Ketika orang tidak memahami pentingnya PR (Public Relations), mereka tidak akan menginvestasikan uang mereka untuk bermitra dengan perusahaan PR. Padahal, PR sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan startup secara keseluruhan di masa depan.
Lantas seberapa signifikannya PR terhadap perusahaan startup? PR yang baik dapat membantu perusahaan startup membentuk citra publik yang positif, membangun media sosial, hingga jejaring media tradisional. Bahkan Bill Gates berkata: “Jika saya memiliki satu dolar tersisa, saya akan membelanjakannya untuk PR.” PR yang baik membantu startup meningkatkan reputasi perusahaan, dan pada akhirnya akan menghasilkan pertumbuhan moneter dan peningkatan penjualan.
PR memiliki ritme kerjanya sendiri, kecuali jika sebuah perusahaan startup sudah memiliki produk yang paten. Hal terburuk yang bisa dialami oleh startup adalah keluar ke publik sebelum waktunya, sehingga bisa menimbulkan citra negatif di tengah masyarakat. Hal itu bisa diibaratkan seperti ada permen karet di alas sepatu, sekali menempel, sulit untuk dilepaskan. Untuk waktu yang lama, startup akan dibebani dengan citra negatif tersebut.
Lalu bagaimana perusahaan startup memanfaatkan PR? Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ingat:
Mengidentifikasi Tujuan
Mengidentifikasi tujuan startup dan menentukan pesan utama adalah hal penting untuk membantu mencapai tujuan yang benar. Sasaran awal dapat mencakup peningkatan pengunjung situs website, menarik konsumen baru, atau membangun brand awareness. Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan berikut: Apa yang Anda ingin orang-orang ingat tentang perusahaan Anda? Mengapa harus ada yang peduli? Apa nilai jual utama produk Anda?
Fokus pada Kekuatan yang Dimiliki
Di saat krisis, itulah waktu yang tepat untuk mengeluarkan kelebihan Anda. Keunikan produk atau layanan Anda layak untuk segera dikeluarkan. Perusahaan perlu berkaca lebih dalam untuk mengetahui value proposition apa yang harus ditonjolkan kepada publik.
Perusahaan startup jauh lebih fleksibel daripada perusahaan besar untuk beradaptasi pada sebuah keadaan atau krisis, bahkan mampu mengubah fokus dan menata kembali diri mereka sendiri jika perlu untuk mengatasi krisis.
Perusahaan startup seringkali lebih mampu cepat beradaptasi dengan teknologi baru, dan itu bisa menjadi keuntungan besar. Contohnya di saat pandemi seperti ini ketika tempat kerja pindah secara virtual dan memperbolehkan karyawan untuk bekerja dari lokasi mana saja.
Implementasi PR Storytelling
PR storytelling memberi Anda kekuatan untuk terhubung dengan konsumen Anda pada tingkat emosional. Anda bahkan dapat menggunakan hubungan emosional seperti ini dengan para wartawan.
Pastikan Anda berpikir dari sudut pandang seorang jurnalis, contohnya seperti apa yang ingin dibaca oleh konsumen Anda? Setelah Anda sudah mengantongi topik, buatlah garis besarnya. Menulis garis besar memungkinkan Anda untuk melihat apakah poin-poin Anda akan menarik minat reporter atau blogger.
Tidak Ada Jalan Pintas
Tidak ada jalan pintas dalam eksekusi PR. Pasalnya, Anda adalah sebuah perusahaan startup baru dengan tim yang relatif tidak dikenal. Mendapatkan perhatian pers sebagai startup membutuhkan ketekunan dan kreativitas. Jangan hanya mengirimkan email ke setiap jurnalis yang informasi kontaknya dapat Anda temukan. Anda perlu melakukan riset, dan dekati setiap pers dengan sebuah strategi matang.
Jalin Hubungan Baik
Anda harus mulai menjalin hubungan baik sebelum Anda menarik jurnalis. Berinteraksilah dengan mereka di media sosial atau media apapun. Menjadi bagian dari diskusi dan berkontribusi pada percakapan dengan cara yang konstruktif. Dan ketika Anda memiliki kesempatan untuk berbicara dengan seorang jurnalis, jangan mempromosikan merek Anda.
Sebaliknya, tetap berpegang pada topik yang menunjukkan pengetahuan dan keahlian Anda. Biarkan mereka melihat Anda sebagai pribadi, bukan hanya merek yang mencoba mendorong minatnya sendiri.
Fresh
Selalu mencoba untuk menawarkan perspektif baru pada PR storytelling Anda. Cari alternatif yang akan memberi Anda kesempatan untuk bersaing dengan cerita dari kompetitor lain. Dalam hal ini, Anda akan dituntut untuk selalu berpikir out of the box, sehingga bisa menarik bagi jurnalis dan blogger dengan cara yang berbeda dari biasanya.
Untuk startup, tujuan utama PR adalah untuk menumbuhkan brand awareness terhadap masyarakat. Namun, itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Inilah alasan mengapa PR agency dapat menjadi angin segar untuk perusahaan startup.