Tips Bangun Tim Produk Handal untuk Startup

Produk merupakan hal penting bagi sebuah bisnis, termasuk startup. Untuk itu, dibutuhkan tim produk yang kuat untuk bisa terus menghasilkan produk yang berkualitas. Produk yang berkualitas akan menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis.

Ya, sejatinya memang tidak ada jalan pintas untuk menyiapkan tim produk yang kohesif dan sukses dalam waktu singkat. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk sedikit mengutak-atik strategi agar hasil yang diinginkan bisa tercapai. Untuk membangun sebuah tim produk yang andal dalam perusahaan startup, berikut strategi yang bisa Anda terapkan.

  1. Tahu Karakteristik Seorang Product Lead Berkualitas

Pemimpin yang baik sudah pasti dicari banyak perusahaan. Kepemimpinan yang baik memiliki dampak besar dalam skala lokal, bahkan global. Pun begitu di level bisnis atau perusahaan. Secara umum, kepemimpinan adalah tentang membimbing tim menuju tujuan yang jelas.

Pemimpin yang visioner memiliki cara untuk mencapai tujuan itu. Lantas apa saja karakteristik product lead yang baik? Apakah berkaitan dengan kualitas pada individu tersebut? Memiliki chemistry yang baik dengan timnya? Atau kah gabungan dari keduanya?

Pada 1939, Kurt Lewin, seorang psikolog, dan tim penelitinya pertama kali mengidentifikasi tiga ciri kepemimpinan yang primer yaitu otokratis, demokratis, dan laissez-faire. Mungkin temuan yang paling menarik dari penelitian tersebut adalah bahwa kepemimpinan bisa didapat dari cara belajar dan mengajari.

  1. Mulai dengan Orang yang Tepat

Jelas bahwa product lead tidak bisa melakukan semuanya sendirian. Kadang, tidak perlu mencari terlalu jauh untuk menemukan anggota tim yang tepat. Namun, mencari orang yang tepat itulah yang sangat menantang. Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk membangun tim produk yang andal?

Lea Hickman, mantan VP of Product Management di InVision dan Adobe, mencari tiga karakteristik utama untuk seorang product manager. Namun, karakteristik ini dapat diterapkan pada hampir semua posisi:

  • Keterampilan komunikasi: product manager harus menjadi komunikator yang baik.
  • Berpendirian: product manager yang hebat percaya pada apa yang mereka ciptakan dan memiliki keyakinan di sekitar ide-ide mereka. Tidak berarti bahwa ide-ide dari kandidat product manager akan langsung disukai saat wawancara, tetapi hal yang penting adalah keyakinan yang dapat dipertahankan tentang ide-ide tersebut dan didukung oleh alasan-alasan yang jelas dan berdasarkan data-data secara riil.
  • Kerendahan hati: walaupun sedikit klise, tetapi kerendahan hati merupakan faktor penting yang harus dimiliki seorang product manager, karena ini tentang bagaimana mendapatkan kesempatan untuk menerapkan fitur produk dan menyerahkannya ke tangan pengguna.
  1. Product Roadmap sebagai Patokan

Product roadmap menyelaraskan anggota tim, visi, dan strategi dengan memberi Anda kemampuan untuk mengkomunikasikan pandangan strategis tingkat tinggi produk Anda. Dengan kata lain, product roadmap ini berarti sebuah perencanaan yang dapat mendeskripsikan bagaimana cara suatu produk akan berkembang di masa depan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Pada umumnya, seorang product manager akan memakai product roadmap untuk merepresentasikan perkembangan dan arah produk ke tim eksternal atau internal stakeholder. Product roadmap harus mampu menyelaraskan strategi perusahaan dan tim produk.

  1. Tujuan Bersama

Dalam setiap tim, agar dapat bekerja sama dengan efektif, setiap anggotanya tentu harus memiliki tujuan yang sama. Tujuan yang jelas akan memberikan motivasi yang besar bagi setiap anggota tim untuk melakukan semua tanggung jawab mereka dengan baik.

Richard Spoon, dalam bukunya Team Renaissance: The Art, Science and Politics of Great Teams menjelaskan bahwa mengumpulkan sebuah tim dan membuat setiap anggotanya dapat bekerja sama akan sangat sulit bila tidak ada arah dan ukuran keberhasilan yang jelas dalam mencapai apapun tujuannya.

Jika Anda ditugaskan untuk membangun tim produk, Anda mungkin telah lumayan banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan apa saja unsur sebuah tim produk berkualitas. Pasalnya, membangun tim produk yang apik membutuhkan usaha dan strategi yang matang.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

Memahami 5 Tahapan dari Siklus Hidup Produk

Dalam sebuah bisnis, tidak hanya pemasukan dan pengeluaran yang mengalami perputaran, melainkan juga produk. Perputaran produk ini dikenal dengan istilah siklus hidup produk. Siklus produk

Apa Fungsinya Cost Benefit Analysis untuk Bisnis?

Pengeluaran anggaran merupakan hal yang pasti ada dalam sebuah bisnis. Keputusan dalam mengeluarkan anggaran pun harus sebanding dengan manfaat yang diterima oleh bisnis tersebut. Di

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: