Ketahui Apa Saja Program dari SSI untuk Mengembangkan Startup Anda!

program startup

Dari 10 startup yang didirikan, umumnya hanya ada 1 startup yang mampu bertahan dan berkembang menjadi perusahaan besar. Sisanya atau sebanyak 90% startup terpaksa harus menghentikan langkahnya dan kandas di tengah jalan.

Di samping karena komitmen founder dan tim yang kurang kuat, pengalaman yang masih minim dalam mendirikan sebuah bisnis juga turut menjadi penyebab gagalnya sebuah startup untuk berkembang. Untuk itulah, peran mentor dan program startup sangat penting dalam memajukan startup-startup Indonesia.

Untuk membantu startup Indonesia mencapai tahap product market fit dan siap scale up, Startup Studio Indonesia (SSI) memiliki beberapa program yang berfokus pada coaching dan mentoring.

Program intensif yang secara khusus dirancang untuk early stage startup ini terdiri dari dua program, yakni founder’s camp dan 1 on 1 coaching. Untuk lebih jelasnya, berikut program di Startup Studio Indonesia.

Founder’s Camp

Visi yang jelas adalah hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang founder. Melalui visi inilah, startup akan dituntun untuk terus berkembang. Namun tanpa ilmu yang memadai, sulit untuk mewujudkan visi yang dimiliki. Itulah kenapa seorang founder juga wajib membekali diri dengan ilmu bisnis dan ilmu-ilmu lain yang dibutuhkan untuk mengembangkan startup yang ia pimpin.

Founder’s camp merupakan sebuah program yang diadakan untuk mempertemukan peserta program SSI dengan para pelaku industri. Dalam program ini, Anda berkesempatan untuk menggali ilmu praktis yang wajib dimiliki oleh seorang founder, baik melalui mentoring maupun brainstorming.

Topik-topik penting dalam mengembangkan startup akan dibahas di sini. Mulai dari product strategy, fundraising (finance dan legal), marketing dan growth hacking hingga customer experience, semua ilmu tersebut akan Anda pelajari langsung dari para praktisi. Demi membangun kepemimpinan yang kuat, Anda juga akan diajarkan skill yang wajib dimiliki oleh setiap pemimpin, yakni leadership.

Program founder’s camp diselenggarakan selama 5 hari. Selama kurun waktu tersebut, ilmu-ilmu penting dalam mengembangkan sebuah startup akan Anda pelajari. Lebih dari itu, Anda juga bisa memanfaatkan founder’s camp untuk berdiskusi bahkan membangun relasi dengan para founder peserta program SSI lainnya. 

1 On 1 Coaching

Program 1 on 1 coaching merupakan sebuah program follow up dari program sebelumnya, yakni founder’s camp. Setelah belajar tentang ilmu apa saja yang harus dikuasai oleh seorang founder, Anda akan mendapatkan sesi private coaching dengan para ahli.

Dalam program 1 on 1 coaching, Anda akan diberi kesempatan untuk berkonsultasi dan mendapatkan supervisi eksekusi dari para ahli. Bagaimana merancang strategi pengembangan produk untuk menemukan product market fit? Strategi pengembangan skala bisnis seperti apa yang tepat untuk startup Anda?

Untuk mengembangkan startup ke tingkat yang lebih tinggi, Anda juga bisa berkonsultasi tentang strategi growth marketing danpengembangan teknologi yang tepat untuk startup yang tengah Anda rintis.

Setiap peserta coaching akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkonsultasi dengan para ahli. Untuk alasan itulah, program 1 on 1 coaching diselenggarakan selama 11 minggu.

 

SSI merupakan program intensif yang diselenggarakan untuk membantu early-stage startup agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Melalui founder’s camp dan 1 on 1 coaching yang fokus pada akselerasi produk dan tim, strategi pengembangan produk, growth marketing, pengembangan teknologi dan business skill, diharapkan startup Indonesia dapat mencapai product market fit dan scale up.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

Strategi pengembangan produk

Hal-hal Penting dalam Strategi Pengembangan Produk

Seiring dengan perubahan yang terjadi, sebuah produk harus bisa tetap mempertahankan nilainya. Untuk melakukannya, dibutuhkan strategi pengembangan produk yang tepat agar produk tersebut bisa terus

metode agile

Metode Agile vs Waterfall: Mana yang Harus Dipilih?

Metode manajemen proyek yang dipilih memiliki andil besar dalam perjalanan sebuah startup. Untuk itu, penting bagi para founder untuk memahami metode yang sebaiknya dipilih. Sedikitnya

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: