Mengembangkan usaha tidak hanya soal memiliki modal yang cukup. Anda juga perlu menyusun strategi marketing dan komunikasi yang tepat supaya usaha Anda dapat dikenal khalayak luas sehingga pada akhirnya membantu meningkatkan omset bisnis Anda. Nah, salah satu strategi komunikasi yang bisa Anda coba adalah dengan menerapkan integrated marketing communication. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya? Mari simak ulasan berikut.
Apa itu Integrated Marketing Communication?
ntegrated marketing communication (IMC) atau komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep strategi untuk merancang komunikasi antara merek dan pelanggan melalui berbagai media pemasaran. Strategi IMC bertujuan untuk memengaruhi konsumen dengan menerapkan elemen promosi hingga ke tingkat kognisi, afeksi, dan konasi.
Elemen pemasaran yang diterapkan IMC meliputi soft selling dan hard selling. Soft selling adalah pemasaran tidak langsung yang meliputi periklanan (advertising), public relation, corporate social responsibility (CSR), dan interactive marketing. Sementara itu, hard selling berarti pemasaran secara langsung dan tatap muka dengan calon pelanggan.
Manfaat Integrated Marketing Communication
Di bawah ini adalah sejumlah manfaat integrated marketing communication.
- Hemat Biaya dan Waktu
Integrated marketing communication dimaksudkan untuk menyampaikan pesan yang kuat, jelas, dan konsisten sehingga calon pelanggan bisa benar-benar menerima dan memahami pesan yang ingin perusahaan sampaikan tanpa perlu melakukan banyak campaign. Selain efektif menghemat waktu, hal tersebut dapat menghemat biaya untuk melakukan produksi. Pada prinsipnya, kunci dari IMC adalah efisiensi.
- Efektif dalam Meningkatkan Brand Awareness
Saat ini, konsumen dihadapkan dengan banyaknya iklan komersial setiap hari, mulai dari iklan di radio, TV, surat kabar, papan reklame di sepanjang jalan raya, panggilan dari telemarketer, spanduk di situs laman, promosi di media sosial, dan lain sebagainya. Banyaknya iklan yang tersebar di berbagai media tersebut nyatanya justru membuat konsumen kewalahan sehingga pada akhirnya pesan-pesan tersebut dibiarkan atau diabaikan begitu saja. IMC sendiri hadir untuk mengurangi risiko tersebut dengan meningkatkan brand awareness secara efektif dengan pesan yang kuat dan konsisten.
- Menciptakan Pengalaman Pelanggan
Seiring dengan kecanggihan dunia digital saat ini, pelanggan tidak hanya mencari produk berdasarkan kualitas dan pelayanannya saja, tetapi mencari berbagai produk dan layanan yang benar-benar sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Dengan strategi IMC, pelanggan akan ikut menentukan bagaimana pesan dari usaha Anda tersampaikan sehingga Anda bisa menciptakan user experience yang lebih baik.
Contoh Integrated Marketing Communication
Berikut merupakan contoh penerapan integrated marketing communication.
- Promosi Iklan
Iklan merupakan salah satu media IMC jenis promosi soft selling. Iklan menunjukkan keunggulan suatu produk dan membantu membandingkan dengan produk lain. Biasanya, iklan dapat digunakan di berbagai media seperti TV, media sosial, papan reklame, dan lain sebagainya. Selain itu, iklan juga membantu memberikan pengetahuan merek kepada konsumen sehingga calon pelanggan akan lebih penasaran dan tertarik terhadap produk yang dipromosikan.
- Promosi Event dan Experience
Event dan experience termasuk cara efektif untuk berinteraksi dengan konsumen sekaligus mengenalkan produk. Misalnya, dengan mengadakan konser musik atau meluncurkan produk baru. Anda bisa menargetkan audiens yang hadir untuk menjadi pengguna baru produk Anda.
- Promosi Sales
Promosi ini menggunakan sistem diskon, potongan pembelian atau bonus. Cara ini mampu meningkatkan minat konsumen untuk membeli dan juga mempromosikan produk ke kerabat atau teman.
- Promosi Direct Selling
Berbeda dengan promosi iklan, promosi direct selling merupakan jenis promosi hard selling atau menawarkan produk secara langsung. Media ini biasanya dilakukan oleh SPG di suatu event atau penjaga toko.
Itulah ulasan singkat seputar integrated marketing communication. Anda tentunya dapat mulai mencoba menerapkan strategi IMC yang optimal untuk mengembangkan bisnis Anda lebih luas.