Apa Bedanya SSI dengan 1000 Startup Digital dan Nexticorn?

Apa Bedanya SSI dengan 1000 Startup Digital dan Nexticorn

Dalam beberapa tahun terakhir, Kemenkominfo telah meluncurkan beberapa program pemberdayaan startup, seperti Gerakan 1000 Startup Digital, Startup Studio Indonesia dan Nexticorn.

Masing-masing program coaching startup diselenggarakan sebagai bentuk komitmen pemerintah, khususnya Kemenkominfo dalam memajukan ekosistem startup di Indonesia. Dengan ekosistem startup yang semakin matang, diharapkan Indonesia bisa menjadi raja ekonomi digital di Asia Tenggara pada tahun 2030.

Saat ini Indonesia memang belum memiliki pusat teknologi seperti Silicon Valley. Ekosistem startup Indonesia juga belum sejajar dengan negara tetangga Singapura yang menempati posisi ke-10 dalam daftar “Global Startup Ecosystem Index 2021” yang dirilis oleh StartupBlink.

Meski demikian, perkembangan ekosistem startup di Indonesia menunjukkan peningkatan yang sangat berarti. Ini dapat dilihat dari posisi Indonesia yang naik ke urutan ke-45 dari posisinya tahun lalu yang menempati urutan ke-54. Perkembangan ekosistem startup yang cukup signifikan tidak terlepas dari dukungan berbagai elemen bangsa.

Namun semua itu hanyalah awalan. Untuk mengembangkan potensi bangsa Indonesia yang masih terpendam, pemerintah melalui Kemenkominfo memiliki program pemberdayaan startup, seperti Gerakan 1000 Startup Digital, Startup Studio Indonesia dan Nexticorn.

Gerakan 1000 Startup Digital

Gerakan 1000 Startup Digital merupakan program pemerintah hasil kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika yang diinisiasi pertama kali pada tahun 2016. Fokus program ini ada pada startup yang berada dalam tahap ide (ideation stage), yakni tahap paling awal dalam pengembangan startup.

Pembinaan Gerakan 1000 Startup Digital lebih bersifat pengenalan pada dunia startup. Peserta program akan mendapatkan pengetahuan dan kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk membangun sebuah startup melalui serangkaian program yang terdiri dari ignition, networking, workshop, hacksprint, bootcamp dan incubation. Dalam program Gerakan 1000 Startup Digital, tidak ada bahasan spesifik terkait pendanaan.

Startup Studio Indonesia (SSI)

Startup Studio Indonesia (SSI) merupakan program pembinaan yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang difokuskan pada startup yang berada di tahap early-stage. Peserta program SSI terdiri dari startup-startup yang sudah memiliki MVP (minimum viable product) namun masih kesulitan untuk menemukan product market fit.

Program SSI sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 2020 dengan dua program utama, yakni founder’s camp dan 1-on-1 coaching. Dalam program ini, para peserta akan mendapatkan coaching dan mentoring dari para praktisi startup sesuai dengan pain point yang dimiliki.

SSI dijalankan untuk memfasilitasi startup early-stage dalam mendapatkan sumber daya tambahan yang dibutuhkan dan akses pada jaringan bisnis, sekaligus memberikan bimbingan melalui coaching secara langsung dari founders dan para pelaku aktif startup terkemuka di Indonesia.

Dengan mengedepankan diskusi dan kolaborasi antara peserta dengan mentor, diharapkan melalui SSI, 150 dari seluruh startup yang difasilitasi hingga 2024, dapat mengembangkan skala bisnisnya untuk dapat turut mendorong transformasi digital di Indonesia.

Nexticorn

Nexticorn merupakan kependekan dari Next Indonesia Unicorn yang diinisiasi pertama kali oleh Menkominfo pada tahun 2015 dan kemudian ditindaklanjuti hingga menjadi yayasan Nexticorn yang resmi berdiri pada tahun 2019.

Sejak saat itu, Nexticorn secara rutin menyelenggarakan acara yang ditujukan untuk startup-startup yang ingin mendapatkan akses ke ekosistem investasi growth fund, baik lokal maupun global. Berbeda dengan program-program sebelumnya, Nexticorn ditujukan untuk startup yang berada di tahap lanjut (later-stage).

Program ini fokus pada pain point yang banyak dihadapi oleh later-stage startup, khususnya dalam hal akses ke pendanaan. Karena itulah, program-program Nexticorn lebih banyak menjembatani antara startup dengan investor.

Gerakan 1000 Startup Digital, Startup Studio Indonesia dan Nexticorn merupakan program yang dirancang agar saling melengkapi satu sama lain. Mulai dari tahap awal membangun sebuah startup hingga menjadi startup besar, diharapkan melalui program-program ini, akan banyak startup Indonesia yang muncul dan turut mendorong ekosistem startup Indonesia yang semakin matang.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

Strategi pengembangan produk

Hal-hal Penting dalam Strategi Pengembangan Produk

Seiring dengan perubahan yang terjadi, sebuah produk harus bisa tetap mempertahankan nilainya. Untuk melakukannya, dibutuhkan strategi pengembangan produk yang tepat agar produk tersebut bisa terus

metode agile

Metode Agile vs Waterfall: Mana yang Harus Dipilih?

Metode manajemen proyek yang dipilih memiliki andil besar dalam perjalanan sebuah startup. Untuk itu, penting bagi para founder untuk memahami metode yang sebaiknya dipilih. Sedikitnya

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: