Suburnya Investasi ke Startup Digital di Indonesia

Suburnya Investasi ke Startup Digital di Indonesia | SSI

Saat ini tingkat investasi ke perusahaan rintisan atau disebut dengan startup di Indonesia semakin meningkat. Bahkan jumlah skema investasi startup pada saat pandemi melonjak sebesar 91%. Peningkatan ini merupakan jumlah paling tinggi dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Riset data juga mencatat perusahaan startup di Indonesia memperoleh peningkatan pendanaan sebesar 40,5% pada semester I tahun 2021. Artinya terdapat 104 startup yang mendapatkan pendanaan di tahun 2021, sedangkan di tahun 2020 pendanaan hanya mencapai 74 startup.

Pertumbuhan Startup di Indonesia

Pertumbuhan startup di Indonesia terus menunjukan tren yang positif. Menurut catatan Startup Ranking, jumlah startup di Indonesia mencapai 2.219 di tahun 2021 ini. Namun, jumlah pendataan startup di Indonesia belum begitu jelas. Lembaga pemerintah dan kementrian di Indonesia memiliki pernyataan yang berbeda-beda terutama jika berhubungan dengan startup yang mereka jalankan. Meskipun begitu, skema investasi startup tetap melambung seiring berjalannya waktu.

Berdasarkan hasil laporan Digital Creative Industry Society, jumlah startup di Indonesia mencapai 922 perusahaan rintisan. Hasil tersebut  menunjukan bahwa mayoritas startup kebanyakan menetap di Jabodetabek sebanyak 522. Begitu pun dengan skema investasi startup lebih banyak di daerah jabodetabek.

Hal yang Mendorong Pertumbuhan Startup di Indonesia

Pertumbuhan ekosistem startup dan bisnis teknologi memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu pendorong terbesar inklusi finansial. Bagaimana hal ini bisa terwujud? Di bawah ini terdapat empat hal utama yang mendorong pertumbuhan startup di Indonesia:

  1. Revolusi Teknologi Jaringan 3G di Indonesia

3G adalah lonjakan revolusioner dalam teknologi seluler di dunia. Melakukan call atau live streaming secara langsung merupakan salah satu keunggulan 3G pada awal kemunculannya. Kepopuleran jaringan 3G juga didukung oleh para operator seluler di Indonesia.

Mulai dari memperbaiki infrastruktur dan membangun lebih banyak BTS bahkan memberikan berbagai promosi paket data internet dengan lebih murah. Alhasil perkembangan jaringan 3G memungkinkan lebih banyak masyarakat Indonesia mengakses Internet untuk berbagai keperluan. Tak hanya itu, dengan kemajuan tersebut skema investasi startup lebih meningkat dari sebelumnya.

  1. Media Sosial di Indonesia Semakin Meningkat

Meningkatnya para pengguna Internet khususnya media sosial menjadi sarana bagi startup untuk memperkenalkan produk dan layanan lainnya kepada masyarakat. Dibandingkan dengan beriklan di media cetak atau televisi, media sosial mampu menjadi saluran yang lebih murah dan mudah untuk digunakan. Bahkan saat ini media sosial menjadi platform utama bagi para startup untuk membangun skema investasi startup.

  1. Munculnya BlackBerry Membuka Pintu Kepopuleran Ponsel Mobile

Ponsel pintar seperti BlackBerry menjadi awal kemunculan ponsel mobile yang menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga yang mendorong para startup untuk membangun bisnis impian mereka secara digital.

  1. Hadirnya Startup Anak Bangsa

Tingginya penggunaan media sosial menjadi pendorong lahirnya beragam komunitas, salah satunya yaitu komunitas startup di berbagai kota di Indonesia. Kehadiran startup lokal menyajikan beragam solusi bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Aliran investasi yang masuk ke startup dengan basis teknologi digital justru mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan skema investasi startup di masa pandemi ini sangat mengalami peningkatan dibandingkan sebelum masa pandemi.

Dari hasil tersebut tercatat jumlah startup di Indonesia yang memperoleh dana investasi pada kuartal I tahun 2021 itu sebanyak 104 perusahaan rintisan. Sektor teknologi finansial (fintech), logistik, dan ecommerce menjadi tiga sektor yang paling banyak diminati para investor.

Pada kuartal II tahun 2021 pun skema investasi startup semakin melonjak tinggi. Salah satu pendorong melonjaknya investasi startup ini adalah makin terbukanya wadah untuk berinvestasi melalui platform digital. Tidak heran di Indonesia semakin banyak startup yang dibangun dan menarik minat investor. 

Referensi:

nexdatacenter.com/id/perkembangan-bisnis-startup-di-indonesia/

money.kompas.com/read/2021/05/21/160431126/pemerintah-sebut-startup-indonesia-masih-berpotensi-tumbuh

suara.com/bisnis/2021/10/11/125038/jumlah-start-up-di-indonesia-mencapai-2100-perusahaan

bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/250-pelaku-bisnis-startup-tawarkan-peluang-investasi

finansial.bisnis.com/read/20210927/563/1447315/investasi-ke-startup-modal-ventura-bakal-berebut-dengan-angel-investors

money.kompas.com/read/2021/10/06/054000226/stafsus-erick-thohir-bumn-ramai-ramai-investasi-di-startup-karena-asing-gencar

kompas.tv/article/218445/jeff-bezos-investasi-ke-startup-indonesia-pemasok-barang-ke-warung

republika.co.id/berita/r0fmsr106945680321000/nilai-investasi-startup-naik-91-persen

Diakses pada: 15 November 2021

Share

Related Article

Hebat! Deretan Pencapaian Alumni Startup Studio Indonesia

Sejak pertama kali diselenggarakan, program Startup Studio Indonesia telah membimbing banyak startup tingkat early-stage. Banyak dari startup tersebut yang berhasil mencapai product-market-fit bahkan tidak sedikit

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: