Memahami Pentingnya UI/UX bagi Produk Startup Digital

UI/UX design

Dalam mengembangkan aplikasi sebuah startup digital, UI atau UX design adalah hal yang sangat penting. UI/UX akan menentukan sebuah produk startup digital akan digunakan oleh audience atau tidak. Maka dari itu, penting untuk memiliki UI/UX yang impresif demi kesuksesan bisnis.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, setiap orang juga ingin mendapatkan pengalaman terbaik dari teknologi yang digunakan secara instan. Sama halnya ketika sedang menjelajah website atau aplikasi yang cepat dan efisien, Anda akan mendapatkan pengalaman positif tentang aplikasi tersebut.

Apa Itu UI?

UI (User interface) adalah sebuah proses meningkatkan interaktivitas dan tampilan dari website atau aplikasi. UI fokus pada penampilan dan interaksinya kepada pengguna. Setiap layar, halaman, button, dan elemen visual lainnya yang Anda lihat saat menggunakan aplikasi adalah UI dari aplikasi tersebut.

Apa Itu UX?

UX (User Experience) adalah prosedur untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan ketika pengguna berinteraksi dengan aplikasi atau website, agar tujuan yang mereka inginkan tercapai. Tercapainya tujuan akan meningkatkan kepuasan pengguna.

UX design membuat pengguna menjadi ingat dan menciptakan pola pikir terhadap sebuah aplikasi. Secara umum, UX fokus kepada wireframing sebuah aplikasi dan menstrukturisasi seluruh komponen dan elemen secara semestinya, sehingga terbentuk user flow.

Apa Bedanya UI dan UX?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, UI fokus pada keindahan tampilan, sementara fokus UX design adalah kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi atau website. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, UI akan mempengaruhi kesan pertama pengguna melihat sebuah aplikasi, sedangkan UX mempengaruhi bagaimana pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi.

Pentingnya UI/UX Dalam Sebuah Aplikasi

Tujuan utama dari sebuah perusahaan adalah meningkatkan penjualan dan menaikkan skala bisnis. UI/UX memainkan peran penting dalam mencapai tujuan tersebut. Desain UI/UX bisa meningkatkan pengalaman pengguna di aplikasi dan kepuasan pengguna secara keseluruhan. Ini jelas bisa meningkatkan jumlah pengguna baru, sebab pengguna lama akan merekomendasikan aplikasi tersebut kepada teman, kerabat, dan lain-lain.

Desain UI/UX bisa membantu Anda memenangi hati konsumen dan membuat mereka menggunakan aplikasi secara terus-menerus. Untuk startup kecil, UI/UX menjadi sangat krusial karena kesan pertama akan menentukan keberlangsungan perusahaan.

Komponen-komponen Kunci UI/UX

Ada beberapa komponen penting dalam desain UI/UX seperti berikut ini:

  • Information Architecture

Biasa disebut juga sebagai IA, ini tentang bagaimana memuaskan strategi bisnis dengan merancang IA sebuah aplikasi atau website. Peran utama IA adalah menyediakan navigasi yang mudah bagi pengguna, apa pun browser yang mereka gunakan.

  • Desain Interaksi

Ini adalah tentang membuat desain konseptual agar pengguna bisa berinteraksi dengan aplikasi atau website. Interaksi ini mencakup berbagai elemen seperti warna, font, ikon, gambar, suara, grafis, dan lain-lain.

  • Usability

Usability juga bisa disebut sebagai kemudahan pengguna dalam memakai aplikasi. Jika aplikasi mudah digunakan, berarti sisi usability sudah baik dalam mengatasi kesulitan atau kerumitan yang ada.

  • Wireframing

Wireframing adalah membuat sampel dari aplikasi untuk menguji fitur, tampilan, dan usability dari sebuah aplikasi sebelum diluncurkan ke publik. Ini adalah cara mudah untuk menguji dan mengevaluasi aplikasi.

UI yang impresif akan menciptakan daya tarik yang baik terhadap penggunanya, sementara UX design yang apik akan memberikan dampak yang bisa bertahan lama pada pola pikir penggunanya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki UI/UX yang baik demi pertumbuhan dan perkembangan sebuah startup.

Buat Anda founder startup yang memiliki potensi dan ingin mengembangkan skala bisnis startup, namun menghadapi berbagai tantangan dan kendala, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk brainstorming secara langsung dari para pelaku startup terkemuka di Indonesia melalui Startup Studio Indonesia (SSI).

SSI merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang diselenggarakan untuk memfasilitasi startup digital yang sudah mencapai tahap product market fit dan memiliki founder yang potensial untuk menjawab masalah sulitnya mendapatkan sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis. Program ini diusung untuk menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya potensial yang bisa diakses para founder dalam berinovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia. Apakah Anda siap untuk #GoTheExtraMiles? Cek informasi lengkapnya di website SSI sekarang!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Related Article

Strategi pengembangan produk

Hal-hal Penting dalam Strategi Pengembangan Produk

Seiring dengan perubahan yang terjadi, sebuah produk harus bisa tetap mempertahankan nilainya. Untuk melakukannya, dibutuhkan strategi pengembangan produk yang tepat agar produk tersebut bisa terus

metode agile

Metode Agile vs Waterfall: Mana yang Harus Dipilih?

Metode manajemen proyek yang dipilih memiliki andil besar dalam perjalanan sebuah startup. Untuk itu, penting bagi para founder untuk memahami metode yang sebaiknya dipilih. Sedikitnya

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

© Startup Studio Indonesia 2021

Sebuah program dari: