Profil 15 Startup Peserta SSI Batch 2: Ovento, Rahsa Nusantara, Tebengan

Profil 15 Startup Peserta SSI Batch 2

Startup Studio Indonesia (SSI) batch 2 masih terus berlangsung dengan program coaching dan mentoring dari para pelaku startup terkemuka di Indonesia. Sebanyak 15 startup telah terpilih untuk dibantu scale up dan berkembang lebih besar lagi.

Masing-masing startup yang terpilih mendapatkan kesempatan untuk dibantu dan dibimbing secara seksama untuk dapat bertumbuh dan berkembang. Di artikel ini, akan dibahas 3 startup selanjutnya dari 15 startup terpilih pada batch 2, yaitu Ovento, Rahsa Nusantara dan Tebengan.

Ovento

Ovento merupakan marketplace peluang usaha yang hadir untuk memberikan solusi end-to-end yang mudah dan aman bagi penggunanya. Di sini pengguna bisa menemukan bisnis franchise dari berbagai industri. Harga peluang usaha dan franchise yang ditawarkan juga bervariasi.

Untuk membantu pengguna mendapatkan pemasukan tambahan, Ovento juga menghadirkan berbagai fitur yang akan memudahkan user atau pembeli usaha dalam menemukan peluang bisnis atau franchise potensial dan sesuai minat.

Selain peluang usaha, Ovento juga menyediakan fitur pencarian lokasi usaha yang potensial. Akses informasi usaha lengkap juga tersedia untuk membantu menganalisis peluang bisnis yang akan dibeli.

Pembelian peluang usaha franchise dan UMKM di Ovento terdiri dari 4 tahap. Mulai dari pencarian usaha, pencarian lokasi, pembayaran hingga e-signing, semua proses pembelian peluang bisnis dapat dilakukan di satu tempat.

Selain menjadi jembatan bagi pembeli dan penjual usaha, Ovento juga menyediakan layanan konsultasi. Jika ada beberapa hal yang ingin ditanyakan atau ingin dikonsultasikan, pengguna bisa menghubungi konsultan Ovento.

Rahsa Nusantara

Rahsa Nusantara adalah marketplace yang dibangun atas dasar kepedulian akan kesehatan, kesadaran dan keberlanjutan alam. Rahsa Nusantara meyakini bahwa kesehatan harus bersifat holistik. Tidak hanya sehat untuk diri sendiri, manusia juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan alam.

Filosofi menjaga kesehatan yang lebih holistik diwujudkan dengan menyediakan beragam produk dari brand-brand yang memiliki kepedulian yang sama. Mulai dari bahan makanan, bumbu dapur, produk perawatan diri hingga suplemen kesehatan, Rahsa Nusantara berfokus pada produk-produk yang dapat membantu mewujudkan gaya hidup sehat dengan prinsip keberlanjutan.

Berbelanja di Rahsa Nusantara dapat dilakukan mulai dengan memilih produk yang ingin dibeli, checkout barang belanjaan dan bayar. Untuk memberi kemudahan bagi pengguna, Rahsa Nusantara menyediakan beberapa cara pembayaran yang dapat dipilih pengguna.

Raksa Nusantara menyediakan produk dalam beberapa kategori yang dibagi berdasarkan lifestyle goals yang ingin dicapai. Beberapa lifestyle goals yang ada di Raksa Nusantara diantaranya adalah basic healthy lifestyle, immune support, mindful diet & cooking, active & productive, beauty & skin, healthy free time hingga organic lifestyle.

Tebengan

Tebengan adalah startup yang menghadirkan aplikasi transportasi dengan konsep ride sharing atau nebeng. Aplikasi Tebengan mempertemukan antara pengemudi dan penumpang yang berada di lingkungan yang sama dengan arah tujuan yang juga sama.

Pengguna aplikasi Tebengan dapat memilih untuk menjadi penumpang ataupun pengemudi. Untuk mendapatkan tebengan, pengguna cukup mengajukan pesanan, jalan dan bayar. Sedangkan bagi pengemudi, mereka memiliki kebebasan untuk memilih penumpang, rute, waktu memberikan tebengan dan harga yang diinginkan.

Konsep ride sharing dari aplikasi Tebengan tidak hanya memberi kemudahan bagi pengguna dalam menemukan moda transportasi pribadi. Bagi penumpang, ride sharing juga dapat menghemat biaya transportasi hingga 50%. Sedangkan bagi pengemudi, mereka bisa mendapatkan uang tambahan, baik dalam perjalanan berangkat ataupun pulang kerja.

Untuk korporasi, Tebengan juga menyediakan layanan tebengan for corporate. Untuk menjamin keamanan pengguna, setiap pengguna aplikasi Tebengan, baik pengemudi atau penumpang sama-sama sudah diverifikasi berdasarkan KTP, SIM, sosial media dan rating.

Ovento dan Rahsa Nusantara merupakan startup yang bergerak di sektor marketplace dan e-commerce, di mana secara spesifik, Ovento bergerak pada bisnis SME dan franchise, sementara Rahsa Nusantara pada bisnis LoHas e-Commerce. Sementara, Tebengan adalah startup di bidang transportasi dan mobilitas.

Masing-masing startup di atas, seperti halnya startup terpilih lainnya, menghadirkan produk-produk yang merupakan solusi dari berbagai masalah yang ada di bidangnya masing-masing. Tentunya diharapkan melalui SSI, ketiga startup ini bisa bertumbuh dan berkembang, tidak hanya menjadi startup yang sukses tetapi bisa turut mendorong transformasi digital di Indonesia.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

Strategi pengembangan produk

Hal-hal Penting dalam Strategi Pengembangan Produk

Seiring dengan perubahan yang terjadi, sebuah produk harus bisa tetap mempertahankan nilainya. Untuk melakukannya, dibutuhkan strategi pengembangan produk yang tepat agar produk tersebut bisa terus

metode agile

Metode Agile vs Waterfall: Mana yang Harus Dipilih?

Metode manajemen proyek yang dipilih memiliki andil besar dalam perjalanan sebuah startup. Untuk itu, penting bagi para founder untuk memahami metode yang sebaiknya dipilih. Sedikitnya

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: