup e-commerce menyediakan solusi bagi masyarakat yang ingin berbelanja dengan mudah langsung melalui aplikasi. Barang yang diperdagangkan sangat bervariasi.

Startup Asuransi

Jenis startup yang satu ini menawarkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli asuransi atau membayar iuran bulanan. Semua itu bisa dilakukan melalui aplikasi. Di samping memberi kemudahan dalam mendapatkan asuransi, startup jenis ini umumnya juga menyediakan layanan lain yang berkaitan dengan akses ke fasilitas kesehatan, seperti layanan konsultasi dokter, panduan menemukan rumah sakit terdekat hingga layanan surat rujukan.

Startup Properti

Model bisnis startup properti memang mirip dengan startup e-commerce, yakni jual beli. Hanya saja, startup properti lebih mengkhususkan diri pada jual, beli dan sewa properti. Untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan hunian impian, beberapa startup properti juga menyediakan solusi pinjaman KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Startup Game

Jenis startup yang satu ini cukup menjamur di Indonesia. Sesuai dengan namanya, startup game memiliki fokus pada pengembangan game dan mendapatkan keuntungan baik dari pembelian game itu sendiri, item game ataupun dari iklan. Genre game yang dikembangkan juga cukup beragam, mulai dari teka-teki, sport, racing, MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), RPG (Role Playing Game) hingga FPS (First Person Shooting).

Startup Kesehatan

Sebenarnya startup kesehatan memiliki beberapa kesamaan dengan startup asuransi. Perbedaannya lebih kepada cara dalam menyediakan solusi kesehatan. Startup kesehatan membantu penggunanya melalui informasi kesehatan yang dibagikan. Selain itu, startup yang satu ini juga dapat menghubungkan pengguna dengan tenaga kesehatan.

Startup Fintech

Fintech sebenarnya merupakan kependekan dari financial technology. Aplikasi pembayaran online, marketplace reksadana hingga P2P lending, ketiganya bisa dikategorikan sebagai startup fintech. Pada dasarnya, startup fintech adalah startup yang bergerak dalam industri finansial. Startup ini membantu pengguna mendapatkan layanan keuangan dan mengkombinasikannya dengan kemudahan teknologi.

Startup Sekuritas

Startup sekuritas sebenarnya bisa dikategorikan sebagai sub bagian dari startup fintech. Hanya saja, jenis startup yang satu ini lebih fokus dalam layanan sekuritas. Startup sekuritas membantu memudahkan penggunanya dalam berinvestasi. Melalui teknologi yang dikembangkan, pengguna dapat mencari, membeli dan menjual instrumen investasi, seperti saham dan reksadana secara online.

Startup Pendidikan

Platform kursus atau bimbingan belajar online adalah dua contoh produk yang dikembangkan oleh startup yang bergerak di bidang pendidikan. Startup yang satu ini menyediakan layanan pendidikan dengan menghubungkan antara tenaga pendidik atau tenaga ahli dengan masyarakat yang membutuhkan.

Dunia startup di Indonesia cenderung terus mengalami perkembangan seiring dengan antusiasme generasi muda dalam membangun startup dan pihak-pihak lain, seperti investor yang secara aktif mendanai startup-startup potensial. Ekosistem startup di tanah air juga semakin matang. Dengan potensi sumber daya manusia dan potensi pasar Indonesia yang begitu besar, bukan hal yang mustahil jika startup-startup potensial akan terus bermunculan.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

Potensi Pertumbuhan Startup SaaS di Indonesia

Potensi Pertumbuhan Startup SaaS di Indonesia

Perusahaan rintisan atau startup berbasis Software as a Service (SaaS) semakin berkembang di Indonesia. Walaupun tantangan masih tetap ada, potensi pertumbuhan startup SaaS dinilai akan

Memahami Bedanya Startup B2B dan B2C

Memahami Bedanya Startup B2B dan B2C

Untuk bisa berkembang dan sukses, sebuah startup harus bisa menjadi yang terdepan pada target pasar yang spesifik. Target pasar sendiri bisa berangkat dari kalangan bisnis

Apa Bedanya SSI dengan 1000 Startup Digital dan Nexticorn

Apa Bedanya SSI dengan 1000 Startup Digital dan Nexticorn?

Dalam beberapa tahun terakhir, Kemenkominfo telah meluncurkan beberapa program pemberdayaan startup, seperti Gerakan 1000 Startup Digital, Startup Studio Indonesia dan Nexticorn. Masing-masing program coaching startup

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: