Profil 15 Startup Peserta SSI Batch 2: Appskep, Cerah.co, Dibimbing.id

Appskep

Startup Studio Indonesia (SSI) merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi startup digital yang tengah berproses untuk mencapai tahap product – market fit dengan traction yang menjanjikan dan founder yang potensial.

Demi memfasilitasi perkembangan startup tersebut, SSI melakukan seleksi untuk startup-startup berpotensi setiap tahunnya, dan yang terpilih akan dibantu melalui coaching dan mentoring bersama founder-founder dari startup ternama.

Terpilihnya 15 startup untuk mengikuti SSI Batch 2 ini membuka kesempatan bagi para startup potensial terpilih untuk dapat berkembang dan mendapatkan berbagai solusi yang dibutuhkan. Di artikel ini, kita akan membahas tentang profil dari 15 startup terpilih, dan pada kesempatan ini, kita akan fokus pada sektor education technology (edutech), yaitu Appskep, Cerah.co, dan Dibimbing.

Appskep

Salah satu startup peserta SSI Batch 2 ini berfokus pada layanan bimbingan belajar dan try out berbasis digital. Appskep menjadi platform persiapan berbasis digital yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi peserta persiapan uji kompetensi. Appskep juga menyediakan promo gratis untuk bidang tertentu.

Startup yang berlokasi kota Padang, Sumatera Barat ini telah digunakan oleh peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Layanan yang disediakan oleh startup ini juga beragam, mulai dari paket Try Out gratis hingga paket Try Out Non Pembahasan, paket Try Out Pembahasan dan Paket Bimbingan Belajar Intensif yang berbayar mulai dari Rp 65.000 sampai Rp 550.000.

Keunggulan yang ditawarkan oleh Appskep adalah:

  • Sistem try out yang mudah digunakan karena tampilan desain platform yang dinamis dan responsif.
  • Try out dilaksanakan secara online sehingga bisa diakses dengan mengunjungi website resmi Appskep melalui laptop atau smartphone.
  • Peserta dapat mengetahui kemampuannya secara detail karena hasil ujian/skor dapat diketahui langsung setelah try out selesai dengan dilengkapi skor lengkap terkait bidang yang diujikan.
  • Peserta dapat mengakses grafik/rapor yang didesain sebagai media evaluasi pembelajaran dan latihan peserta selama menggunakan Appskep.
  • Terdapat forum pembahasan sebagai media diskusi online antara pengguna dan tutor Appskep.
  • Try out yang dapat diperoleh dengan harga yang ekonomis.

Halaman website Appskep dapat diakses di https://ukom.appskep.id/.

Cerah.co

Cerah.co berfokus pada layanan pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan secara online. Startup ini tidak hanya memfasilitasi seseorang untuk belajar bahasa Inggris berbasis online, tapi juga para guru untuk mengajar bahasa Inggris dengan jadwal yang fleksibel dan bayaran yang menjanjikan.

Cerah.co menerapkan sistem belajar mengajar online yang berbeda dari tempat kursus bahasa Inggris konvensional. Dari mulai sistem pengajaran, administrasi, jadwal mengajar, pembayaran, hingga materi pembelajaran, semuanya bisa diakses secara online.

Ada 2 (dua) fitur yang bisa diakses untuk belajar bahasa Inggris, yaitu CerahOnline, di mana Anda bisa belajar bahasa Inggris dari manapun Anda berada bersama guru asing dengan berbicara bahasa Inggris sepanjang waktu. Fitur CerahOnline terdiri atas kelas privat dengan harga Rp 82.500 per jam, dan kelas kelompok dengan jumlah orang mulai 2 – 4 orang yang harganya mulai Rp 41.250 – Rp 61.875.

Selain itu, ada juga CerahKids untuk anak-anak dengan pembagian kelas secara umur mulai 0-3 tahun, 4-7 tahun, 8-11 tahun dan 12-17 tahun. Seperti halnya CerahOnline, CerahKids juga terbagi atas kelas privat dan kelas kelompok dengan pembagian jumlah orang dan harga yang sama.

Halaman website Cerah.co dapat diakses di https://www.cerah.co/id/.

Dibimbing.id

Startup ini menyediakan layanan pengembangan karir melalui sistem intensive mentoring dan bootcamp untuk mengembangkan diri serta mindset. Dibimbing.id berupaya untuk membantu para pelajar, mahasiswa, fresh graduate, profesional, dan entrepreneur untuk meningkatkan beragam skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Para founder Dibimbing.id adalah alumni Universitas Indonesia (UI) yang sangat passionate di bidang pendidikan. Para mentor pun adalah para ahli yang bekerja di perusahaan multinasional dan unicorn tech company terbesar di Indonesia yang meliputi Gojek, Grab, Tokopedia, OVO, Ruangguru, Bukalapak, Shopee dan Blibli.

Sudah ada 147 mentor yang bergabung untuk membagikan ilmu dan inspirasinya buat para peserta. Hingga saat ini, peserta Dibimbing.id sudah lebih dari 10.000 orang, 50 kelas yang sudah diadakan dan sudah ada 912 alumni kelas dan bootcamp.

Dibimbing.id memiliki beberapa layanan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu:

  • MentoringTalks Series yang merupakan sharing session sebagai wadah berbagi ilmu dan pengalaman dari para mentor yang merupakan ahli di bidangnya masing-masing.
  • Intensive Mentoring yang merupakan program bimbingan langsung dari para mentor yang memiliki pilihan kelas berdasarkan topik-topik yang meliputi storytelling with data, SPSS, copywriting, UX research, Search Engine Optimization (SEO), dan social media marketing.
  • Bootcamp program yang didesain untuk para peserta yang ingin menjadi expert dalam waktu singkat untuk pilihan topik yang meliputi mobile development, fullstack web development, product management, UI/UX design, digital marketing, dan data science.
  • Expert Series dari para profesional untuk membantu peserta bisa mengembangkan karir profesionalnya.
  • Organization & Company Mentoring yang merupakan mentoring untuk meningkatkan performa dari SDM organisasi, UMKM atau perusahaan.

Halaman website Dibimbing.id dapat diakses di https://dibimbing.id/. Itulah profil tiga startup dari 15 peserta yang terlibat dalam SSI Batch 2 tahun ini. Melalui dukungan pelatihan SSI, diharapkan para founders dapat menghadirkan inovasi dan solusi yang dapat mengembangkan startup mereka.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

market size

Pentingnya Mengukur Market Size Bagi Sebuah Startup

Market size menjadi salah satu pertimbangan dan hal yang sering ditanyakan oleh para investor, karena market size sangat membantu mereka untuk meninjau ulang apakah investasi

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: