Membuat website Anda mudah ditemukan oleh audiens bisa dilakukan dengan menerapkan strategi Search Engine Optimization atau disingkat SEO. Search Engine Optimization sendiri adalah praktik optimasi website yang memiliki tujuan utama untuk memperoleh peringkat tertinggi di mesin pencari, terutama Google.
Semakin sering website Anda mendapatkan ranking di mesin pencari, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung secara gratis akan jauh lebih besar. Di kesempatan kali ini, kita akan membahas apa itu Search Engine Optimization dan manfaatnya untuk kemajuan bisnis. Mari simak!
Bagaimana Cara Kerja SEO?
Cara kerja SEO sebenarnya cukup kompleks. Sebab, mesin pencari seperti Google memiliki algoritma yang digunakan untuk memilih dan memilah website mana saja yang layak ditampilkan di halaman pencarian.
Berikut adalah cara kerja SEO:
- Crawling: Mesin pencari memiliki tim robot yang disebut crawlers atau spiderbots untuk menemukan berbagai konten yang telah diperbaharui di internet.
- Indexing: Saat crawler sudah menemukan konten yang memenuhi syarat teknis menurut mesin pencari, selanjutnya konten tersebut akan ditambahkan ke dalam database URL besar yang disebut search index.
- Ranking: Terakhir, mesin pencari akan mengurutkan konten-konten tadi berdasarkan relevansi dari keyword yang dicari oleh pengguna (user).
Manfaat SEO untuk Bisnis
Berikut manfaat yang bisa diperoleh dari pemanfaatan SEO untuk bisnis:
1. Membangun brand awareness
Salah satu manfaat dari penerapan SEO adalah membantu membangun brand awareness. Ini bisa terwujud apabila website Anda mendominasi kata kunci yang ditargetkan berdasarkan produk atau layanan yang dijual.
Semakin sering website Anda muncul di ranking teratas mesin pencari, maka semakin banyak pengguna yang mengenal website atau brand Anda.
2. Meningkatkan traffic, engagement, dan conversion
Manfaat penerapan strategi SEO dalam bisnis berikutnya adalah dapat meningkatkan traffic. Peningkatan traffic yang signifikan ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu meningkatkan engagement sekaligus conversion.
3. Memahami pengguna dengan lebih baik
Strategi Search Engine Optimization juga dapat jadikan sebagai informasi untuk memahami perilaku pengguna, keyword (kata kunci) yang dicari, dan preferensi mereka. Informasi-informasi tadi kemudian dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran lebih lanjut.
4. Meningkatkan kredibilitas website
Manfaat lain dari penerapan Search Engine Optimization di bisnis adalah dapat meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan kepada website Anda. Dengan selalu muncul di rangking teratas mesin pencari, website Anda pun akan mulai mendapatkan kepercayaan dan kredibilitas di mata pengguna internet.
5. Membuka lapak iklan untuk produk lain
Website yang mendapatkan rangking teratas dari mesin pencari tidak hanya menarik traffic secara organik, tapi juga perhatian dari berbagai brand lain. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk memperoleh keuntungan dengan membuat lapak iklan.
Apalagi saat ini, banyak brand yang rela membayar untuk bisa menempatkan iklannya di situs-situs yang memiliki lalu lintas traffic tinggi guna mendapatkan eksposur.
Jenis-jenis SEO
Jika Anda ingin menerapkan strategi pemasaran digital ini, terdapat tiga jenis Search Engine Optimization (SEO) yang wajib Anda ketahui, yaitu:
- SEO On-Page: Optimasi yang dilakukan di dalam halaman website Anda, termasuk mengoptimalkan kata kunci, struktur konten tag HTML (seperti judul, meta deskripsi, tag header), dan pemilihan gambar.
- SEO Off-Page: Optimasi yang dilakukan di luar website untuk meningkatkan otoritas dan reputasinya. Optimasi ini mencakup membangun backlink (tautan balik) dari website lain, mem-posting konten tamu di website lain, dan berpartisipasi dalam media sosial.
- Technical SEO: SEO jenis fokus pada optimasi teknis dari website Anda yang mencakup crawling, indexing, kecepatan loading, meminimalisir dead link, dan optimasi pengalaman pengguna (UX experience).
Perlu diingat, ketiga jenis SEO ini saling berkaitan sehingga Anda tidak bisa hanya memilih salah satunya saja agar bisa mendapatkan ranking teratas mesin pencari.
Jadi, apakah Anda tertarik menerapkan strategi SEO untuk bisnis Anda?