Apa Saja 6 Tahapan dalam Sales Pipeline?

Bagi yang berkecimpung di bidang sales dan marketing pasti sudah familier dengan istilah sales pipeline. Ini karena sales pipeline adalah istilah umum yang sering dipakai oleh tim sales dan menjadi salah satu aspek terpenting dalam kegiatan penjualan dan pemasaran. Artikel ini akan membahas mengenai sales pipeline lebih dalam, termasuk tahapan-tahapannya.  

Apa Itu Sales Pipeline? 

Sales pipeline merupakan visualisasi dari proses pemasaran yang sedang atau sudah dijalankan oleh tim sales. Sederhananya, sales pipeline ini yang akan digunakan oleh sales representative dan sales manager dalam memetakan proses penjualan dengan lebih rinci.  

Seperti namanya, sales pipeline divisualisasikan sebagai pipa yang dibagi kedalam beberapa tahapan, mulai dari prospecting, qualifying, contacting, building relationship, proposal made, serta closing.  

Selain memetakan dan mengawasi alur penjualan, sales pipeline juga dipakai untuk mengetahui peluang revenue pada kurun waktu tertentu, seperti tiga bulan sekali, enam bulan sekali, dan bahkan tahunan (year-on-year). 

Perbedaan Sales Pipeline dan Sales Funnel 

Dalam sales, dikenal dua istilah yang bisa mendeskripsikan proses penjualan, yaitu sales pipeline dan sales funnel. Meski begitu, keduanya tidak sama karena memiliki perbedaan pada fokus dan perspektifnya. 

Secara umum, sales pipeline fokus pada visualisasi keseluruhan proses penjualan dari awal hingga akhir. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, sales pipeline membagi proses penjualan menjadi beberapa tahap sehingga memungkinkan tim sales mengetahui progress dari setiap peluang atau prospek. 

Sementara itu, sales funnel lebih condong pada representasi visual dari proses penjualan yang menggambarkan perubahan jumlah dan kualitas prospek seiring berjalannya waktu. Mudahnya, sales funnel ini merupakan representasi visual dari customer journey.  

Tahapan Sales Pipeline 

Dalam praktiknya, tahapan sales pipeline bisa berbeda-beda tiap perusahaan. Perbedaan tersebut biasanya dipengaruhi oleh jenis bisnis yang dijalani.  

Setidaknya ada enam tahapan sales pipeline yang harus Anda ketahui: 

1. Prospecting 

Prospecting dalam sales pipeline diartikan sebagai pencarian prospek (peluang) potensial yang akan menjadi pelanggan atau konsumen bisnis Anda. Terdapat tiga kategori prospek, yaitu: 

  • Cold leads merupakan prospek baru yang belum mengambil tindakan apa pun 
  • Warm leads merupakan prospek potensial yang siap membeli tapi belum melakukannya 
  • Hot leads merupakan prospek yang sudah menemukan produk dan layanan yang mereka butuhkan 

Untuk menemukan prospek yang potensial, biasanya tim sales akan menerapkan metode personalized marketing. 

2. Qualifying 

Tahap selanjutnya adalah melakukan penyaringan (qualifying). Ini wajib dilakukan agar tim sales Anda tidak membuang banyak waktu untuk bernegosiasi dengan prospek yang belum tentu mau membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

3. Contacting 

Di tahap ini, tim sales Anda akan menghubungi prospek potensial melalui berbagai saluran pemasaran, seperti e-mail, social media, hingga telepon. Pada tahap ini pula Anda dan tim sales harus bisa memberikan kesan pertama yang baik bagi calon pelanggan. 

4. Building relationship 

Jika contacting sukses, tahap berikutnya adalah membangun hubungan yang baik. Tujuannya dilakukan building relationship adalah agar calon pelanggan bisa lebih percaya sehingga mau membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

5. Proposal made 

Lewat hubungan yang sudah terjalin tadi, tim sales Anda bisa mulai mengajukan proposal yang berisikan deskripsi, keunggulan, manfaat, serta harga dari produk atau layanan yang Anda jual. 

6. Closing 

Ini merupakan tahap akhir dalam sales pipeline. Tahap closing bisa dicapai ketika sudah terjadi kesepakatan antara perusahaan dengan prospek, sehingga prospek menjadi pelanggan yang sah. 

Itu dia pembahasan mengenai sales pipeline. Yuk, mulai terapkan sales pipeline di bisnis agar Anda bisa mengetahui kendala yang dihadapi selama proses penjualan. 

Share

Related Article

ApaSaja 4 Konsep Pemasaran Holistik bagi Bisnis Anda?

Kemunculan internet dan perkembangan teknologi baru tidak hanya mengubah aspek kehidupan manusia. Lebih jauh lagi, perkembangan ini juga memengaruhi berbagai aspek lainnya, termasuk pemasaran. Hasilnya,

Keunggulan Mengetahui Share of Voice dalam Marketing

Dalam mengukur efektivitas promosi sebuah merek atau produk, metode share of voice (SOV) menjadi pilihan yang sangat relevan. Pasalnya dengan metode ini Anda dapat mengetahui

Kenali Konsep Golden Circle dalam Bisnis Anda 

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, menemukan cara untuk membedakan diri dengan para pesaing merupakan kunci kesuksesan jangka panjang. Dalam pencarian untuk menemukan esensi

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: