Manfaat dan Contoh Integrated Marketing Communication

Mengembangkan usaha tidak hanya soal memiliki modal yang cukup. Anda juga perlu menyusun strategi marketing dan komunikasi yang tepat supaya usaha Anda dapat dikenal khalayak luas sehingga pada akhirnya membantu meningkatkan omset bisnis Anda. Nah, salah satu strategi komunikasi yang bisa Anda coba adalah dengan menerapkan integrated marketing communication. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya? Mari simak ulasan berikut.

Apa itu Integrated Marketing Communication?

ntegrated marketing communication (IMC) atau komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep strategi untuk merancang komunikasi antara merek dan pelanggan melalui berbagai media pemasaran. Strategi IMC bertujuan untuk memengaruhi konsumen dengan menerapkan elemen promosi hingga ke tingkat kognisi, afeksi, dan konasi.

Elemen pemasaran yang diterapkan IMC meliputi soft selling dan hard selling. Soft selling adalah pemasaran tidak langsung yang meliputi periklanan (advertising), public relation, corporate social responsibility (CSR), dan interactive marketing. Sementara itu, hard selling berarti pemasaran secara langsung dan tatap muka dengan calon pelanggan.

Manfaat Integrated Marketing Communication

Di bawah ini adalah sejumlah manfaat integrated marketing communication.

  • Hemat Biaya dan Waktu

Integrated marketing communication dimaksudkan untuk menyampaikan pesan yang kuat, jelas, dan konsisten sehingga calon pelanggan bisa benar-benar menerima dan memahami pesan yang ingin perusahaan sampaikan tanpa perlu melakukan banyak campaign. Selain efektif menghemat waktu, hal tersebut dapat menghemat biaya untuk melakukan produksi. Pada prinsipnya, kunci dari IMC adalah efisiensi.

  • Efektif dalam Meningkatkan Brand Awareness

Saat ini, konsumen dihadapkan dengan banyaknya iklan komersial setiap hari, mulai dari iklan di radio, TV, surat kabar, papan reklame di sepanjang jalan raya, panggilan dari telemarketer, spanduk di situs laman, promosi di media sosial, dan lain sebagainya. Banyaknya iklan yang tersebar di berbagai media tersebut nyatanya justru membuat konsumen kewalahan sehingga pada akhirnya pesan-pesan tersebut dibiarkan atau diabaikan begitu saja. IMC sendiri hadir untuk mengurangi risiko tersebut dengan meningkatkan brand awareness secara efektif  dengan pesan yang kuat dan konsisten.

  • Menciptakan Pengalaman Pelanggan
    Seiring dengan kecanggihan dunia digital saat ini, pelanggan tidak hanya  mencari produk berdasarkan kualitas dan pelayanannya saja, tetapi mencari berbagai produk dan layanan yang benar-benar sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Dengan strategi IMC, pelanggan akan ikut menentukan bagaimana pesan dari usaha Anda tersampaikan sehingga Anda bisa menciptakan user experience yang lebih baik. 

Contoh Integrated Marketing Communication

Berikut merupakan contoh penerapan integrated marketing communication.

  • Promosi Iklan

Iklan merupakan salah satu media IMC jenis promosi soft selling. Iklan  menunjukkan keunggulan suatu  produk dan membantu membandingkan dengan produk lain. Biasanya, iklan dapat digunakan di berbagai media seperti TV, media sosial, papan reklame, dan lain sebagainya. Selain itu, iklan juga membantu memberikan pengetahuan merek kepada konsumen sehingga calon pelanggan akan lebih penasaran dan tertarik terhadap produk yang dipromosikan.

  • Promosi Event dan Experience

Event dan experience termasuk cara efektif untuk berinteraksi dengan konsumen sekaligus mengenalkan produk. Misalnya, dengan mengadakan konser musik atau meluncurkan produk baru. Anda bisa menargetkan audiens yang hadir untuk menjadi pengguna baru produk Anda.

  • Promosi Sales

Promosi ini menggunakan sistem diskon, potongan pembelian atau bonus. Cara ini mampu meningkatkan minat konsumen untuk membeli dan juga mempromosikan produk ke kerabat atau teman.

  • Promosi Direct Selling
    Berbeda dengan promosi iklan, promosi direct selling merupakan jenis promosi hard selling atau menawarkan produk secara langsung. Media ini biasanya dilakukan oleh SPG di suatu event atau penjaga toko.

Itulah ulasan singkat seputar integrated marketing communication. Anda tentunya dapat mulai mencoba menerapkan strategi IMC yang optimal untuk mengembangkan bisnis Anda lebih luas.

Share

Related Article

brd

Apa Saja Konten dari Business Requirement Document?

Keberhasilan suatu proyek sangat bergantung pada perencanaan dan pemahaman tentang apa yang ingin dicapai. Untuk alasan inilah, business requirement document atau BRD dibutuhkan.  Business Requirement

value stream mapping

Fungsi Value Stream Mapping dalam Manajemen Produksi

Efisiensi produksi tidak mungkin bisa dicapai tanpa mengetahui di mana titik permasalahan dan pemborosan itu terjadi. Untuk mengidentifikasinya, Anda membutuhkan alat yang tepat. Inilah saat

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: