Memahami Pentingnya User Generated Content untuk Brand

User generated content atau yang biasa dikenal sebagai UGC adalah konten asli dari merek tertentu yang dibuat oleh konsumen dan dipublikasikan di media sosial atau saluran komunikasi lainnya. UGC hadir dalam berbagai bentuk, termasuk gambar, video, ulasan, testimonial, atau bahkan podcast.

Dalam metode komunikasi tradisional, suatu sumber memberikan informasi kepada banyak penerima, seperti iklan di saluran berita lokal, artikel surat kabar, atau bahkan buku. Namun, beberapa media memilih model bisnis sebagai UGC, atau mendorong kontributor yang tidak dibayar untuk menyediakan konten yang dapat diterbitkan ulang dan dipromosikan.

Kenapa User Generated Content Penting?

Dengan meningkatnya penggunaan media sosial, konten yang dibuat pengguna dan meraih jangkauan yang organik menjadi lebih populer dibandingkan metode lainnya. Konsumen menghasilkan konten khusus mengenai merek tertentu yang sangat penting dalam memengaruhi mindset konsumen baru. Berikut manfaat dari user generated content.

  • Authenticity

Dalam dunia online yang kompetitif, sebuah merek bisa mendapatkan dampak positif dari sebuah ulasan, sentimen, dan perhatian otentik yang dihasilkan oleh konsumen mereka. User generated content juga dapat meningkatkan jangkauan dan pertumbuhan media sosial dari sebuah merek karena sebagian besar konsumen bersedia menerima rekomendasi untuk produk dan layanan jika orang-orang nyata yang memberikan rekomendasi.

  • Brand Loyalty 

User generated content memupuk loyalitas merek karena konsumen yang membuat konten bukanlah perwakilan dari perusahaan tersebut. Perusahaan dapat memperoleh tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi dengan mengutamakan audiens dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam membangun citra merek.

  • Efektivitas Biaya

User generated content adalah opsi hemat biaya untuk bisnis yang ingin mempromosikan merek mereka tanpa menghabiskan banyak biaya untuk promosi dan iklan. Konsumen yang tidak dibayar akan membagikan pengalaman mereka dengan produk atau layanan Anda dan membangun koneksi dengan individu yang memiliki pengalaman serupa.

  • Peningkatan SEO (Search Engine Optimization)

Ulasan dan survei konsumen yang positif dapat meningkatkan pengoptimalan SEO di mesin pencari seperti Google. Menganalisis kata kunci dan frasa pencarian konsumen memungkinkan merek untuk mengoptimalkan kata kunci di mesin pencari.

Bagaimana Mengintegrasi User Generated Content ke Strategi Marketing Anda?

Sebuah studi tentang user generated content yang dilakukan Dynata menunjukkan bahwa 80% konsumen lebih cenderung melakukan pembelian jika merek tersebut menawarkan pengalaman konsumen yang bisa dipersonalisasi. Data ini hanyalah salah satu contoh pentingnya mengintegrasikan user generated content ke dalam strategi pemasaran. Berikut beberapa cara bagaimana Anda mengintegrasikannya.

  • Ulasan

Sebelum membuat keputusan pembelian, kebanyakan konsumen membaca ulasan produk karena bisa memberikan gambaran sekilas tentang produk yang mereka minati. Ulasan juga meningkatkan faktor keandalan suatu merek dan membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web yang menghasilkan peningkatan rasio konversi.

Untuk mengintegrasikan ulasan ke dalam strategi pemasaran, perusahaan harus mendorong konsumen untuk meninggalkan ulasan untuk setiap produk yang mereka beli. Anda juga harus memberi konsumen sebuah opsi bagi mereka untuk meninggalkan ulasan di berbagai platform, seperti Facebook, Google, atau TripAdvisor.

  • Hashtag

Kontes hashtag atau tagar dapat memotivasi konsumen untuk berkontribusi pada kampanye iklan yang Anda lakukan. Konsumen dapat menggunakan tagar khusus untuk berbagi konten, seperti foto dan video di platform media sosial untuk memenangkan hadiah. Kontes ini adalah pilihan yang bagus untuk merek yang ingin mempopulerkan hashtag mereka karena membantu meningkatkan brand awareness dan dapat membantu meningkatkan penjualan.

  • Gamifikasi

Strategi berbasis insentif ini membuat UGC menghibur dan bermanfaat bagi konsumen. Pengguna akan merasa diakui dan dihargai sebagai imbalan mereka dalam menyelesaikan beberapa tugas. Anda dapat menggunakan konsep seperti skor tinggi, lencana, papan peringkat, level, dan poin untuk mendorong orang menyelesaikan tugas dan berbagi pengalaman dengan produk atau jasa yang mereka pakai.

  • Konten Video

Video memiliki potensi untuk dapat dibagikan secara cepat dan kemungkinan menjadi viral. Ini sangat penting untuk meningkatkan brand awareness. Ketika orang melihat konsumen-konsumen asli merekam pengalaman berbelanja produk Anda, orang-orang akan secara otomatis menanamkan kepercayaan pada produk dan layanan Anda.
Itulah pentingnya user generated content dan tips mengintegrasikannya ke dalam strategi pemasaran Anda. Dengan beberapa keunggulannya, Anda tentunya tidak dapat hanya mengandalkan user generated content untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Share

Related Article

Apa Saja Komponen dalam marketing intelligence

Marketing intelligence adalah strategi yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan. Yuk, ketahui lebih dalam tentang pengertian marketing intelligence, jenis-jenis,

Mengenal Kaizen, Filosofi Jepang untuk Perusahaan Anda

Pernahkah Anda mendengar istilah continuous improvement? Continuous improvement atau disebut juga kaizen adalah filosofi kerja yang mengutamakan perbaikan atau peningkatan secara berkelanjutan. Pada praktiknya, filosofi

Tips Ampuh Kurangi Churn Rate pada Bisnis Anda

Churn rate adalah salah satu indikator untuk melihat apakah suatu bisnis berjalan baik atau tidak. Semakin tinggi churn rate, artinya semakin rendah pula angka pertumbuhan

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: