5 Jenis Strategi Digital Marketing untuk Tingkatkan Bisnis

digital marketing

Saat ini, digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis, mulai dari skala UMKM hingga perusahaan besar. Maraknya penggunaan strategi pemasaran ini sangatlah wajar mengingat pengguna internet di Indonesia terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun.  

Hasilnya, banyak pelaku bisnis yang mulai beralih dari strategi pemasaran konvensional ke pemasaran digital. Lantas, bagaimana strategi digital marketing berperan dalam meningkatkan bisnis Anda? Cari tahu pembahasan selengkapnya berikut ini. 

Apa Itu Digital Marketing? 

Sesuai namanya, digital marketing adalah metode pemasaran yang dilakukan melalui media digital yang didukung oleh jaringan internet, seperti media sosial, website, email, mesin pencari, dan berbagai saluran digital lainnya. 

Kepopuleran strategi pemasaran ini kian meningkat seiring dengan banyaknya orang yang mulai menggunakan internet dalam berbagai kegiatan esensial di hidupnya, contohnya berbelanja. Hal ini pula yang akhirnya menarik perhatian berbagai pebisnis, termasuk UMKM, untuk mulai menerapkan strategi pemasaran digital. 

Jenis-jenis Digital Marketing 

Pada dasarnya, tiap-tiap platform digital memiliki keterkaitan satu dengan yang lain. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis Anda harus bisa memaksimalkan setiap platform tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Berikut adalah jenis-jenis digital marketing yang bisa diterapkan di bisnis Anda: 

1. Search Engine Optimization (SEO) 

Search Engine Optimization adalah aktivitas pengoptimisasian website yang bertujuan agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari (search engine). 

Keuntungan yang bisa didapatkan dari penerapan teknik SEO ini adalah meningkatkan jumlah traffic website secara organik atau gratis.  

Namun, perlu diketahui pula bahwa penerapan teknik SEO ini tidak semudah yang Anda kira. Sebab, dalam praktiknya, teknik SEO dibagi lagi menjadi tiga sub berbeda, yaitu SEO On-Page, SEO Off-Page, dan Technical SEO. 

Ketiganya saling berkaitan dan masing-masing berperan dalam membantu website Anda tampil halaman pertama mesin pencari. 

2. Search Engine Marketing (SEM) 

Sebenarnya, Search Engine Marketing (SEM) mirip seperti SEO yang memanfaatkan mesin pencari untuk mempromosikan produk atau layanan. Bedanya, SEM memberikan hasil yang lebih instan jika dibandingkan dengan strategi SEO.  

Ini lantaran strategi SEM mengharuskan Anda membayar Pay-Per-Click (PPC) kepada penyedia iklan supaya materi iklan Anda selalu berada di rangking teratas pada kaca kunci yang ditargetkan. 

3. Content Marketing 

Ini merupakan jenis pemasaran digital yang fokus dalam memproduksi dan mendistribusikan konten yang bernilai sekaligus relevan kepada audiens. Tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian calon konsumen dan memengaruhinya agar tertarik dengan layanan atau produk yang ditawarkan.  

4. E-mail marketing 

Sesuai namanya, jenis digital marketing satu ini menggunakan e-mail (surat elektronik) sebagai saluran pemasarannya. Biasanya, e-mail marketing ini akan diberikan kepada konsumen yang sudah berlanggan newsletter maupun konten-konten lainnya. 

5. Social media marketing 

Social media marketing adalah pemanfaatan berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan lainnya dengan tujuan untuk berinteraksi dan mempromosikan produk kepada calon pelanggannya. 

Manfaat dan Kelebihan Digital Marketing untuk Bisnis 

Tidak bisa dimungkiri bahwa pemanfaatan digital marketing memberikan dampak signifikan dalam sebuah bisnis, apalagi jika diaplikasikan dengan tepat.  
 

Nah, berikut adalah manfaat dan kelebihan dari penerapan digital marketing untuk bisnis: 

  • Jangkauan pasar lebih luas 
  • Hemat biaya 
  • Memperkuat branding atau reputasi bisnis 
  • Efektif untuk menargetkan konsumen 
  • Pemasaran lebih efisien 
  • Melacak strategi pemasaran dengan mudah 
  • Pemasaran lebih terukur 
  • Keterlibatan dengan lebih banyak calon konsumen 

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran digital menjadi hal krusial untuk saat ini. Maka dari itu, jika Anda ingin meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas, menerapkan strategi pemasaran digital bisa jadi langkah yang layak dicoba. 

Share

Related Article

brd

Apa Saja Konten dari Business Requirement Document?

Keberhasilan suatu proyek sangat bergantung pada perencanaan dan pemahaman tentang apa yang ingin dicapai. Untuk alasan inilah, business requirement document atau BRD dibutuhkan.  Business Requirement

value stream mapping

Fungsi Value Stream Mapping dalam Manajemen Produksi

Efisiensi produksi tidak mungkin bisa dicapai tanpa mengetahui di mana titik permasalahan dan pemborosan itu terjadi. Untuk mengidentifikasinya, Anda membutuhkan alat yang tepat. Inilah saat

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: