Competitor research atau riset kompetitor merupakan praktik yang umum dilakukan dalam dunia bisnis. Biasanya, riset kompetitor dilakukan untuk lebih mengenal kompetitor sekaligus meningkatkan kualitas produk agar bisa memenangkan persaingan startup. Riset kompetitor pun menawarkan banyak manfaat bagi para pelaku bisnis yang mempraktikkannya. Berikut manfaat riset kompetitor yang bisa Anda dapatkan.
Membantu Menemukan Keunikan Bisnis dan Produk Anda
Ada beberapa pendekatan yang dilakukan oleh pelaku bisnis saat memilih sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan melihat kebutuhan pasar dan solusi yang sudah ada saat ini. Karena itulah, ada banyak sekali produk-produk yang mirip dengan solusi yang juga mirip antara brand yang satu dengan yang lain.
Riset kompetitor memungkinkan Anda untuk mengetahui itu semua. Anda bisa tahu seperti apa karakter produk ataupun brand kompetitor Anda. Berangkat dari sini, Anda bisa mencari keunikan yang hanya ada dalam bisnis atau produk Anda. Diferensiasi seperti ini nantinya akan membantu bisnis agar tidak tenggelam dan terlihat berbeda diantara produk-produk atau bisnis-bisnis lain yang sejenis.
Membantu Meningkatkan Produk dan Layanan
Menghadapi kompetitor yang lebih awal memulai di bisnis yang sama saja sudah sulit. Belum lagi menghadapi kompetitor-kompetitor baru yang terus bermunculan. Seiring dengan semakin banyaknya pilihan, konsumen juga jadi semakin selektif. Ekspektasi mereka pun semakin tinggi.
Riset kompetitor bisa membantu meningkatkan kualitas produk dan layanan. Melalui riset kompetitor, Anda bisa melihat kelebihan sekaligus kekurangan kompetitor. Berangkat dari sini, Anda jadi tahu apa saja yang bisa ditingkatkan dari produk atau layanan yang dimiliki.
Mendukung Strategi Pemasaran
Kompetitor bukan hanya sekedar pesaing. Mereka juga bisa menjadi gudang ide untuk mengembangkan strategi pemasaran. Dibandingkan dengan aspek lain, pemasaran juga tergolong aspek yang relatif lebih mudah untuk diamati.
Melalui rekam jejak kompetitor, Anda bisa memprediksi peluang bisnis yang tengah dijalani. Anda juga bisa melihat strategi pemasaran yang potensial dan bisa dijadikan ide untuk bisnis Anda. Tentu saja, ketajaman strategi pemasaran juga ditentukan oleh perjalanan Anda dalam menjalankan bisnis. Namun dengan riset kompetitor, setidaknya Anda tahu di mana Anda bisa memulai.
Memperkuat Brand Positioning
Menjual tas tenun ke orang yang lebih peduli pada urusan fungsionalitas adalah keputusan yang kurang tepat. Selain kurang dihargai, produk tersebut juga akan dinilai terlalu mahal. Ini bisa terjadi karena konsumen akan membandingkan produk tas tenun dengan tas fungsional lain yang tentunya punya harga yang lebih murah.
Agar produk lebih dihargai, Anda harus tahu di mana posisi produk Anda berada. Dalam kasus tas tenun, tentu akan lebih baik jika memposisikannya sebagai produk kerajinan tangan alih-alih tas biasa. Dengan brand positioning yang berbeda, orang akan melihat produk Anda dengan cara yang berbeda pula. Selain itu mereka juga bisa melihat lebih jelas berapa harga yang pantas untuk produk Anda
Ingat, di dunia ini tidak ada produk yang benar-benar murni original. Apapun produk atau solusi yang Anda jual, sebelumnya pasti sudah ada yang membuatnya. Jadi berpikir untuk menjadi satu-satunya dan mencari keuntungan dari sana bukanlah pemikiran yang bijaksana. Daripada berusaha menjadi benar-benar unik, akan lebih masuk akal jika membuat brand Anda terlihat sedikit berbeda.
Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kompetitor. Dengan mempelajari kompetitor, Anda bisa melihat kelebihan yang bisa ditiru dan kekurangan yang bisa Anda isi. Riset kompetitor adalah pekerjaan yang tiada akhirnya. Jadi agar bisnis Anda bisa tetap eksis, riset kompetitor harus terus dilakukan.