Beragam Jenis Customer Needs yang Perlu Diketahui

Customer needs

Memahami customer needs atau kebutuhan pelanggan merupakan hal penting yang harus dilakukan agar sebuah startup bisa membuat produk yang benar-benar bisa menjadi solusi bagi konsumen. Untuk itu, perlu diketahui jenis-jenis customer needs sebagai pertimbangan.

Sudah pasti perusahaan Anda ingin tetap relevan dengan perkembangan zaman, sehingga terkadang harus memantau atau melirik tren yang sedang ramai di pasar. Sah-sah saja, asalkan tetap menomorsatukan kebutuhan konsumen.

Langkah pertama untuk mencapai tahap kepuasan konsumen adalah dengan memahami dan memenuhi kebutuhan mereka. Kebutuhan konsumen merupakan sebuah motif yang mendorong mereka membeli produk atau jasa. Pada akhirnya, motif tersebutlah yang menjadi pendorong keputusan pembelian seorang konsumen.

Menciptakan perusahaan yang customer-centric bukanlah hal yang mudah dicapai. Untuk lebih mengenal kebutuhan apa saja yang diinginkan konsumen, simak beberapa poin berikut ini:

Fungsi

Konsumen membutuhkan produk atau layanan perusahaan Anda untuk melakukan fungsi yang mereka butuhkan guna menyelesaikan masalah.

Harga

Konsumen memiliki anggaran unik yang bisa mereka keluarkan untuk sebuah produk atau layanan.

Kenyamanan

Produk atau layanan Anda harus menjadi solusi yang nyaman untuk mereka, supaya kebutuhan terpenuhi.

Pengalaman

Dalam menggunakan sebuah produk, pelanggan tentu menginginkan pengalaman yang terbaik yang bisa mereka rasakan dalam penggunaannya. Unsur pengalaman ini biasanya menentukan kepuasan pelanggan.

Desain

Sama halnya dengan pengalaman, produk harus memiliki desain yang menarik, memudahkan dan intuitif dalam penggunaannya.

Keandalan

Produk dari bisnis Anda harus bisa diandalkan dalam membantu para konsumen memecahkan masalah yang mereka hadapi.

Performa

Dalam menggunakan sebuah produk, tidak hanya soal bagaimana produk itu bisa membantu memecahkan masalah konsumen, tetapi juga soal performa dalam mencapai hal tersebut.

Kompatibilitas

Di era saat ini, kompatibilitas menjadi salah satu hal penting yang dipertimbangkan dalam membeli sebuah produk. Kompatibilitas dalam hal ini adalah bagaimana sebuah produk yang digunakan pelanggan bisa kompatibel dengan produk lain yang digunakan.

Empati

Ketika konsumen Anda mengontak tim customer service, mereka menginginkan empati dan pemahaman terkait permasalahan yang mereka alami, khususnya saat mereka menggunakan produk Anda.

Adil

Dalam membeli produk tertentu, konsumen tentu ingin adanya prinsip keadilan yang terkait mulai soal harga, syarat dan ketentuan, fitur dan fungsi. Hal yang sering menjadi komplain dari pelanggan adalah ketika mereka membayar dengan harga yang sama dengan yang lain namun fitur yang didapatkan tidak sama.

Transparan

Konsumen menginginkan sebuah transparansi, termasuk dalam hal produk atau layanan yang mereka gunakan. Mulai dari perubahan biaya, potensi masalah, dan lain-lain, konsumen pantas menerima keterbukaan dari perusahaan Anda.

Kontrol

Konsumen perlu merasa mereka memiliki kontrol terhadap interaksi bisnis mulai dari awal hingga akhir. Perlu dipahami bahwa kepuasan konsumen tidak selalu berbuah penjualan. Mudahkan mereka saat pengembalian produk, mengubah paket langganan, dan lain-lain.

Opsi

Konsumen membutuhkan opsi ketika mereka siap melakukan pembelian sebuah produk tertentu. Tawarkan beragam fitur, paket atau metode pembayaran untuk menawarkan kebebasan opsi buat konsumen dalam memilih berbagai hal sesuai kebutuhan mereka.

Informasi

Konsumen membutuhkan informasi, mulai dari mereka mulai berinteraksi dengan merek Anda hingga seterusnya saat mereka sedang memakai produk. Dalam hal ini, Anda harus berinvestasi pada blog konten, artikel-artikel instruksi, dan komunikasi reguler supaya konsumen mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Aksesibilitas

Konsumen harus bisa mengakses dengan mudah tim customer support. Itu artinya produk Anda harus menyediakan bermacam channel buat para konsumen dalam menjangkau tim customer support bila mereka mengalami permasalahan dalam menggunakan produk Anda. Perusahaan yang cermat paham betul bahwa menyelesaikan kebutuhan konsumen dan bahkan melampaui ekspektasi mereka adalah cara untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Ini juga merupakan cara yang sehat untuk membina hubungan baik dengan orang-orang yang memakai produk atau jasa perusahaan Anda.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

Customer needs

Beragam Jenis Customer Needs yang Perlu Diketahui

Memahami customer needs atau kebutuhan pelanggan merupakan hal penting yang harus dilakukan agar sebuah startup bisa membuat produk yang benar-benar bisa menjadi solusi bagi konsumen.

MVP prototype

Cara Tepat dalam Menentukan MVP Feature Set

MVP adalah istilah yang sekarang sangat familiar di dunia startup. Minimum Viable Product (MVP) merupakan salah satu tahap penting dalam proses pengembangan produk sebuah startup.

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: