Perbedaan HRD dan HRM dalam Suatu Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki satu departemen yang bertugas dalam mengelola sumber daya manusia di organisasi tersebut. Tugas tersebut biasanya dipegang oleh divisi Human Resource Development atau biasa disingkat HRD.  

Namun, tahukah Anda HRD dan Human Resource Management (HRM) adalah dua hal yang berbeda? Untuk  mengetahui apa saja peranan HRD dan bedanya dengan HRM, mari simak pembahasan selengkapnya di sini! 

Pengertian Human Resource Development (HRD) 

Human resource development (HRD) adalah divisi dalam sebuah perusahaan yang berperan dalam mengembangkan keterampilan, pengetahuan, kemampuan setiap karyawan.   

HRD adalah subsistem dari HRM. Sebagai bagian dari HRM, HRD bertujuan meningkatkan keterampilan, kompetensi, pengetahuan, perilaku, dan sikap karyawan sehingga mereka bisa memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan. 

Di samping itu, HRD juga berperan dalam membayarkan gaji dan tunjangan, melakukan pemberhentian, meng-update undang-undang ketenagakerjaan yang sedang berlaku, serta mengurusi keperluan administrasi karyawan. 

Pengertian Human Resource Management (HRM) 

Human resource management (HRM) adalah cabang manajemen yang berurusan dengan manajemen karyawan.  

HRM mencakup suatu sistem atau pendekatan strategis untuk mengelola sumber daya manusia yang ada di sebuah perusahaan. Jika berhasil, pendekatan ini dapat memaksimalkan kontribusi karyawan terhadap pencapaian perusahaan.  

Dengan kata lain, HRM adalah serangkaian sistem yang digunakan untuk memaksimalkan performa karyawan secara efektif guna mendukung kinerja mereka sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan. 

Perbedaan Tugas dan Tanggung Jawab antara HRD & HRM 

Baik HRD dan HRM memiliki keterkaitan yang erat dalam mengelola SDM di sebuah perusahaan. Kendati begitu ada perbedaan dalam tugas dan tanggung jawab keduannya. 

  1. HRD 
  • HRD menyediakan sarana pengembangan keterampilan dan kompetensi bagi karyawan secara keseluruhan 
  • Tugas utama HRD diarahkan kepada pengembangan karier, identifikasi karyawan yang potensial, menyediakan pelatihan dan pengembangan, manajemen talenta, manajemen kinerja, pembinaan dan pendampingan, dan lain sebagainya 
  • Di sebagian besar organisasi ataupun perusahaan, HRD bertanggung jawab dalam pengembangan karyawan sejak mereka bergabung hingga pemutusan hubungan kerja atau pensiun.  
  1. HRM 
  • HRM menggabungkan berbagai kegiatan yang mencakup rekrutmen, seleksi, orientasi, pelatihan, pengembangan keterampilan, penilaian kinerja, insentif, penghargaan dan kompensasi, pemeliharaan keselamatan tempat kerja, motivasi staf, rencana kesejahteraan pekerja, dan sebagainya. 
  • HRM memiliki tugas untuk memenuhi tuntutan yang terus muncul dalam suatu organisasi sekaligus menjaga hubungan baik di seluruh organisasi dan berbagai tingkat manajemen 

Pada prinsipnya, HRD bertanggung jawab mengembangkan sumber daya manusia untuk meningkatkan performa mereka dalam bekerja di perusahaan, sedangkan HRM berperan sebagai manajemen aspek administratif dan strategis untuk mengelola karyawan yang bekerja di suatu perusahaan secara efektif.  

HRD berupaya memaksimalkan potensi karyawan melalui pelatihan dan pengembangan. Di sisi lain, HRM juga bertanggung jawab membuat kebijakan, prosedur, dan manajemen sumber daya manusia secara keseluruhan. 

Mengenal Fungsi HRD di Perusahaan 

  • Melakukan proses perekrutan karyawan 
  • Melakukan evaluasi atau penilaian karyawan 
  • Memberikan pelatihan guna mengembangkan potensi karyawan 
  • Merancang dan mengembangkan karier karyawan 
  • Membangun sebuah sistem untuk memudahkan SDM dalam bekerja secara efektif dan efisien 
  • Mendisiplinkan karyawan 
  • Melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan 
  • Pemberian kompensasi dan benefit bagi karyawan 
  • Mengumpulkan dan mengelola database karyawan 
  • Memperbarui kebijakan perusahaan 

Mengenal Fungsi HRM di Perusahaan 

  • Membangun komunikasi dua arah antara karyawan dan perusahaan, serta karyawan dan departemen lain 
  • Memberikan motivasi dan fasilitas guna mendukung kinerja seluruh karyawan 
  • Mengefisiensikan sistem pemberian gaji dan benefit guna meminimalkan terjadinya kesalahan dalam prosesnya 
  • Memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia dari berbagai divisi 
  • Menciptakan hubungan kerja yang baik antar divisi 
  • Menganalisis konflik antar sesama karyawan dan organisasi serta mencari solusi yang tepat  
  • Melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi, mengembangkan, atau menguji kinerja karyawan, serta dampaknya bagi perusahaan 
  • Memberikan insentif untuk mempertahankan karyawan yang bertalenta dan mendukung lingkungan kerja yang produktif 
  • Memastikan regenerasi karyawan perusahaan berjalan optimal  
  • Menjaga iklim kerja yang sehat 

Itulah perbedaan antara HRD dan HRM dalam suatu perusahaan. Perlu diingat bahwa keduanya sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan.  

Share

Related Article

brd

Apa Saja Konten dari Business Requirement Document?

Keberhasilan suatu proyek sangat bergantung pada perencanaan dan pemahaman tentang apa yang ingin dicapai. Untuk alasan inilah, business requirement document atau BRD dibutuhkan.  Business Requirement

value stream mapping

Fungsi Value Stream Mapping dalam Manajemen Produksi

Efisiensi produksi tidak mungkin bisa dicapai tanpa mengetahui di mana titik permasalahan dan pemborosan itu terjadi. Untuk mengidentifikasinya, Anda membutuhkan alat yang tepat. Inilah saat

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: