Pentingnya Teamwork dalam Startup dan Strategi yang Tepat

Teamwork dalam Startup dan Strategi yang Tepat | SSI

Teamwork merupakan kerjasama yang dijalankan antara dua pihak atau lebih agar dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Merasakan manfaat teamwork dalam dunia pekerjaan bukanlah hal aneh. Hampir setiap hari Anda akan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain agar suatu pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat, khususnya bagi teamwork startup.

Teamwork startup menjadi salah satu hal penting yang menentukan keberlangsungan dan kesuksesan dari sebuah startup. Namun, untuk membentuk teamwork yang kuat tidaklah mudah dan membutuhkan strategi yang tepat. Simak penjelasan di bawah ini mengenai pentingnya teamwork dalam startup dan strategi tepat agar dapat membentuk teamwork yang kuat!

Pentingnya Teamwork yang Kuat dalam Sebuah Startup

Pentingnya teamwork juga sering dikaitkan dengan pengembangan karir sekaligus pengukuran kinerja perusahaan secara menyeluruh. Begitu pun dengan teamwork startup, kerja sama tim sangat besar untuk meningkatkan produktivitas, moral, kualitas produk dan kinerja bisnis di suatu perusahaan yang baru saja terbentuk. Teamwork dalam dunia kerja juga menjadi salah satu soft skill yang wajib dimiliki setiap karyawan.

Hampir dari 25% kegagalan startup dapat dikaitkan dengan kurangnya teamwork yang kuat. Data tersebut mendukung bahwa teamwork startup yang tidak efektif dapat menggagalkan keberlangsungan dan kelancaran sebuah startup. Jadi, dengan siapa Anda bekerja sama sangat penting guna menentukan keberhasilan suatu startup. Tetapi bagaimana cara yang tepat untuk membangun teamwork bagi sebuah startup?

Strategi Tepat untuk Membangun Teamwork yang Kuat

Ada banyak strategi yang diperlukan untuk membangun teamwork startup yang kuat. Dalam sebuah tim pun terdapat banyak anggota dengan berbagai pendapat yang berbeda-beda guna membangun teamwork yang kuat. Misalnya beberapa strategi membangun teamwork berikut ini:

  1. Memahami Tujuan

Agar teamwork startup semakin kuat, maka yang pertama harus dilakukan adalah dengan memahami apa tujuan serta visi dan misi dari sebuah tim yang ingin dicapai. Seluruh anggota tim harus benar benar memahami dan berkomitmen untuk memenuhi goal tersebut.

  1. Lingkungan Kerja yang Kondusif

Lingkungan yang kondusif diperlukan untuk membangun teamwork startup yang kuat. Lingkungan tersebut dapat mendorong kepercayaan antar anggota serta dapat membuat mereka tidak takut untuk mengemukakan pendapatnya. Dengan begitu, anggota tim pun akan merasa dihargai dengan pendapatnya dan tetap merasa aman jika memiliki  pendapat yang berbeda.

  1. Komunikasi yang Terbuka

Dalam membangun teamwork startup yang kuat diperlukannya sebuah komunikasi yang baik antar anggotanya. Setiap anggota harus bisa berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan tetap menghormati orang lain. Dengan berkomunikasi, akan timbul rasa memiliki yang tinggi antar anggota tim serta tidak mempermasalahkan adanya perbedaan antar sesama dan tetap menghargai satu sama lain.

  1. Melakukan Evaluasi Berkala

Evaluasi secara berkala sangat diperlukan untuk membentuk sebuah teamwork startup yang kuat. Evaluasi tersebut juga dapat membantu dalam meningkatkan proses, cara kerja, dan interaksi anggota tim. Bagi sebuah teamwork yang ingin berkembang dan bergerak maju, maka harus bisa menganalisis apa saja hal yang menghalangi kinerja dan strategi yang selama ini dilakukan.

Hasil penelitian dari Rotman School Of Management menunjukan bahwa keberhasilan sebuah startup sering sekali bergantung pada kemampuan founder mengumpulkan orang-orang hebat untuk membentuk teamwork startup.

Bahkan seorang pengusaha sekelas Mark Zuckerberg pun sependapat dengan hasil penelitian tersebut, dan mengalokasikan sebanyak 25% dari waktunya untuk mencari orang-orang bertalenta di luar maupun dalam perusahaan.

Teamwork startup dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Sebagai pemilik startup, Anda diharuskan menjalankan strategi yang dapat membangun teamwork kuat untuk menentukan keberlangsungan startup Anda di masa depan. 

Referensi:

koinworks.com/blog/membangun-teamwork/

startupresources.io/improve-teamwork/

skaled.com/insights/teamwork-essential-startup/

zipboard.co/7-reasons-why-teamwork-is-critical-for-your-startup-s-success-d344a386fa92/

Diakses pada: 15 November 2021

Share

Related Article

Hebat! Deretan Pencapaian Alumni Startup Studio Indonesia

Sejak pertama kali diselenggarakan, program Startup Studio Indonesia telah membimbing banyak startup tingkat early-stage. Banyak dari startup tersebut yang berhasil mencapai product-market-fit bahkan tidak sedikit

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: