Kenali Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Marketing Executive

Marketing executive adalah salah satu profesi mentereng dan disegani. Tidak heran, profesi ini begitu diminati. Posisi ini merupakan posisi yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Jadi, sebenarnya apa itu marketing executive

Mengenal Profesi Marketing Executive 

Marketing executive merupakan salah satu peran yang sangat penting dalam perusahaan. Seorang marketing executive bertanggung jawab dalam mempromosikan produk atau jasa perusahaan kepada target konsumen dengan tujuan meningkatkan penjualan dan citra merek. Tugas tersebut melibatkan berbagai strategi pemasaran dan komunikasi yang efektif untuk mencapai hasil yang diharapkan. 

Seorang marketing executive harus memiliki pemahaman mendalam tentang pasar, persaingan bisnis, dan perilaku konsumen. Mereka juga harus selalu up-to-date dengan tren terkini dan perubahan yang terjadi dalam industri yang tengah digeluti. 

Apa Saja Tugas Seorang Marketing Executive? 

Tugas seorang marketing executive sebenarnya ada banyak. Secara garis besar, berikut tugas-tugasnya: 

1. Menyusun strategi pemasaran 

Tugas pertama seorang marketing executive adalah mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Seorang marketing executive harus memahami tujuan perusahaan dan menyusun rencana yang sesuai untuk mencapai target penjualan. Strategi ini bisa berupa kampanye iklan, promosi, pemasaran konten, dan kegiatan pemasaran lainnya. 

2. Riset pasar 

Sebelum meluncurkan produk atau melakukan kampanye pemasaran, seorang marketing executive harus melakukan riset pasar yang mendalam. Ini termasuk menganalisis perilaku konsumen, mengidentifikasi peluang pasar, dan memahami kompetitor. Nantinya, semua informasi tersebut bisa digunakan marketing executive untuk melakukan pemasaran yang lebih efektif. 

3. Melaksanakan kampanye pemasaran 

Setelah strategi ditetapkan, marketing executive bertanggung jawab untuk melaksanakan kampanye pemasaran. Ini meliputi merencanakan dan mengatur iklan, mengelola kampanye online, dan berkoordinasi dengan tim kreatif untuk menciptakan materi pemasaran yang menarik. 

4. Mengukur dan mengalisis efektivitas kampanye pemasaran 

Seorang marketing executive harus terampil dalam mengukur efektivitas kampanye pemasaran yang dijalankan. Untuk melakukan hal tersebut, seorang marketing executive biasanya menggunakan berbagai metrik dan analisis data untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. 

5. Menjaga hubungan dengan pelanggan 

Membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan merupakan bagian penting dari tugas seorang marketing executive. Mereka harus merespons pertanyaan dan masukan dari pelanggan, serta mengelola isu-isu terkait layanan atau produk perusahaan. 

Keterampilan yang Harus Dimiliki Marketing Executive 

Sebagai garda depan dalam pemasaran, seorang marketing executive harus memiliki skillset yang kuat dan beragam. Berikut keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang marketing executive

1. Kemampuan berkomunikasi secara efektif 

Seorang marketing executive harus mampu berkomunikasi dengan baik, entah itu secara lisan maupun tulisan. Kemampuan inilah yang membantu seorang marketing executive menyampaikan pesan pemasaran dengan tepat sesuai target pasar yang diincar. 

2. Kreativitas 

Inovasi dan kreativitas sangat diperlukan dalam merancang kampanye pemasaran yang menarik perhatian dan beda dari apa yang dilakukan kompetitor. Oleh karena itu, seorang marketing executive harus kreatif. 

3. Fasih menggunakan teknologi 

Marketing executive harus menguasai teknologi, khususnya yang berkaitan dengan pemasaran digital, media sosial, dan alat analisis data untuk meningkatkan efektivitas kampanye. Jika diperlukan, seorang marketing executive juga harus bisa mempelajari teknologi-teknologi baru dengan cepat. 

4. Kemampuan analisis 

Marketing executive sering bekerja dengan data. Dengan begitu, kemampuan menganalisis data pasar, perilaku konsumen, dan hasil kampanye pemasaran dibutuhkan untuk membantu mengambil keputusan yang lebih cerdas. 

5. Kemampuan bekerja dalam tim 

Sebagai bagian dari tim pemasaran, seorang marketing executive harus bisa bekerja sama secara efektif. Kolaborasi yang baik dengan anggota tim lainnya sangat penting untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Selain itu, seorang marketing executive  juga harus bisa mendengarkan dan memberi kontribusi yang berarti untuk memastikan setiap langkah kampanye berjalan lancar dan terkoordinasi. 

Menjadi seorang marketing executive bisa disebut sebagai tantangan yang mendorong perkembangan diri dan memperluas cakrawala profesi. Dengan dedikasi untuk terus belajar dan berkembang, seorang marketing executive punya kesempatan lebih besar untuk mencapai prestasi lebih tinggi dalam perjalanan kariernya. 

Share

Related Article

brd

Apa Saja Konten dari Business Requirement Document?

Keberhasilan suatu proyek sangat bergantung pada perencanaan dan pemahaman tentang apa yang ingin dicapai. Untuk alasan inilah, business requirement document atau BRD dibutuhkan.  Business Requirement

value stream mapping

Fungsi Value Stream Mapping dalam Manajemen Produksi

Efisiensi produksi tidak mungkin bisa dicapai tanpa mengetahui di mana titik permasalahan dan pemborosan itu terjadi. Untuk mengidentifikasinya, Anda membutuhkan alat yang tepat. Inilah saat

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: