Memahami Daily Active Users & Monthly Active Users pada Startup

Daily Active Users & Monthly Active Users | SSI

Daily active users (DAU) dan monthly active users (MAU) merupakan dua metrik yang berperan penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan, terutama startup. Dengan dua metrik ini, Anda dapat menghitung berapa banyak jumlah pengguna aktif produk digital seperti website atau aplikasi mobile setiap hari atau setiap bulannya. Menghitung pengguna aktif dapat membantu Anda dalam menilai efektivitas kampanye pemasaran dan pengalaman pelanggan atau customer experience.

Pengertian Daily Active Users dan Monthly Active Users

DAU dan MAU adalah metrik yang dapat menghitung jumlah pengguna aktif produk digital Anda secara harian maupun bulanan. Dua metrik ini pun dapat memberikan Anda informasi tentang kondisi bisnis sekaligus digunakan sebagai basis untuk menghitung metrik lainnya.

  1. Apa Itu Daily Active Users?

DAU atau pengguna aktif harian adalah metrik untuk mengukur jumlah pengguna yang masuk dan berinteraksi dengan produk digital Anda setiap harinya. Melacak DAU dapat memberikan insight tentang jumlah pengunjung yang menggunakan dan menilai produk atau layanan Anda. Pengguna aktif di sini mengacu pada mereka yang dianggap sebagai pengguna unik karena telah log in atau masuk ke website atau aplikasi Anda.

Terkadang, suatu bisnis tidak hanya melihat pengguna yang masuk ke dalam platform sebagai tindakan yang menentukan. Mereka juga mengandalkan tindakan berbasis value yang lebih spesifik, tergantung dari produk atau industri yang digeluti. Misalnya:

  • Aplikasi game online: bermain game, membuat akun, dan share.
  • Aplikasi keuangan: membuat laporan keuangan, menyusun budget, dan membuat akun.
  • Blog: login, membuka halaman, menyimpan artikel.
  1. Apa Itu Monthly Active Users?

MAU adalah metrik yang mengukur jumlah pengguna unik suatu aplikasi selama periode 30 hari. Metrik ini menunjukan kemampuan produk Anda dalam menarik dan mempertahankan pengguna dari waktu ke waktu. MAU sering dianalisis berdasarkan daily active users untuk mendapatkan insight yang lebih bermakna terkait keterlibatan pelanggan dengan suatu produk. Melacak MAU juga bermanfaat untuk memperkirakan pengurangan pelanggan dan menanggapi potensi masalah secara proaktif.

Pentingnya Daily Active Users dan Monthly Active Users dalam Bisnis

Dalam menjalankan suatu bisnis, menghitung DAU dan MAU sangatlah penting untuk:

  • Mengetahui bagaimana pelanggan menggunakan produk Anda.
  • Melakukan perbaikan sekaligus menemukan permasalahan yang perlu diatasi.
  • Merencanakan kampanye pemasaran selanjutnya.
  • Tidak hanya menentukan apakah produk sedang aktif digunakan, tapi juga untuk menetapkan budget perusahaan yang sesuai.
  • Menciptakan produk yang memberikan solusi yang solid bagi pengguna.
  • Mengetahui kesehatan bisnis Anda secara keseluruhan.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu menghitung daily active users dan monthly active users. Dua metrik ini tentunya dapat membantu dalam mengembangkan usaha dan memastikan pelanggan tetap setia menggunakan bisnis Anda.

Cara Menghitung DAU dan MAU

Daily active users dihitung menggunakan jumlah total pengguna unik setiap harinya, termasuk pengguna baru dan pengguna lama. Secara teknis, sebenarnya tidak ada rumus khusus untuk menghitung DAU. Namun, analytic tools seperti Google Analytics dapat dengan mudah menunjukan jumlah DAU.

Dalam menghitung monthly active users, Anda terlebih dahulu perlu mendefinisikan seperti apa sih pengguna aktif itu. Apakah cukup dengan mereka yang masuk pada aplikasi Anda atau menyelesaikan tugas tertentu? Setelah itu, Anda tinggal mengukur berapa banyak dari mereka yang masuk dalam periode satu bulan.

Setelah menghitung DAU dan MAU, Anda pun bisa menghitung rasio dari kedua metric itu dengan cara bagi jumlah DAU dengan MAU, hasilnya merupakan persentase atau rasio dari DAU/MAU.

Baik daily active users dan monthly active users memiliki peranan penting untuk mengukur perkembangan suatu bisnis. Maka dari itu, pastikan Anda memahami kedua metrik ini untuk perkembangan bisnis startup Anda. 

Referensi:

glints.com/id/lowongan/daily-active-user/#.YYUREmBBxPY

profitwell.com/recur/all/daily-active-users

profitwell.com/recur/all/monthly-active-users

adjust.com/glossary/active-user/

baremetrics.com/academy/daily-active-user

baremetrics.com/academy/startups-know-monthly-active-users

clevertap.com/blog/dau-vs-mau/

Diakses pada: 15 November 2021

Share

Related Article

Seberapa Penting Customer Success dalam Suatu Bisnis?

Perusahaan yang sukses bertahan di tengah gempuran kompetitor adalah perusahaan yang mampu menjaga loyalitas pelanggannya. Salah satu cara untuk menjaga loyalitas tersebut adalah dengan memberikan

Tips Menyusun Contingency Plan untuk Bisnis Anda

Tidak ada yang pasti dalam dunia bisnis. Jika saat ini bisnis mungkin sedang bagus dan berjalan sesuai dengan rencana, belum tentu besok hal serupa akan

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: