Memahami customer needs atau kebutuhan pelanggan merupakan hal penting yang harus dilakukan agar sebuah startup bisa membuat produk yang benar-benar bisa menjadi solusi bagi konsumen. Untuk itu, perlu diketahui jenis-jenis customer needs sebagai pertimbangan.
Sudah pasti perusahaan Anda ingin tetap relevan dengan perkembangan zaman, sehingga terkadang harus memantau atau Sudah pasti perusahaan Anda ingin tetap relevan dengan perkembangan zaman, sehingga terkadang harus memantau atau research tren yang sedang ramai di pasar. Research adalah kegiatan mencari sesuatu informasi yang baru atau fenomena yang sedang terjadi dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahlan suatu masalah. Sah-sah saja, asalkan tetap menomorsatukan kebutuhan konsumen.
Langkah pertama untuk mencapai tahap kepuasan konsumen adalah dengan memahami dan memenuhi kebutuhan mereka. Kebutuhan konsumen merupakan sebuah motif yang mendorong mereka membeli produk atau jasa. Pada akhirnya, motif tersebutlah yang menjadi pendorong keputusan pembelian seorang konsumen.
Menciptakan perusahaan yang customer-centric bukanlah hal yang mudah dicapai. Untuk lebih mengenal kebutuhan apa saja yang diinginkan konsumen, simak beberapa poin berikut ini:
Fungsi
Konsumen membutuhkan produk atau layanan perusahaan Anda untuk melakukan fungsi yang mereka butuhkan guna menyelesaikan masalah.
Harga
Konsumen memiliki anggaran unik yang bisa mereka keluarkan untuk sebuah produk atau layanan.
Kenyamanan
Produk atau layanan Anda harus menjadi solusi yang nyaman untuk mereka, supaya kebutuhan terpenuhi.
Pengalaman
Dalam menggunakan sebuah produk, pelanggan tentu menginginkan pengalaman yang terbaik yang bisa mereka rasakan dalam penggunaannya. Unsur pengalaman ini biasanya menentukan kepuasan pelanggan.
Desain
Sama halnya dengan pengalaman, produk harus memiliki desain yang menarik, memudahkan dan intuitif dalam penggunaannya.
Keandalan
Produk dari bisnis Anda harus bisa diandalkan dalam membantu para konsumen memecahkan masalah yang mereka hadapi.
Performa
Dalam menggunakan sebuah produk, tidak hanya soal bagaimana produk itu bisa membantu memecahkan masalah konsumen, tetapi juga soal performa dalam mencapai hal tersebut.
Kompatibilitas
Di era saat ini, kompatibilitas menjadi salah satu hal penting yang dipertimbangkan dalam membeli sebuah produk. Kompatibilitas dalam hal ini adalah bagaimana sebuah produk yang digunakan pelanggan bisa kompatibel dengan produk lain yang digunakan.
Empati
Ketika konsumen Anda mengontak tim customer service, mereka menginginkan empati dan pemahaman terkait permasalahan yang mereka alami, khususnya saat mereka menggunakan produk Anda.
Adil
Dalam membeli produk tertentu, konsumen tentu ingin adanya prinsip keadilan yang terkait mulai soal harga, syarat dan ketentuan, fitur dan fungsi. Hal yang sering menjadi komplain dari pelanggan adalah ketika mereka membayar dengan harga yang sama dengan yang lain namun fitur yang didapatkan tidak sama.
Transparan
Konsumen menginginkan sebuah transparansi, termasuk dalam hal produk atau layanan yang mereka gunakan. Mulai dari perubahan biaya, potensi masalah, dan lain-lain, konsumen pantas menerima keterbukaan dari perusahaan Anda.
Kontrol
Konsumen perlu merasa mereka memiliki kontrol terhadap interaksi bisnis mulai dari awal hingga akhir. Perlu dipahami bahwa kepuasan konsumen tidak selalu berbuah penjualan. Mudahkan mereka saat pengembalian produk, mengubah paket langganan, dan lain-lain.
Opsi
Konsumen membutuhkan opsi ketika mereka siap melakukan pembelian sebuah produk tertentu. Tawarkan beragam fitur, paket atau metode pembayaran untuk menawarkan kebebasan opsi buat konsumen dalam memilih berbagai hal sesuai kebutuhan mereka.
Informasi
Konsumen membutuhkan informasi, mulai dari mereka mulai berinteraksi dengan merek Anda hingga seterusnya saat mereka sedang memakai produk. Dalam hal ini, Anda harus berinvestasi pada blog konten, artikel-artikel instruksi, dan komunikasi reguler supaya konsumen mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Aksesibilitas
Konsumen harus bisa mengakses dengan mudah tim customer support. Itu artinya produk Anda harus menyediakan bermacam channel buat para konsumen dalam menjangkau tim customer support bila mereka mengalami permasalahan dalam menggunakan produk Anda. Perusahaan yang cermat paham betul bahwa menyelesaikan kebutuhan konsumen dan bahkan melampaui ekspektasi mereka adalah cara untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Ini juga merupakan cara yang sehat untuk membina hubungan baik dengan orang-orang yang memakai produk atau jasa perusahaan Anda.