Value Proposition dan Pentingnya untuk Sebuah Startup

Dalam mengembangkan sebuah startup, ada beragam faktor yang harus diperhatikan, dan salah satunya adakah value proposition yang merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan jika ingin produk atau layanannya dipilih oleh pelanggan. Apa itu value proposition?

Value proposition adalah sebuah nilai yang dijanjikan oleh perusahaan agar produk atau layanannya bisa diterima pasar atau konsumen. Intinya adalah value proposition membuat produk atau layanan sebuah perusahaan berbeda dengan kompetitor lain.

Pentingnya Value Proposition

Value proposition adalah bagian penting dari strategi bisnis perusahaan. Karena value proposition adalah alat untuk menarik calon pelanggan, nilai-nilai ini harus sering dikomunikasikan melalui materi-materi strategi pemasaran perusahaan, seperti di website atau sosial media.

Value proposition adalah sebuah alat ampuh yang bisa mendongkrak penjualan dan membagun basis pelanggan. Sebagai tambahan, value proposition yang baik dan menarik bisa membuat strategi pemasaran menjadi jauh lebih efektif.

Cara Membuat Value Proposition Seperti yang sudah disebutkan, value proposition yang baik bisa menjadi faktor kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Akan tetapi, untuk membuat value proposition yang baik bukanlah hal mudah. Berikut tips-tips untuk membantu Anda membuat value proposition:

1. Mengenal Pelanggan

Sebelum membuat sebuah value proposition, Anda harus menganalisis pasar dan calon pelanggan. Mengidentifikasi calon pelanggan dan segmen pasar supaya memahami apa yang mereka butuhkan. Saat pebisnis mengevaluasi value proposition yang dimiliki, mereka harus sadar apa yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana cara perusahaan memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Produk yang Baik

Inti dari value proposition adalah produk atau layanan yang akan Anda tawarkan ke pasaran. Satu pertanyaan utama yang harus dicari solusinya oleh para pebisnis adalah; Solusi apa yang akan saya tawarkan? Nilai apa yang saya bawa dengan produk ini?

3. Memahami Biaya dan Keuntungan

Pahami dan ukur keuntungan yang bisa diambil dari produk Anda, sekaligus potensi biaya yang harus dikeluarkan. Ini penting karena pelanggan akan mengukur dengan detail biaya yang harus dikeluarkan apakah setimpal dengan manfaat yang didapat.

4. Jangan Lupakan Kompetitor

Setelah menganalisis target pelanggan, selanjutnya Anda bisa mengevaluasi persaingan pasar. Teliti dalam menilai kekurangan dan kelebihan para kompetitor, dan cari cara bagaimana produk Anda hadir di tengah-tengah persaingan.

Meskipun Anda melihat persaingan di pasar sangat ketat dan ada beberapa perusahaan yang menawarkan produk serupa, Anda perlu menentukan apa yang membuat produk Anda lebih baik dari yang sudah ada.

5. Singkat dan Jelas

Selalu ingat bahwa value proposition yang efektif adalah singkat dan jelas. Target pelanggan Anda harus bisa dengan cepat memahami pesan yang Anda sampaikan. Kalau bisa jangan sampai lebih dari dua atau tiga kalimat.

6. Desain Adalah Segalanya

Buat media promosi yang bagus dan mencolok di setiap materi-materi pemasaran seperti di website atau media sosial. Selalu ingat bahwa value proposition yang baik tetapi tidak didukung oleh strategi pemasaran yang baik pula, itu akan sia-sia. Karena itu, dibutuhkan tim pemasaran yang baik supaya mampu menerjemahkan value proposition ke pasaran dengan maksimal.

Dengan memiliki value proposition, perusahaan bisa memberikan alasan kenapa produknya harus dimiliki calon pelanggan. Di sinilah pentingnya strategi pemasaran agar calon pelanggan yakin mau menggunakan produk atau layanan Anda.

Value proposition yang baik mampu menerjemahkan nilai-nilai produk Anda kepada calon pelanggan dengan singkat. Setiap value proposition harus unik, sebab ini adalah metode komunikasi yang langsung kepada target konsumen.

Buat Anda founder startup yang memiliki potensi dan ingin mengembangkan skala bisnis startup, namun menghadapi berbagai tantangan dan kendala, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk brainstorming secara langsung dari para pelaku startup terkemuka di Indonesia melalui Startup Studio Indonesia (SSI).

SSI merupakan program besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang diselenggarakan untuk memfasilitasi startup digital yang sudah mencapai tahap product market fit dan memiliki founder yang potensial untuk menjawab masalah sulitnya mendapatkan sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis. Program ini diusung untuk menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya potensial yang bisa diakses para founder dalam berinovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia. Apakah Anda siap untuk #GoTheExtraMiles? Cek informasi lengkapnya di website SSI sekarang!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

Strategi pengembangan produk

Hal-hal Penting dalam Strategi Pengembangan Produk

Seiring dengan perubahan yang terjadi, sebuah produk harus bisa tetap mempertahankan nilainya. Untuk melakukannya, dibutuhkan strategi pengembangan produk yang tepat agar produk tersebut bisa terus

metode agile

Metode Agile vs Waterfall: Mana yang Harus Dipilih?

Metode manajemen proyek yang dipilih memiliki andil besar dalam perjalanan sebuah startup. Untuk itu, penting bagi para founder untuk memahami metode yang sebaiknya dipilih. Sedikitnya

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: