Memahami Pentingnya Traksi untuk Sebuah Startup

Memahami Pentingnya Traksi untuk Sebuah Startup

Startup bisa saja belum menghasilkan keuntungan dan mulai mengajukan pendanaan ke investor. Selama bisnis startup tersebut sudah berjalan dan memiliki traksi yang bagus, investor umumnya akan tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh sang founder. Traksi sendiri dapat diartikan sebagai sumber daya tambahan yang dapat melejitkan bisnis.

Dalam bisnis, traksi ini biasanya memiliki korelasi kuat dengan growth. Bagi investor, traksi kerap dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengucurkan dana. Traksi yang bagus menunjukkan bahwa bisnis startup memiliki potensi untuk berkembang. Meski demikian, traksi tidak sama dengan revenue.

Selama startup memiliki growth yang bagus, seperti sudah berhasil mengakuisisi pasar yang luas, memiliki brand yang melekat kuat serta sumber daya manusia yang mampu mengakomodasi kebutuhan pelanggan, traksi yang dimiliki bisa dikatakan positif, bahkan meski belum menghasilkan keuntungan sama sekali.

Sedikitnya ada 3 faktor yang menjadi penunjang traksi. Jika Anda mencari cara mengembangkan bisnis startup, Anda harus memahami ketiganya.

Formasi

Bagaimana traksi diperoleh, formasi memiliki andil penting dalam terbentuknya traksi yang kuat. Seorang founder startup tidak hanya harus memahami produk dan solusi yang ditawarkan. Mereka juga harus tahu bagaimana cara membangun sebuah formasi yang mampu meningkatkan traksi bisnisnya.

Langkah awal harus dilakukan setelah Anda menemukan ide dan model bisnis yang tepat. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah situs resmi sebagai sarana promosi sekaligus media informasi tentang produk atau layanan yang Anda miliki.

Bisnis startup sendiri pada dasarnya sama dengan bisnis konvensional. Agar bisnis bisa berjalan, validasi pasar harus dilakukan. Dengan memiliki formasi yang solid, Anda bisa terhindar dari penghambat bisnis startup.

Pelanggan

Dalam bisnis startup, pelanggan juga bisa diartikan sebagai user. User atau pengguna aktif inilah yang nantinya akan menjadi aset sekaligus kunci dalam meyakinkan investor bahwa Anda benar-benar memiliki basis pengguna yang nantinya dapat dimonetisasi.

Jumlah pengguna aktif memang penting. Akan tetapi, hal tersebut menjadi kurang berarti jika Anda belum memiliki pengguna berbayar, atau setidaknya pengguna yang berpotensi untuk dimonetisasi. Itulah kenapa kualitas pengguna juga sangat penting. Namun untuk mendapatkan kualitas pengguna seperti ini, Anda harus memiliki produk dan layanan yang benar-benar memberikan solusi.

Produk dan Tim Pengembang

Traksi tidak mungkin bisa didapatkan tanpa produk yang bagus dan tim pengembang yang kompeten. Di mana ada produk yang bagus, di baliknya pasti ada tim pengembang yang kompeten. Itulah kenapa keduanya tidak dapat dipisahkan.

Sebelum mengucurkan dana, investor biasanya akan melihat produk dan latar belakang tim pengembangnya. Bagaimana pengetahuan, kemampuan dan pengalaman mereka? Investor akan lebih tertarik dan lebih yakin saat mengetahui bahwa startup yang mereka danai nanti memiliki tim pengembang yang memiliki kemampuan dan berpengalaman di bidangnya.

Bukan hanya dalam hal individu, kerja sama antar anggota tim juga menjadi pertimbangan investor. Jika startup tersebut memiliki tim yang solid, memiliki target dan rencana yang jelas, keyakinan investor untuk menanamkan modal akan meningkat.

Founder startup harus memahami bahwa ketiga faktor penunjang traksi yang telah disebutkan di atas tidak dapat dilihat secara terpisah. Ketiganya adalah satu kesatuan yang saling mempengaruhi. Hubungan kuat antara formasi, pelanggan hingga produk dan tim pengembang inilah yang nantinya akan mempengaruhi traksi dan penilaian investor.

Jika investor menilai bahwa bisnis startup tersebut memang memiliki potensi dan telah membuktikan diri melalui traksi yang kuat, pendanaan dan pengembangan dipastikan terjamin.

Dalam hal ini, untuk Anda para founder startup potensial yang sudah mencapai tahap product market fit dan mengalami kesulitan dalam pengembangan bisnis, ada Startup Studio Indonesia (SSI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI).

Program ini dibuat untuk memfasilitasi startup digital yang sudah mencapai tahap product market fit dan memiliki founder yang potensial untuk menjawab masalah sulitnya mendapatkan sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis. Program ini diusung untuk menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya potensial yang bisa diakses para founder dalam berinovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia. Apakah Anda siap untuk #GoTheExtraMiles? Cek informasi lengkapnya di Program SSI!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

market size

Pentingnya Mengukur Market Size Bagi Sebuah Startup

Market size menjadi salah satu pertimbangan dan hal yang sering ditanyakan oleh para investor, karena market size sangat membantu mereka untuk meninjau ulang apakah investasi

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: